Dirilis

27 November 2020

Investasi hampir selalu menjadi solusi tepat bagi kebanyakan orang yang ingin mendapat penghasilan lebih dan mengelola keuangan maupun aset mereka. Sebagai salah satu logam mulia yang memiliki harga jual cukup tinggi, investasi emas ini memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi tren harga emas yang cenderung stabil, membuat keuntungan investasi emas menjadi jauh lebih menjanjikan. 

Peluang dan Keuntungan Investasi Emas Bagi Pemula

Di bawah ini ada beberapa keuntungan dari investasi emas, yang bisa Anda jadikan patokan saat ingin berinvestasi emas: 

1. Emas Menjadi Salah Satu Instrumen Investasi yang Terbilang Likuid

Dalam mendapatkan uang tunai, penjualan emas lebih mudah dilakukan. Emas menjadi jenis investasi yang sifatnya likuid, atau memiliki tingkat likuiditas yang cukup baik. Sifat dari emas juga sangat universal sehingga sangat menguntungkan untuk orang-orang yang berinvestasi emas.

2. Nilainya Cenderung Stabil Dibanding Instrumen Investasi Lainnya


Investasi emas ini menguntungkan karena nilainya terbilang cukup stabil. Harga emas juga tidak mudah berubah dalam waktu singkat. Dan harganya juga tidak tiba-tiba tinggi dalam waktu cepat, sehingga tidak akan turun dalam waktu singkat. 

Meski begitu, tetap harus disadari bahwa tidak ada jenis investasi yang tidak memiliki risiko. Hal ini juga berlaku untuk emas. Walaupun tren harga cenderung stabil, para investor emas juga harus tetap menguasai berbagai cara investasi emas yang benar agar risiko investasi bisa ditekan semaksimal mungkin. 

3. Investasi Emas Sangat Berguna Ketika Kondisi Perekonomian Sedang Tak Pasti

Ketidakpastian dari kondisi politik dan ekonomi di Indonesia menjadi hal yang menakutkan bagi banyak orang. Maka, investasi emas ini bisa sangat berguna walaupun keadaan ekonomi dan politik sedang tidak pasti. Daripada menerima risiko yang besar dalam berinvestasi, maka banyak orang yang mengamankan harta mereka dengan berinvestasi emas.

4. Bisa Diperjualbelikan Secara Online


Segala jenis transaksi pembelian dan penjualan di zaman sekarang bisa dilakukan secara online. Sama halnya dengan emas. Ada banyak keuntungan dan kemudahan yang Anda terima jika menjual emas secara online. Caranya lebih praktis, modalnya tidak besar, lebih menghemat tempat, dan bebas dari biaya administrasi. Pastikan penyedia layanan jual beli yang Anda pilih adalah yang tepercaya.

5. Pergerakan Harganya Bisa Dipantau dengan Mudah

Investasi emas juga bisa dilakukan secara online. Fluktuasi harganya bisa diketahui secara real time. Maka bila Anda ingin menjualnya lebih baik ketika harga emas sedang bagus. Atau Anda juga bisa membeli emas ketika harganya sedang turun.

6. Risiko Minim

Investasi emas bagi para pemula akan menjadi investasi yang cocok. Karena tingkat risikonya lebih minim dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Penyimpanan tersebut juga tidak akan mengurangi kualitasnya. Ditambah lagi dengan harganya yang cukup stabil dan jauh lebih aman. Permintaan dan penawaran emas di pasaran juga terbilang stabil.

Itulah berbagai keuntungan investasi emas yang bisa dirasakan oleh para investor emas. Selain emas, Anda juga bisa memilih jenis investasi lainnya pada salah satu produk keuangan Bank BTPN yang tak kalah menguntungkannya. Seperti misalnya produk keuangan reksadana atau obligasi. 

Untuk informasi lain terkait investasi maupun produk keuangan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan tersebut bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Mohammad Ludfi

04 Desember 2020

Keren banget artikelnya, semangat terus ya membuat artikel yang menarik dan berguna kayak gini

Balas

. 0

LINDA BUDIYARTI

30 November 2020

Wah artikelnya pas bgt nih, di tengah investasi LM yg lg hits bgt. Thanks daya.id ??

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS