Dirilis

07 September 2020

Tabungan berjangka adalah salah satu jenis tabungan yang dalam pelaksanaannya, nasabah harus menentukan jangka waktu menabung terlebih dahulu. Besaran setoran yang dibayarkan setiap bulan dan waktu atau lamanya menabung bisa kita tentukan disesuaikan dengan pihak bank. Biasanya, waktu pelaksanaannya antara 6 bulan hingga 20 tahun.

Salah satu jenis tabungan ini juga bisa menjadi solusi pada sebagian orang yang sulit untuk menabung. Dengan adanya fitur autodebet, uang akan langsung terpotong. Sehingga kita akan memiliki tabungan dalam beberapa waktu ke depan.

Cara Membuka Tabungan Berjangka di Bank

tabungan berjangka melalui bank

Berikut beberapa langkah yang dilakukan untuk membuat tabungan berjangka, yaitu:

  1. Menentukan bank yang dipilih
  2. Menyiapkan data dan persiapan administratif, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga dan NPWP
  3. Menyiapkan dan membawa setoran awal dengan nominal sekitar Rp500.000
  4. Mendatangi kantor bank dan membawa berbagai syarat di atas
  5. Proses pembuatan tabungan berjangka akan dibantu petugas di bank sekaligus dijelaskan secara lengkap dan terperinci mulai dari keuntungan yang bisa didapat hingga simulasi keuangannya
  6. Mengisi, menyetujui dan menandatangani formulir tabungan berjangka
  7. Kita bisa langsung mendapat buku tabungan, juga dapat memilih fitur autodebet jika ingin uang terpotong secara otomatis nantinya.

Jika Anda ingin menabung di bank digital seperti Jenius dari BTPN, Anda bisa melakukan beberapa langkah di atas langsung dari smartphone, tanpa perlu ke kantor cabang.

Kelebihan Tabungan Berjangka

Selain prosesnya yang cukup mudah, membuka tabungan berjangka akan membawa manfaat dan keuntungan bagi kita, yaitu:

1. Menumbuhkan Sikap Disiplin

Dengan program ini, tak ada lagi kata malas atau tidak sempat menabung. Karena telah dilakukan kesepakatan jangka waktu tertentu untuk menyimpan uang, maka sudah pasti kita akan menyetorkan sejumlah uang yang akan menjadi tabungan setiap bulannya, dengan jumlah setoran yang telah disepakati di awal. Apalagi autodebet kini bisa lebih memudahkan urusan kita dalam menabung. 

2. Suku Bunga yang Tinggi

Dengan memiliki tabungan berjangka, kita bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan, karena suku bunga yang ditawarkannya pun cukup tinggi. Semakin lama kita menabung, keuntungan atau pendapatan yang dihasilkan nantinya pun pasti akan lebih banyak.

Dengan suku bunga tinggi yang ditawarkan ini, membuat tabungan berjangka dapat menjadi pilihan ketika Anda mencari bagaimana cara agar menabung namun tetap bisa berbelanja.

3. Keamanannya yang Terjamin

Dana yang kita simpan di bank akan terjamin keamanannya, karena juga diawasi dan dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jika terjadi hal diluar kendali pada bank tempat menabung atau menyimpan uang, seperti contohnya bangkrut atau dilikuidasi, kita tidak perlu khawatir, karena uang yang sudah kita keluarkan akan dikembalikan oleh LPS.

4. Mendapat Asuransi

Saat hendak membuat tabungan berjangka, biasanya kita akan diberi pilihan untuk memiliki asuransi ataupun tidak. Dengan asuransi tersebut, tabungan kita akan lebih terjaga keamanannya dan dijamin oleh bank hingga tempo yang telah disepakati. 

Termasuk jika pada pelaksanaan tabungan tersebut kita mengalami hal yang tidak diinginkan seperti halnya kecelakaan, sakit keras ataupun meninggal dunia, maka pihak bank harus membayarkan setoran bulanan yang kemudian akan diserahkan pada ahli waris.

Pada umumnya, tabungan berjangka memang mirip dengan deposito, karena kita menyimpan sejumlah uang dalam kurun waktu dan nominal tertentu yang telah disepakati di awal. Pada tabungan deposito ini, setoran awalnya terbilang cukup rendah. Hanya sekitar ratusan ribu rupiah saja, sedangkan pada deposito, dana yang dikeluarkan biasanya lebih besar. 

Deposito ini banyak digunakan oleh lembaga atau perseorangan sebagai salah satu bentuk investasi. Tabungan Jenius dari BTPN bisa menjadi salah satu rekomendasi tabungan bagi Anda karena memiliki fitur dan fasilitas yang mudah diakses dan lengkap.

Dalam berusaha mencari berbagai tips yang dapat memperbaiki kondisi keuangan menjadi lebih maksimal, Anda dapat mendaftar secara gratis di Daya.id. Dengan begitu, Anda bisa membaca berbagai informasi yang terdapat di Daya.id secara tak terbatas setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aprilliani Hariastuti

20 Desember 2020

terima kasih arikelnya bagus buat aku

Balas

. 0

Mohammad Ludfi

20 Desember 2020

Keren banget artikelnya, semangat terus ya membuat artikel yang menarik dan berguna kayak gini

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS