Dirilis

21 April 2022

Penulis

Ariematea Kristiawan

Kebutuhan rumah tangga berpotensi mengalami peningkatan yang signifikan menjelang lebaran, mulai dari kebutuhan dapur hingga akomodasi untuk silaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman.

Karena begitu tingginya kebutuhan rumah tangga itu, pengajuan aplikasi Kredit Tanpa Agunan atau KTA menjelang lebaran bisa terasa begitu menggoda. Tapi apakah boleh mengambil KTA untuk dana tambahan saat lebaran?

Baca Juga: Pinjaman KTA untuk Dana Darurat, Boleh Nggak Sih?

 

KTA untuk Lebaran, Apakah Boleh?

Sebenarnya sah-sah saja jika menggunakan dana kredit untuk mencukupi kebutuhan lebaran, asalkan secara finansial Anda juga mampu untuk melakukan pembayaran kembali.

Meski demikian, dana KTA tetap harus diperhatikan pengunaannya agar tidak terjadi “kebocoran” atau kelalaian dalam penggunaan dana tersebut, dan agar penggunaannya tepat sasaran atau sesuai dengan yang diperuntukkan.

Karena dianggap menjadi sumber dana yang paling tepat untuk mencukupi kebutuhan saat lebaran nanti, dana KTA pun menjadi pilihan favorit banyak individu, terlebih karena prosesnya yang mudah dan cepat. Selain itu, biasanya juga ada bank yang memberikan promo menarik jelang lebaran.

 

Manfaat Dana KTA untuk Lebaran


Dengan memiliki dana KTA, Anda bisa memanfaatkannya untuk beberapa hal penting bagi keluarga besar dan orang sekitar menjelang lebaran. Apa saja, ya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini yuk!

 

Renovasi Rumah

Agar saat lebaran nanti rumah menjadi terlihat bersih, biasanya banyak yang mulai menghias dan memperbaiki rumah mereka. Apabila melihat rentang pemakaian, jangka waktu 1 tahun adalah waktu yang tepat untuk mulai memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi di rumah.

Anda bisa mulai mengecek warna cat yang pudar, retak di dinding atau atap yang mulai bocor akibat hujan deras terus menerus sebelum lebaran. Coba gunakan KTA Flexi Cash Jenius sebagai pilihan yang baik, juga karena proses pencairannya yang cepat dan tidak memerlukan agunan dalam pengajuannya.

Kalkulasikan terlebih dahulu berapa besar kebutuhan dana yang tidak tercukupi sebelum melakukan pengajuan. Selain itu, ajukanlah sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga supaya dana tersebut tidak Anda gunakan untuk keperluan lain yang bersifat konsumtif.

Baca Juga: Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Beserta Syarat-Syaratnya

 

Akomodasi Mudik

Membahas perihal lebaran tak lengkap rasanya jika tidak membahas mudik juga. Jutaan individu secara serentak akan pulang ke kampung halamannya setelah periode cuti bersama. Pemerintah secara khusus pun selalu menyiapkan beragam kebijakan dalam mengatur kondisi lalu lintas saat arus mudik berlangsung.

Dana lebaran biasa digunakan untuk akomodasi mudik, baik itu menggunakan kendaraan pribadi atau dengan moda transportasi umum seperti bus dan kereta. Untuk menyiasati hal ini, penggunaan dana KTA untuk mencukupi kebutuhan saat mudik dan bertemu keluarga besar bisa jadi pilihan tepat untuk Anda.

 

Biaya Tambahan untuk ART

Mudik tentu tidak hanya dilakukan oleh Anda dan keluarga saja. Mudik juga dilakukan oleh asisten rumah tangga atau ART, jika Anda puya ART. oleh sebab itu, Anda membutuhkan biaya tambahan untuk ART mudik, dan juga sebagai rasa terima kasih Anda karena selama ini telah banyak membantu pekerjaan rumah.

Itu berarti, Anda membutuhkan ekstra dana untuk memberikan uang saku bagi ART yang akan mudik. Karena KTA bersifat pinjaman jangka pendek, menjadikan salah satu fasilitas kredit perbankan ini cocok untuk menutupi kebutuhan keuangan jangka pendek Anda.

Selagi utang dana KTA bisa Anda pertanggung-jawabkan, rasanya tidak ada yang salah hal terserbut, terlebih lagi demi hal-hal yang bersifat darurat. Pilihan utang jangka pendek dengan cara mengajukan dana KTA bisa jadi keputusan yang bijak untuk Anda di bulan yang suci ini.

Baca Juga: Simak Cara Meminjam Uang di Bank dan Syarat-Syaratnya

 

Ajukan Dana KTA Flexi Cash Jenius!


Anda juga tetap aman apabila menggunakan dana KTA, sehingga rencana jangka panjang Anda untuk segera memilki sesuatu yang sumber dananya berasal dari tabungan jangka panjang akan tetap lancar. Karena itu, Anda bisa mengajukan KTA di Jenius Flexi Cash untuk menemukan produk KTA yang cocok untuk kebutuhan Anda!

Dengan Flexi Cash dari Jenius, Anda bisa mengajukan limit dana hingga Rp200 juta dengan bunga kompetitif, fleksibel ditarik berkali-kali kapanpun dan dimanapun, juga fleksibel dalam memilih tenor cicilan. Kebutuhan dana darurat dan dana untuk mudik lebaran pun bisa terpenuhi dengan tepat.

Sekarang waktunya Anda bertindak menghindari utang jangka panjang, dengan menggunakan Jenius Flexi Cash. Untuk tambahan informasi dan tips keuangan lainnya, Anda bisa mendaftar di daya.id dan mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi dengan Ahlinya melalui fitu Tanya Ahli, gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ariemathea kristiawan

17 Mei 2022

good informasi

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS