Dirilis

07 September 2020

Secara pengertian, tabungan deposito merupakan simpanan di bank yang setoran atau tarikannya dapat dilakukan pada waktu tertentu. Ada juga beberapa bank yang menyebutnya tabungan deposito dengan istilah tertentu. Dengan ikut serta dalam program ini Anda akan menyisihkan uang dengan nominal tertentu yang disimpan layaknya tabungan. 

Hal yang membedakan antara deposito dengan tabungan pada umumnya adalah waktu pengambilan harus sesuai dengan yang telah disepakati, atau tidak bisa mendadak. Jika dana diambil sebelum waktunya, maka kita bisa saja terkena pinalti.

Memiliki jangka waktu simpanan dan aturan penarikan dana, ada setoran minimal, bunga deposito yang cukup tinggi, minimnya risiko, bisa dijadikan aset, serta termasuk produk yang dikenakan hitungan pajak merupakan ciri-ciri dari deposito yang dapat Anda ketahui.

Berbagai Keuntungan dari Tabungan Deposito

Selain bunga yang relatif tinggi, beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui program deposito adalah sebagai berikut:

1. Deposito adalah Investasi

Memiliki tabungan deposito, berarti kita juga telah melakukan salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Dengan investasi jenis ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih stabil jika dibandingkan dengan investasi jenis lain, seperti contohnya emas maupun saham.

Suku bunga yang didapat dari deposito ini memang lebih besar dan menguntungkan, sehingga bisa menjadi salah satu jenis investasi untuk pengembangan bisnis yang menguntungkan yang bisa dilakukan. 

Selain itu, dalam program ini, tidak ada potongan biaya administrasi seperti yang ditemukan pada tabungan biasanya. Sehingga nominal dan bunga yang didapat akan sesuai dengan yang diharapkan.

2. Terdapat Pilihan Jangka Waktu

 ilustrasi menabung dalam tabungan deposito

Kita bisa memilih jangka waktu dari tabungan deposito yang dilakukan. Sesuaikanlah dengan perhitungan atau rencana yang matang. Biasanya waktu menabung yang ditawarkan adalah 1-12, 18, dan 24 bulan lamanya.

3. Mendapat Penghasilan Reguler 

Dengan memanfaatkan tabungan deposito sebagai investasi, kita akan mendapat penghasilan rutin yang teratur dan dapat dicairkan pada jangka waktu tertentu. Dana tersebut bisa kita cairkan secara keseluruhan maupun bunganya terlebih dahulu. 

4. Akses Bunga yang Mudah

Bunga yang didapat dari hasil tabungan deposito ini bisa kita akses secara mudah. Pencairan pada jangka waktu yang telah ditentukan tersebut  bisa dilakukan secara langsung atau tunai maupun di transfer pada rekening yang kita miliki.

5. Risiko Rendah Cenderung Lebih Aman

Jika kita menyimpan uang dengan cara deposito, walaupun terjadi fluktuasi pasar, keuangan dan dana kita masih tetap terjamin keamanannya. Berbagai hal yang tidak diinginkan atau penyelewengan dana pun bisa dihindari dengan adanya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

6. Informasi Lebih Mudah Diakses

melihat informasi dari tabungan deposito

Bank biasanya menyediakan layanan informasi khusus untuk transaksi rekening deposito nasabahnya yang bisa diakses melalui telepon genggam atau smartphone. Termasuk ketika Anda membuka Tabungan Pasti dari Bank BTPN dan mendaftar program deposito di sana, Anda akan secara mudah mengakses semua data terkait rekening Anda hanya lewat smartphone.

7. Pilihan Berbagai Jenis Mata Uang

Beberapa program deposito ini juga bisa menggunakan berbagai jenis mata uang, seperti dollar US, dollar Singapore atau Yen Jepang.

8. Perpanjangan Jangka Waktu yang Otomatis

Deposito biasanya memiliki fasilitas Automatic Roll Over (ARO) atau perpanjangan jangka waktu secara otomatis bagi nasabahnya. Dengan kemudahan ini, kita tak lagi merasa kerepotan dengan pengisian berbagai data yang dibutuhkan. Perpanjangan tersebut juga bisa dipilih, yaitu untuk nilai pokoknya saja, atau nilai pokok beserta bunganya.

Memiliki tabungan deposito bisa membawa kita pada posisi atau keadaan yang menguntungkan. Dengan menyimpan uang di bank yang telah terjamin keamanannya, dalam waktu tertentu dana tersebut bisa kembali dicairkan dalam jumlah yang lebih besar. 

Selain deposito, ada banyak investasi lain yang bisa dilakukan agar mendapat keuntungan secara maksimal. Informasi terkait dengan informasi keuangan tersebut dapat Anda nikmati dengan gratis di Daya.id. Caranya hanya dengan mendaftar jadi member Daya.id, dan selanjutnya secara otomatis dapat mengakses berbagai informasi secara tak terbatas.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

09 Desember 2020

Ternyata cukup menjanjikan ya deposito. Thank you daya.id sudah mencerahkan saya yang sedang belajar ?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS