Dirilis

23 November 2023

Penulis

Ariematea Kristiawan

Ingin punya usaha tapi modal tak cukup? Jangan khawatir, Anda bisa terapkan cara mendapatkan tambahan modal usaha di bawah ini. Ada yang tanpa utang.

 

Cara Mendapatkan Tambahan Modal Usaha

Hidup di era modern seperti ini rasanya tidak cukup hanya mengandalkan satu penghasilan saja, terlebih bagi Anda yang berstatus karyawan. Punya usaha sendiri dinilai jadi sebuah solusi yang cukup menjanjikan. Tapi ingat, Anda harus paham dulu cara mendapatkan tambahan modal usaha.

Tak jarang, masalah utama yang membuat ragu para pemula untuk memulai usahanya yaitu “belum punya modal.” Kalaupun sudah ada, mungkin masih dirasa belum cukup untuk mendirikan usaha. 

Lalu, apa saja sumber modal usaha? Inilah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk bisa mendapatkan modal usaha, diantaranya:

 

1. Menabung

Cara pertama adalah menabung. Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa modal usaha terbaik adalah dari hasil jerih payah sendiri. Dalam hal ini, Anda harus menabung dulu untuk bisa mengumpulkan dana sesuai target.

Meski terkesan konvensional dan memakan waktu yang cukup lama, tapi cara ini terbilang minim risiko karena tanpa utang. Anda tidak perlu pusing memikirkan pembayaran utang ataupun bagi hasil saat usaha sudah mulai berjalan.

 

2. Pinjam Uang di Bank


Dari mana pengusaha mendapatkan modal? Cara mendapatkan tambahan modal usaha yang kedua adalah pinjam uang dari bank. Cara ini banyak ditempuh oleh para pemula, karena ibarat “jalan pintas” untuk bisa mendapatkan modal usaha yang sesuai.

Meski cukup menggiurkan karena jumlah pinjaman cukup besar, tapi Anda juga harus ingat bahwa ada risiko dan konsekuensi yang harus ditanggung. Misalnya, Anda perlu menyiapkan agunan berupa barang berharga seperti BPKB motor, mobil, atau bahkan sertifikat rumah.
Pencairan dana oleh pihak bank juga kadang dirasa cukup rumit jika Anda kurang mengetahui, maka dari itu Anda harus menyiapkan proposal usaha yang bagus dan menyakinkan, agar dana bisa segera cair.

 

3. Cari Dana dari Investor

Selain ke bank, ada “jalan pintas” lain untuk mendapatkan modal usaha yang cukup besar. Caranya yakni dengan meminta dana usaha dari investor. Untuk itu, Anda juga perlu menyiapkan proposal usaha dan juga tampilkan presentasi yang menarik dan meyakinkan.
Jika pengajuan disetujui, maka investor bisa memberikan dana langsung atau bisa juga berupa saham. Biasanya, cara ini dilakukan oleh pebisnis yang memang sudah berpengalaman, misalnya pendiri start-up.

Baca Juga: Mencari Modal Usaha dengan Modal Proposal Rencana Usaha

 

4. Dana dari Pemerintah / Lembaga Non-Profit

Pemerintah dan lembaga non-profit kini semakin gencar memberikan fasilitas bagi pemula. Banyak bantuan yang diberikan, misalnya berupa fasilitas pelatihan, pendanaan untuk UMKM, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan tambahan dana usaha. Namun ingat, karena sifatnya yang terbuka untuk umum, biasanya akan ada banyak saingan dari para pebisnis juga. Maka Anda harus benar-benar siap bersaing.

 

5. Melalui Kredit Mikro

Hampir sama dengan pinjaman bank, cara mendapatkan tambahan modal usaha kali ini juga memanfaatkan pinjaman. Bedanya, Anda bisa meminjam pada koperasi atau bisa juga melalui pinjaman online yang terdaftar Di OJK.

Kredit mikro ini biasanya hanya melayani pinjaman dalam jumlah kecil, namun tetap bisa digunakan untuk keperluan usaha. Perlu diingat bahwa Anda harus ekstra hati-hati dan waspada, pastikan lembaga yang Anda pilih sudah terdaftar oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca Juga: Sahabat Mikro, Pinjaman Modal Usaha yang Tepat, Mudah dan Aman

 

6. Melalui Crowdlending

Pernah dengar istilah crowdlending? Istilah ini diartikan sebagai sarana pinjaman dana dari seseorang atau sebuah lembaga untuk pebisnis. Namun sistem ini dilakukan secara online, dengan ketentuan dan besaran bunga tertentu.

Anda sebagai peminjam, harus mengembalikan dana pinjaman tersebut dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Cara ini dianggap lebih efektif, karena memang ditujukan untuk pembiayaan bisnis dengan ketentuan yang sudah disepakati bersama, Anda jadi bisa hemat waktu.

 

7. Pengajuan Kredit Tanda Agunan (KTA)

Cara ini hampir serupa dengan pinjaman di bank. Hanya saja, cara ini tidak perlu melampirkan agunan sebagai syarat jaminan. Meski demikian, proses ini cukup ketat sederet syarat yang harus dipenuhi oleh peminjam atau pebisnis.

Syarat yang paling umum biasanya adalah Anda harus sudah menjadi nasabah di bank tujuan. Ada juga syarat lain yang cukup berat, yakni Anda harus memiliki kartu kredit. Jika Anda memenuhi syarat tersebut, cara ini layak Anda coba untuk mendapatkan modal usaha.

 

8. Menggadaikan Aset

Belum punya tabungan uang untuk modal usaha? Tapi punya beberapa aset? Gadai aset mungkin akan jadi opsi yang tepat. Anda bisa menggadaikan barang-barang berharga, misalnya emas, sertifikat, motor, mobil, dan sebagainya.

Dengan menggadaikan aset-aset tersebut, tentunya Anda akan mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan value barang yang digadaikan. Namun ingat, segera lunasi pinjaman tersebut sesuai plafon dan tenor yang Anda pilih agar aset Anda bisa diambil kembali.

 

9. Ikut Komunitas Bisnis

Cara terakhir yang cukup jitu untuk bisa mendapatkan modal usaha yaitu dengan mengikuti komunitas bisnis. Era digital tentu memberikan banyak kemudahan akses ke segala bidang, termasuk bisnis. Ada banyak platform bisnis yang bisa Anda ikuti.

Mulai dari seminar, pelatihan, atau komunitas online para pebisnis via media sosial. Di sana Anda bisa menimba ilmu bisnis sekaligus menjalin relasi dengan banyak partner. Dari situlah Anda bisa mulai “mempromosikan diri” untuk mendapatkan investor atau rekan bisnis yang bisa saling menguntungkan.

Dari kesembilan cara mendapatkan tambahan modal usaha, kira-kira mana yang paling cocok untuk Anda pilih? Sebuah usaha akan berhasil jika pelaku bisnisnya pantang menyerah dan giat bekerja. Terapkan cara di atas agar bisnis berjalan sesuai harapan.

Jika Anda masih ragu untuk memilih tips di atas segera konsultasikan usaha anda melalui Fitur Tanya Ahli di daya.id, Anda juga dapat mengunjungi daya.id dan mendaftarkan diri Anda di sini secara gratis untuk melihat Tips lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

26 November 2023

???

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS