Dirilis

20 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Berjualan token listrik dan pulsa operator seluler prabayar dapat menjadi salah satu alternatif bisnis rumahan dengan untung yang menggiurkan yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapat keuntungan tambahan. Bagi Anda yang belum memahami istilah ini, inilah informasi selengkapnya tentang prabayar.

Prabayar Pada Operator Seluler dan Token Listrik

Jika dilihat dari definisinya di atas, prabayar adalah pulsa operator selular yang kita isi sebelum menggunakannya. Baik untuk kebutuhan telepon maupun token listrik.

1. Prabayar Pada Operator Seluler

  • Pada prabayar operator seluler, kita bisa mengisi pulsa ataupun kuota data dengan jumlah nominal bergantung pada keinginan kita dan waktu yang tak terbatas, dalam artian bisa dilakukan kapanpun.

  • Secara pembayaran, prabayar adalah salah satu cara yang terbilang praktis. Kita akan mengisi ketika memang membutuhkannya. Hanya tinggal mendatangi konter atau tempat penyedia layanan tertentu, bahkan kini kita bisa melakukannya lewat aplikasi pada telepon genggam.

  • Untuk masalah harga, mungkin saja pada prabayar jika dikalkulasikan harga terbilang tinggi, namun kita bisa menyesuaikan pembelian pulsa ataupun paket dengan apa budget yang kita miliki.

  • Terlepas dari biaya yang dibayarkan, layanan prabayar menyediakan berbagai paket menarik yang dapat kita pilih. Baik berupa pulsa untuk telepon maupun SMS, juga kuota yang dapat digunakan untuk berselancar di internet.

  • Pendaftaran kartu prabayar operator seluler cukup menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor yang terdapat dalam kartu keluarga. Setelah itu, kita bisa langsung menggunakannya.

  • Selain layanan prabayar ini, untuk operator seluler pun ada layanan pascabayar. Dimana kita menggunakan fasilitas talayan seluler lalu ada perhitungan biaya yang harus dibayarkan, sesuai dengan apa yang digunakan. Untuk pembayaran pascabayar bisa dapat kita periksa kapan saja. Untuk pendaftaran juga pelaporan ketika mengalami kehilangan harus dilaporkan pada provider atau kantor operator seluler yang digunakan.

2. Prabayar Pada Token Listrik

Pada token listrik, yang dimaksud prabayar adalah biaya yang kita bayarkan di awal untuk mendapat atau bisa mengakses aliran listrik dengan sistem pulsa. Jadi, kita cukup membayarkan sejumlah biaya tertentu, menginputkan nomornya, dan listrik dapat digunakan.
Listrik prabayar juga biasa disebut dengan listrik pintar. Rumah-rumah atau properti yang baru biasanya juga menggunakan layanan ini. Harga pembelian tokennya pun menyesuaikan dengan budget atau kesanggupan kita.
Dapat dikatakan, biayanya cukup terjangkau. Selain sesuai dengan kemampuan, biaya juga disesuaikan dengan kebutuhan atau daya dari listrik tersebut. jika ada kenaikan Tarif Daya Listrik (TDL), pada listrik prabayar tidak akan berpengaruh. Dalam artian, kWh yang telah masuk ke meter prabayar tidak ikut naik. Beberapa kelebihan dari token listrik prabayar adalah:

a.    Pengguna dapat mengontrol pemakaian
b.    Pembelian pulsa atau token listrik bisa disesuaikan dengan anggaran belanja
c.    Tidak adanya biaya keterlambatan yang menghantui
d.    Pulsa listrik bisa dibeli di banyak tempat yang menyediakan pembelian token listrik, bahkan kita bisa membelinya secara online
e.    Mengurangi resiko kesalahan pencatatan meteran listrik oleh petugas
f.    Bersifat pribadi dan rahasia. 20 angka digit pulsa listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik sendiri, tidak bisa diisikan ke meteran lain.

Sama halnya dengan prabayar pada operator seluler, token listrik pun ada pembayaran dengan sistem pascabayar. Jadi, kita biasanya menggunakan listrik dan akan ada tagihan tiap bulannya, sesuai dengan aliran listrik yang kita pergunakan. Jika ada keterlambatan, maka akan ada biaya tambahan yang dibayarkan.

Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa prabayar adalah suatu sistem pembayaran dimana kita harus membayar di muka layanan yang kita gunakan. Lawan dari prabayar ini adalah pascabayar. Keduanya sering digunakan dalam istilah operator seluler maupun listrik. Sebelum menggunakan sistem prabayar atau pascabayar, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli perencana keuangan dari Daya.id.

Dengan konsultasi kepada ahli, Anda bisa menentukan jenis sistem pembayaran seperti apa yang paling cocok untuk keuangan Anda. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dikutip dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS