Dirilis

11 Pebruari 2022

Penulis

Ariematea Kristiawan

Sebagian orang kesulitan mengumpulkan dana darurat. Akibatnya, saat kondisi darurat dan mendesak, mereka bingung harus mencari dana dari mana. Pertanyaannya, dalam kondisi itu, bolehkah kita mencari pinjaman, misalnya dengan mengajukan Kredit Tanpa Anggunan ke bank?
 
Baca Juga: Pentingnya Dana Darurat dalam Rumah Tangga

 

Apa itu Dana Darurat

Tahukah Anda, dana darurat merupakan hal dasar dalam perencanaan keuangan. Salah satu tujuannya adalah agar Anda memiliki kondisi keuangan yang baik, sehingga terhindar dari namanya berutang pada kondisi terdesak. Misalnya terpaksa mengajukan pinjaman KTA ke bank.
 
Tapi apa sih sebenarnya dana darurat itu? 
 
Sesuai dengan namanya, dana darurat diartikan sebagai dana yang dikumpulkan atau dicadangkan untuk kebutuhan mendesak. Misalnya untuk biaya pengobatan, kecelakaan, dan lain-lain. 
 
Sebelum Anda menghitung jumlah uang yang harus Anda siapkan untuk dana darurat, Anda harus cek terlebih dulu pengeluaran Anda setiap bulan. Karena idealnya, Anda punya cadangan dana sebagai berikut:
•    Belum menikah: Minimal 3 kali biaya hidup bulanan
•    Sudah menikah: Minimal 6 kali biaya hidup bulanan
•    Berkeluarga dengan 1 anak: Minimal 9 kali biaya hidup bulanan
•    Berkeluarga dengan 2 anak: Minimal 12 kali biaya hidup bulanan
 
Semakin banyak anak atau tanggungan, semakin besar juga dana yang harus Anda siapkan. Jika Anda masih bingung untuk memulainya, Anda bisa baca tips di artikel Perencanaan Dana Darurat di daya.id.

 

Apakah Boleh Mengajukan KTA untuk Dana Darurat?

 
Jika Anda memiliki dana darurat, Anda akan siap menghadapi kejadian darurat, dan Anda terhindar dari utang. 
 
Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki dana sedikitpun untuk kondisi mendesak? Sebenarnya boleh atau tidak menggunakan pinjaman KTA untuk dana darurat? 
 
Sebelum kita bahas lebih lanjut, ingat, setiap keputusan Anda tentu ada risikonya. Termasuk jika Anda akhirnya mengajukan pinjaman KTA.
 
Secara umum, KTA digunakan untuk dana darurat boleh saja, jika dilihat dengan 2 kondisi berikut ini:

 

1.    KTA untuk dana darurat sebelum kejadian yang tak terduga

Kejadian tak terduga bisa datang hari ini, besok atau kapan saja. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengalokasi dana darurat dari jauh-jauh hari.
 
Mengajukan KTA bisa jadi alternatif solusi bagi Anda yang kesulitan mengalokasikan dana untuk kondisi darurat. Dengan mengambil KTA, secara tidak langsung Anda dipaksa untuk mengalokasikan dana, untuk membayar cicilan setiap bulannya. 
 
Namun, mengajukan KTA sebelum kejadian ada untung dan rugi. Untungnya, Anda mempunyai persiapan keuangan untuk dana darurat. Ruginya ada bunga yang harus dibayar dan ada denda jika Anda telat melakukan pembayaran.
 
Baca Juga: Tips Mengelola Dana Darurat

 

2.    KTA untuk dana darurat setelah kejadian yang tak terduga

Sebagian dari kita terbiasa bersikap reaktif saat suatu hal sudah terjadi, bukan saat jauh-jauh hari sebelum terjadi. Orang baru terpikir untuk mempersiapkan dana darurat setelah keuangannya benar-benar berada dalam keadaan darurat.
 
Pada kondisi ini, mengajukan KTA setelah kejadian, tidak perlu Anda lakukan. Namun jika sudah melakukan pinjaman KTA, Anda bisa gunakan uang tersebut untuk membayar pinjaman dari keluarga, teman, untuk mengurangi beban utang.

 

Persiapkan Dana Darurat Sejak Dini Agar Tidak Perlu Berutang

 
Anda sudah tahu jawabannya, pinjaman KTA boleh digunakan untuk dana darurat, tetapi jika ada solusi lain, mengapa Anda harus berutang? 
 
Kejadian di masa depan adalah hal yang yang sulit diprediksi. Kini Anda tahu penting buat Anda mempersiapkan dana darurat. Dana ini bisa menjadi salah satu alokasi yang paling penting dalam perencanaan keuangan bagi Anda. Dana ini bisa Anda gunakan untuk keperluan hal yang tak terduga atau darurat.  
 
Untuk itu, sekarang waktunya Anda bertindak. Kami yakin Anda bisa menyiapkan dana darurat Anda sendiri. Dengan menyiapkan dana darurat, Anda dapat terhindar dari utang.  
 
Untuk informasi tips keuangan lainnya. Anda bisa mendaftar di daya.id atau jika ada pertanyaan anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya melalui fitur Tanya ahli di daya.id secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.6

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ariemathea kristiawan

11 April 2022

GOOD

Balas

. 0

Ariemathea kristiawan

11 April 2022

GOOD

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

12 Pebruari 2022

👍👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS