Dirilis

01 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

ROI adalah istilah yang berkaitan erat dengan keuntungan dari aktivitas investasi. Di dalam melakukan investasi seseorang tentunya mengharapkan keuntungan atau laba dari penanaman modal yang dilakukannya tersebut. Meskipun memang seorang investor tetap memiliki potensi dan risiko kerugian atas investasi yang dilakukannya.

Nah, agar potensi kerugian bisa diminimalisir maka harus diperhitungkan dengan cermat sebelum berinvestasi salah satunya melalui ROI. Dalam menghitung ROI seorang investor akan mencari nilai yang didapatkan dari persentase keuntungan berdasarkan besarnya laba secara keseluruhan serta biaya-biaya yang telah dikeluarkan.

Pengertian Return Of Investment (ROI)



Return of Investment atau ROI adalah keuntungan yang didapatkan dari investasi. ROI merupakan metode atau cara untuk mengukur berapa tingkat efisiensi dari investasi yang dilakukan. ROI membantu seorang investor untuk mendapatkan langkah investasi yang terukur dengan tepat sehingga risiko kerugian yang mungkin timbul bisa diminimalisir. Jika potensi kerugian investasi menurun maka otomatis potensi keuntungan atau laba akan meningkat.
ROI bagi seorang investor menjadi petunjuk apakah langkah investasi harus dilanjutkan atau tidak. Jika nilai yang didapatkan positif maka itu merupakan pertanda cukup baik bagi masa depan investasi. Sebaliknya, kalau nilainya negatif sebaiknya pertimbangkan kembali rencana untuk berinvestasi karena potensi kerugiannya lebih besar.

Fungsi dan Kegunaan Return of Investment (ROI)

Menghitung ROI bukan hanya bermanfaat bagi investor saja melainkan juga bagi perusahaan. ROI berguna bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi agar nilai investasi yang didapatkan investor bisa tinggi. Secara garis besar fungsi dan kegunaan dari ROI adalah sebagai berikut:

▪ Dengan praktik akuntansi yang tepat dan baik maka ROI bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengukur efisiensi dari penggunaan modal, efisiensi produksi serta pemasarannya.
▪ Analisa ROI bisa dipakai oleh perusahaan untuk membandingkan tingkat efisiensi penggunaan modal dengan perusahaan lainnya yang sejenis sehingga akan diketahui apa saja kekuatan dan kelemahan dari usaha tersebut.
▪ ROI berfungsi juga untuk mengukur seberapa efisien tindakan yang dilakukan oleh masing-masing bagian atau divisi dalam perusahaan dengan cara mengalokasikan semua biaya serta modal kepada bagian terkait.
▪ ROI berguna sebagai alat ukur profitabilitas dari setiap produk yang dimiliki perusahaan.
▪ Analisa ROI berfungsi sebagai alat kontrol dan sekaligus membantu perencanaan langkah perusahaan. Contohnya, dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan ketika perusahaan akan melakukan ekspansi pasar dan sebagainya.

Cara untuk Menghitung Return of Investment (ROI)




Cara perhitungan Return of Investment atau ROI sebenarnya tidak terlalu rumit bahkan bisa dikatakan cukup sederhana. Namun Anda memang harus teliti saat memasukkan angka-angka perhitungan ke dalam rumus ROI tersebut. Mengapa? Karena di dalam prakteknya mungkin terdapat istilah yang berbeda namun maksudnya sama sehingga memungkinkan kesalahan ketika menghitungnya.
Rumus dari perhitungan ROI adalah sebagai berikut :
ROI = (pendapatan dari investasi – biaya investasi)  / biaya investasi x 100%

Contoh :

Sebuah perusahaan menginvestasikan dananya sebesar 500 juta dan telah mendapatkan hasil dari penjualan sebanyak Rp. 600 juta. Maka perhitungan ROI dari perusahaan tersebut adalah:

ROI = (600.000.000 – 500.000.000) / 500.000.000 x 100%

Hasilnya adalah 20% , jadi ROI perusahaan tersebut sebesar 20%.

Dari penjelasan dan contoh di atas bisa disimpulkan bahwa ROI adalah analisa yang cukup penting bagi perusahaan maupun investor untuk melihat seberapa besar tingkat profitabilitas dari sebuah investasi. Jika nilainya positif maka potensi mendapatkan laba cukup terbuka namun kalau negatif kecenderungan mengalami kerugian lebih besar. Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id seputar ROI maupun dunia investasi selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dari Berbagai Sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Adi setiawan

12 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Adi setiawan

12 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Adi setiawan

12 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Adi setiawan

12 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS