Dirilis

06 Juni 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Event Organizer adalah salah satu usaha yang cukup diminati. Modal utamanya juga tak terlalu mahal, dan Anda bisa bekerja sama dengan banyak vendor untuk melengkapi fasilitas ketika event berlangsung. Namun sebenarnya, berapa apa sih modal untuk mendirikan Event Organizer? Apakah sesuai dengan budget Anda? Berikut perincian modal usaha Event Organizer.

1. Ragam Biaya yang Harus Diurus
Tak hanya soal perizinan, Anda pun harus mengurus berbagai macam biaya lainnya untuk mendirikan Event Organizer. Seperti, sewa kantor, alat kantor dan biaya untuk promosi Event Organizer Anda. Rincian dari biaya tersebut bisa Anda lihat di bawah ini, beserta persyaratan lainnya.

2. Biaya Pengurusan Perizinan
Meskipun kecil, bukan berarti Anda boleh menjalankan Event Organizer tanpa izin hukum. Biayanya pun tak semahal yang Anda kira, meski prosesnya tidak bisa dikatakan cepat. Uang yang harus Anda siapkan untuk pengurusan surat izin usaha ini adalah sekitar satu juta rupiah. Kemudian, Anda pun harus melengkapi dokumen seperti surat legalitas PT atau CV yang pengurusannya dimulai dari tingkat RT hingga kecamatan setempat.

3. Biaya Kantor
Bila Anda sudah memiliki tempat untuk usaha, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ini. Namun bila belum, Anda sebaiknya memiliki kantor fisik baik dengan cara mengubah tempat tinggal jadi tempat usaha atau menyewa kantor. Umumnya orang memilih untuk menyewa atau membeli ruko atau ruangan kantor di gedung perkantoran yang ada di tempat strategis agar para calon pelanggan bisa menemukannya dengan mudah.

Bila Anda memilih untuk melakukan sewa ruko, biaya yang dibutuhkan umumnya mencapai 20 juta rupiah per tahun. Jika Anda menginginkan opsi yang lebih murah, Anda bisa menyewa ruangan di dalam gedung perkantoran dengan harga mulai enam juta rupiah saja per-tahunnya. Tetapi yang harus Anda perhatikan juga adalah semakin murah biaya sewa, umumnya lokasinya semakin kurang strategis. Karena itu, Anda sebaiknya berpikir matang-matang sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli sebuah kantor.

4. Biaya Perlengkapan Kantor
Jangan lupakan juga biaya perlengkapan kantor Anda. Meski biasanya Event Organizer bekerja sama dengan pengusaha persewaan alat pesta, namun Anda juga sebaiknya memiliki beberapa hal kecil untuk keperluan administrasi dan dekorasi kantor Anda. Umumnya, biaya ini mencapai dua juta rupiah.

Saat menentukan dekorasi, Anda tak sebaiknya gegabah. Memilih yang murah mungkin bisa menjadi opsi bila budget Anda kurang, tetapi Anda juga jangan mengambil yang terlalu murahan. Dekorasi ruangan kantor Anda berperan sebagai wajah bagi usaha Anda. Pastinya tidak mau bukan,  jika wajah usaha Anda terlihat buruk di mata calon pelanggan?

5. Biaya Promosi Online
Bila Anda ingin melakukan promosi yang tidak terlalu mahal, internet bisa jadi pilihannya. Anda bisa membuat media sosial sendiri seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Dengan memiliki akun media sosial, Anda bisa melakukan promosi secara gratis. Namun bila hal itu dirasa kurang cukup, Anda bisa melakukan promo di akun-akun promosi di Instagram.

Ada akun yang bisa mempromosikan secara gratis, ada juga yang berbayar. Tentunya, Anda akan mendapatkan benefit lebih ketika membayar untuk promosi. Biasanya akun seperti ini menjual biaya promosi sebesar 200-300 ribu rupiah per dua kali posting, tergantung dari kepopuleran akun mereka juga. Jadi, Anda setidaknya harus menyiapkan biaya satu juta rupiah untuk promosi berbayar di dunia maya ini.

Maka dari itu biaya termurah yang Anda butuhkan untuk mendirikan usaha Event Organizer adalah sekitar Rp10 juta rupiah. Tidak terlalu tinggi mengingat hasil yang bisa didapatkan bila Anda menekuni usaha ini dengan serius. Bila Anda ingin lebih murah lagi, Anda bisa menyulap rumah Anda menjadi kantor untuk usaha ini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuka usaha Event Organizer juga?

Sumber:

diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Perwitasari

20 Januari 2021

Sangat menarik!

Balas

. 1

LINDA BUDIYARTI

14 Juli 2020

Menarik. Tambah menarik kalo ada info vendor2 yg bisa di ajak kerjasama dgn pricing yg kompetitif ?.

Balas

. 0

Perwitasari

Betul sekali

0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS