Dirilis

25 September 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Sebagian pelaku usaha pasti pernah mengalami kesulitan dalam modal usahanya. Tak sedikit juga kita temukan beberapa pelaku usaha yang tidak bisa membangun atau mengembangkan usahanya akibat terkendala modal.

Padahal, pemerintah menyatakan bahwa keberadaan usaha terutama usaha kecil dan menengah atau UMKM justru membantu perekonomian Indonesia, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Untuk mengatasi permasalahan modal tersebut, pemerintah mulai memberikan dukungan kepada UMKM melalui pinjaman modal yang berbentuk UMi (Ultra Mikro) dan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Tak hanya itu, pemerintah juga bekerjasama dengan beberapa perbankan dalam penyalurannya, sehingga masyarakat di seluruh Indonesia dapat mengakses pinjaman atau kredit mikro tersebut.
Jika saat ini Anda sedang mengalami kendala terkait modal usaha, kredit mikro tentu dapat menjadi jawaban yang tepat untuk permasalahan Anda. Untuk itu, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu kredit mikro, dan bagaimana cara mendapatkannya.

 

Apa Itu Kredit Mikro?

Kredit mikro sendiri merupakan sebuah program peminjaman dalam jumlah yang relatif kecil untuk masyarakat menengah ke bawah yang tidak memiliki agunan atau pekerjaan, namun dinilai memiliki riwayat kredit yang terpercaya.

Kredit ini hadir untuk membantu masyarakat yang ingin atau sudah memiliki usaha dengan memberikan modal usaha kepada mereka. Sehingga, kredit mikro memberikan manfaat besar bagi para pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usahanya. Bunga yang ditawarkan pada kredit mikro juga relatif lebih kecil dibanding dengan program pinjaman lainnya.

Namun, tidak semua usaha akan memperoleh kredit ini, karena pihak perbankan biasanya akan menilai apakah seseorang atau suatu usaha memiliki prospek atau kredibilitas yang baik untuk mendapatkan kredit mikro tersebut. 

Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan kredit mikro sebagai modal usaha Anda, ada baiknya jika Anda memperhatikan poin-poin berikut untuk bisa mendapatkan pinjaman kredit mikro dengan lancar tanpa kendala.

 

Ingin Mengajukan Kredit Mikro? Perhatikan Hal Ini!


Cara untuk mendapatkan kredit mikro tentunya akan berbeda pada setiap perbankan, tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku pada lembaga tersebut. Namun, ada beberapa hal umum yang bisa Anda perhatikan agar pengajuan pinjaman kredit mikro Anda dapat disetujui oleh pihak bank.

 

1.    Syarat Umum

Secara umum, ada beberapa persyaratan bagi para peminjam dalam pengajuan kredit mikro:

  1. Pastikan usaha Anda layak, serta memiliki prospek yang bagus dalam jangka panjang. Meskipun merupakan usaha mikro, tetapi tetap memiliki kerugian yang rendah.
  2. Usaha minimal telah aktif dijalankan selama minimal enam bulan sampai dengan 2 tahun.
  3. Tidak sedang mendapatkan kredit lain kecuali kredit konsumtif (KKB, KPR, atau kartu kredit).
  4. Kelengkapan persyaratan administrasi seperti KTP, kartu keluarga, dan surat keterangan usaha.
  5. Memiliki jaminan atau agunan, namun ada juga beberapa program atau perbankan yang tidak memiliki syarat jaminan.


 

2.    Kredibilitas Individu

Setelah melengkapi semua persyaratan, pihak bank kemudian akan melakukan pengecekan identitas atau BI checking. Hal ini  dilakukan untuk menilai seberapa besar kemungkinan Anda untuk gagal bayar.

Maka dari itu, akan lebih sulit jika Anda memiliki track record pinjaman kredit yang kurang baik, misalnya kredit macet atau bahkan tidak membayar angsuran. Kondisi tersebut membuat pengajuan pinjaman Anda akan lebih sulit untuk diterima.

 

3.    Kredibilitas Usaha

Usaha yang Anda miliki juga mempengaruhi apakah pengajuan Anda akan diterima. Pihak bank akan mengkonversi penghasilan usaha Anda tiap bulannya, dan menilai apakah usaha Anda akan memiliki prospek yang bagus kedepannya. 

Biasanya pihak bank akan memilih jenis usaha dengan risiko kecil dan mampu bertahan dengan waktu yang lama. Jenis usaha juga biasanya akan menentukan besarnya pinjaman yang bisa Anda dapatkan.

 

4.    Memiliki Catatan Keuangan

Memiliki laporan atau catatan keuangan usaha merupakan hal yang krusial jika Anda ingin mendapatkan kredit mikro untuk pengembangan usaha Anda. Hal tersebut dapat membantu pihak bank untuk bisa mempertimbangkan pengajuan Anda dengan mudah berdasarkan data keuangan usaha Anda.

Pastikan Anda memiliki catatan keuangan yang rapi. Catat setiap transaksi yang dilakukan, simpan bukti, dan buatlah catatan keuangan tiap bulannya secara real

 

5.    Pilih Bank yang Tepat untuk Anda

Terakhir, Anda harus memiliki bank yang tepat untuk Anda. Setiap lembaga perbankan pasti menawarkan program yang berbeda-beda. Hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih bank untuk kredit mikro ini adalah limit kredit, suku bunga, serta jangka waktu dan cara pelunasannya.

Pastikan Anda memilih program yang cocok dengan kondisi keuangan dan usaha Anda, agar kedepannya Anda tidak terlalu terbebani dengan kewajiban cicilan yang harus Anda lunasi.

 

Jadikan Usaha Anda Lebih Baik dengan Sahabat Mikro!

Bank BTPN kini hadir dengan Sahabat Mikro yang dapat menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan pinjaman kredit mikro. Sahabat Mikro hadir untuk Anda khususnya bagi para pengusaha kecil untuk memberikan bantuan berupa pinjaman modal hingga pelatihan pengembangan diri.

Hadir dengan dua produk yaitu Maxi Micro dan Digital Micro, Anda bisa memilih program yang paling cocok dengan kebutuhan Anda saat ini.

Maxi Micro cocok untuk Anda para pelaku UMKM produktif, yang ingin melakukan mengembangkan usahanya. Anda juga bisa mendapatkan pinjaman modal dengan limit maksimal sampai dengan Rp3 miliar, dalam jangka 12 bulan dan bisa diperpanjang.

Tertarik Mengajukan Pinjaman Maxi Micro? Klik di sini untuk lihat cara mendaftar!

Sementara Digital Micro dapat menjadi solusi Anda ketika Anda membutuhkan dana siaga (pinjaman multiguna). Dengan limit maksimal peminjaman sebesar Rp200 juta, Anda bisa memilih jangka waktu pengembalian dengan fleksibel.

Tertarik Mengajukan Pinjaman Digital Micro? Klik di sini untuk lihat cara mendaftar!

Jika Anda ingin mengembangkan usaha Anda, wujudkan rencana Anda dengan pinjaman Maxi Micro atau Digital Micro yang tentunya tepat, mudah, dan aman!

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hanif

04 November 2022

👍

Balas

. 0

putra astaman

20 Oktober 2022

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS