Dirilis

30 Desember 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Beberapa orang memiliki berbagai alasan untuk tidak berinvestasi. “Bagaimana mau menyisihkan uang untuk investasi kalau penghasilannya saja kurang?” Kelompok ini lebih fokus mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari yang dinilai lebih penting dari lainnya. Orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini merasa sudah bisa makan dan sewa rumah saja sudah syukur. Investasi urusan nanti.

Tapi zaman sekarang, orang semakin cerdas dan tertarik untuk berinvestasi. Sayangnya, banyak yang akhirnya tidak jadi berinvestasi karena bingung memilih instrumen yang tepat, di samping banyaknya tawaran instrumen investasi. Padahal mereka bisa memulainya dengan investasi emas.

Investasi Emas Stabil dan Mudah Dicairkan
Saat ini investasi emas telah menjadi primadona di berbagai kalangan usia, mulai dari generasi milenial hingga generasi baby boomers. Emas memiliki nilai yang stabil dan mudah dicairkan menyebabkan instrumen ini tidak pernah mati dari masa ke masa. Dikarenakan bersifat stabil, pada umumnya, orang-orang berbondong untuk memindahkan dana yang dimiliki dengan emas ketika krisis melanda. Namun, modal yang dibutuhkan untuk membeli emas tidak sedikit.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas namun belum memiliki modal besar. Jangan khawatir, karena Anda bisa membeli emas dengan cicilan dengan murah dan mudah. Murah karena modal yang Anda keluarkan kecil, mudah karena Anda gampang mengakses/mendapatkannya. Cicilan emas ini dituangkan dalam dua model yaitu Nabung Emas dan Kredit Emas.




Berikut penjelasan dan tempat yang menawarkan kedua jenis cicilan tersebut:

1. Nabung Emas.
Saat ini, kita sudah dapat menabung emas di Pegadaian. Hanya dengan uang sebesar Rp5.600-an, kita sudah dapat menabung emas. Anda dapat mengetahui informasi lebih lengkap melalui website resmi Pegadaian www.pegadaian.co.id.

Keuntungan menabung emas di Pegadaian
  • Anda dapat membeli emas dengan dana yang terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram). Tidak perlu ada uang muka untuk menabung emas. Saat ini harga jual sekitar Rp5.600-an.
  • Tempat penyimpanan yang aman.
  • Mudah dan cepat dicairkan jika diperlukan untuk kondisi mendesak. Emas yang dimiliki dapat dijadikan jaminan.

Pertimbangan menambung emas di Pegadaian
  • Ada selisih antara kurs jual dan kurs beli.
  • Ada batasan transaksi per harinya. Misal untuk penjualan emas minimal 1 gram. Pembelian sebesar 100 gram per hari per nasabah.
  • Terdapat beberapa biaya: pembukaan rekening, transfer emas, penggantian buku tabungan (jika rusak/hilang) dan denda keterlambatan pengambilan emas cetakan.
  • Adanya biaya atau ongkos cetak (biaya yang wajar) disesuaikan dengan berat logam mulia.
  • Emas Anda hanya dapat dicetak, jika beratnya minimum 5 gram.

Prosedur membuka rekening nabung emas
  • Membuka rekening tabungan emas dengan melampirkan fotokopi identitas.
  • Isi formulir pembukaan rekening dan bayar biaya administrasi dan fasilitas titipan emas.

2. Kredit Emas
Kredit emas dapat dilakukan di beberapa tempat seperti: Pegadaian, Bank Syariah, dan website marketplace.

a. Kredit emas di Pegadaian
Pegadaian melalui website resminya pegadaian.co.id menyebutkan salah satu layanan mereka adalah pembiayaan (financing) produk emas atau logam mulia batangan.  Pembiayaan logam mulia di Pegadaian dibedakan menjadi tiga jenis yaitu pembiayaan untuk individu (perorangan), kelompok (kolektif), dan arisan.  Jika Anda tertarik untuk melakukan pembiayaan emas melalui Pegadaian, Anda dapat datang ke outlet Pegadaian (galeri 24), dan menentukan cicilan sesuai dengan berat emas.

b. Kredit emas di Bank Syariah
Selain Pegadaian, Anda dapat mencicil emas di Bank Syariah. Sifat pendanaan mirip seperti Pegadaian, yaitu pendanaan Syariah. Sebelum Anda mengajukan kredit emas di Bank Syariah, kami sarankan untuk mempelajari cara kerjanya dan menghitung biaya-biaya yang dikenakan.




c. Kredit emas melalui website marketplace
Di Indonesia ada beberapa website e-commerce dan marketplace yang menawarkan produk logam mulia. Sistem kreditnya adalah dengan menggunakan cicilan kartu kredit selama 3 bulan, 6 bulan, dan bahkan 12 bulan, ada juga melalui provider lain. Beberapa marketplace yang menawarkan antara lain Bukalapak, Tokopedia, Bibli.com. Ingat di marketplace, penjual emas adalah SELLER (penjual). Pihak marketplace tidak memberikan garansi atas barang yang Anda beli (termasuk tidak ada garansi emas).  

Keuntungan Kredit Emas, antara lain:
  • Pembelian emas dengan mudah. Sekarang sudah tidak ada alasan lagi mengatakan investasi emas membutuhkan biaya besar dan sulit, karena ada cicilan emas.
  • Tabungan emas memiliki potensi mengalahkan inflasi. Apakah Anda tahu berapa besaran bunga tabungan bank? Mungkin hanya berkisar 4% – 5% per tahun (sebelum pajak). Coba bayangkan Anda menabung dan mendapatkan emas batangan. Masih ada kemungkinan emas Anda dapat mengimbangi bahkan mengalahkan inflasi.
  • Fasilitas tempat penitipan. Jika Anda kredit emas, maka emas akan disimpan di Bank atau Pegadaian. Tentu saja kita tidak perlu repot-repot atau khawatir takut kehilangan.

Nah, bagaimana menurut Anda? Menarik bukan? Tidak ada lagi alasan tidak bisa berinvestasi.  Daripada terpakai untuk konsumtif, untuk memenuhi hasrat diskon, cashback, dan sejenisnya di online shop. Alangkah lebih baik bila Anda sisihkan sebagian kecil uang belanja Anda untuk investasi dalam bentuk nabung atau kredit emas. Bagi Anda yang perokok, dengan tidak merokok 2-3 batang saja, sudah bisa nabung atau kredit emas, lho.

Untuk nabung atau kredit emas, Anda juga tidak harus kok mendatangi kantor cabang pegadaian atau bank penjual emas. Anda cukup menggunakan handphone, kemudian beberapa klik di website yang disebutkan diatas, cukup memakai jari Anda, menabung atau kredit emas.

Murah dan mudah bukan?

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

07 Desember 2020

Patut dicoba niy...thanks daya.id

Balas

. 0

Havie Abdul Gafur

04 Desember 2020

Lumayan nih bisa nyicil emas sedikit2

Balas

. 0

Havie Abdul Gafur

04 Desember 2020

Lumayan nih bisa nyicil emas sedikit2

Balas

. 0

Lucky Lombu

03 Desember 2020

Wah, jadi pengen investasi emas

Balas

. 0

Ariemathea kristiawan

03 Desember 2020

Artikel ini sangat membantu, banyak informasi yang didapat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS