Dirilis

17 Desember 2020

Reksadana syariah memiliki prinsip yang sama seperti reksadana pada umumnya, namun ada beberapa perbedaan. Letak perbedaannya hanya ada pada cara pengelolaan reksa dana tersebut, yang menerapkan prinsip sesuai syariah Islam. Nah, di dalam jenis reksadana ini juga terdapat efek yang dijadikan sebagai portofolio, yaitu efek yang tentu tidak berseberangan dengan adanya prinsip syariah di pasar modal, yakni efek syariah, saham syariah, sukuk, dan lain-lain.

Ada lagi. Letak perbedaan lainnya reksadana jenis ini dengan Reksadana Konvensional, yaitu, di dalam reksadana syariah ada proses “Pembersihan Kekayaan Reksa Dana Syariah dari Unsur Non Halal”, karena, reksadana jenis ini mempunyai kemungkinan tidak lagi memenuhi kriteria syariah yang ditetapkan.

Sebab itulah mengapa selalu dilakukannya cleaning atau pembersihan kekayaan Reksadana Syariah jika terdapat adanya unsur non halal, dan wajib dilakukan sendiri oleh Manajer Investasi (MI). Adapun pembersihan kekayaan ini dilakukan dengan cara penyesuaian portofolio reksadana Syariah saham saat Daftar Efek Syariah terbaru berlaku dengan efektif.

Produk Reksadana Syariah dan Cara Mendaftarnya

Dari penjelasan di atas, bila dalam suatu portofolio reksadana Syariah ada saham yang tidak termasuk di Daftar Efek Syariah, maka saham ini terpaksa harus dikeluarkan dari portofolio Reksadana Syariah saham.

Perlu dipahami juga jika investasi jenis ini harus mendapat fatwa dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), serta nantinya aspek kesyariahan ini akan diawasi Dewan Pengawas Syariah secara langsung. Berikut beberapa produk keuangan reksadana jenis syariah serta cara mendaftarnya.

1. Investasi di Reksadana Syariah secara Online

reksadana syariah online

Semua yang dilakukan secara online memang mudah, cepat, dan terjangkau. Termasuk mendaftarkan reksadana melalui IPOT, yang merupakan produk online trading Indo Premier Sekuritas pada perdagangan saham Bursa Efek Indonesia. Nah, di IPOT ini ternyata sudah tersedia 25 pilihan reksadana yang khusus berbasis syariah.

Dengan begitu, pilihan untuk calon investor pun jadi bermacam-macam. Sebab itulah salah satu kelebihan IPOT yaitu menyediakan reksadana yang datang dari beraneka ragam Manajer Investasi.

Sebagian orang belum tahu bahwa tak perlu menyiapkan banyak uang ketika akan berinvestasi. Sebab dengan minimal dana mulai Rp100.000 saja, Anda sudah dapat bergabung. Hal ini juga bisa menjadi salah satu langkah bijak untuk mengatur keuangan di masa pandemi covid-19 ini. Karena selain halal dan modern, maka Anda pun bisa berinvestasi dari jumlah dana yang kecil. 

2. Produk Reksadana Pasar Uang Syariah

Salah satu produknya yang terkenal, yakni reksadana pasar uang syariah, cocok bagi Anda yang memiliki rencana untuk berinvestasi jangka pendek sekitar 1 tahun ke bawah. Sebab dengan rentang waktu cukup singkat ini, Anda tetap dapat membuat uang berputar sendiri dengan cara halal dan aman.

3. Produk Reksadana Pendapatan Syariah

reksadana pendapatan syariah

Setelah jangka pendek, maka kita bisa melangkah ke jangka menengah yakni antara 1-3 tahun. Dengan produk ini, modal Anda akan terus berputar pada jangka waktu yang cukup lama, bersamaan potensi keuntungan yang bagus.

4. Produk Reksadana Campuran

Bagi Anda yang memiliki modal cukup banyak, bisa jadi jangka menengah maupun jangka pendek di atas kurang dalam memutarkan modal. Sebab itu reksadana pun menawarkan adanya campuran yang mungkin tepat untuk Anda.

5. Reksadana Saham Syariah

Produk reksadana syariah terakhir adalah saham syariah. Produk ini bertujuan untuk menjaga portofolio aset yang Anda miliki. Karena hal tersebut tentu memberi banyak kemungkinan, bahwa modal dapat berputar lebih dari 5 tahun, dan tentu bisa diandalkan.

Sekian penjelasan terkait cara daftar reksadana syariah beserta sekilas produk-produknya. Diharapkan dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa terbantu dalam melakukan investasi reksadana dengan sistem syariah ini. Untuk informasi lain terkait investasi maupun produk keuangan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan tersebut bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

19 Desember 2020

Serius keren banget daya.id, bahkan di bahas juga reksadana Syariah. Fix sukak saya sama daya.id. Luuvvv ❤️.

Balas

. 0

Mohammad Ludfi

19 Desember 2020

Keren banget artikelnya, semangat terus ya membuat artikel yang menarik dan berguna kayak gini

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS