Dirilis

16 Januari 2021

Memahami tips hemat sangat penting untuk kita, begitu juga untuk para pengusaha. Bagi pengusaha, keuangan adalah suatu hal yang sangat krusial. Apalagi jika Anda sedang mulai merintis usaha. Karena setiap usaha pastilah butuh modal, dan tentu juga harus memaksimalkan modal tersebut sebaik mungkin. Jika memang usaha Anda masih kecil, maka sebaiknya Anda kendalikan pengeluaran Anda.

Pilihlah pengeluaran yang memang benar-benar diperlukan. Misalnya untuk membeli barang-barang atau bahan-bahan yang diperlukan untuk usaha. Lalu, bagaimana tips hemat mengurangi pengeluaran bulanan usaha kecil? Simak baik-baik berikut ini ya!

1.   Menekan Biaya Usaha
Tips hemat yang pertama yaitu, tentang biaya usaha. Jika Anda baru merintis usaha, dan butuh tempat untuk usaha tersebut, sebaiknya Anda tidak perlu menyewa tempat dengan harga sewa yang terlalu mahal. Bisa juga Anda membuka bisnis di rumah Anda atau membuka usaha dengan sistem online. Karena jaman sekarang bisnis online sedang digemari banyak orang. Dengan online, Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Selain itu juga bisa terhindar dari biaya pajak, asuransi, dan utilitas. 
 
2.   Ajak Orang Terdekat
Manusia hidup tentu membutuhkan bantuan orang lain, begitupun di saat Anda sedang mulai merintis bisnis. Dengan melibatkan orang terdekat sepertinya akan mengatasi masalah tentang perekrutan karyawan. Apalagi jika usaha Anda masih kecil dan belum cukup untuk menggaji karyawan tetapi Anda membutuhkan bantuan orang lain.
 
Misalnya saja Anda ajak sahabat atau keluarga sendiri untuk membantu mengurusi usaha kecil Anda. Jaman sekarang sudah banyak ditemui membuka bisnis yang didirikan bersama pasangan atau saudara. Tips hemat yang satu ini merupakan cara yang paling efisien untuk pengurangan biaya karyawan.
 
3.   Gunakan Kecanggihan Teknologi Sebaik Mungkin
Zaman berkembangnya teknologi sekarang ini, promosi yang paling memungkinkan adalah secara teknologi juga. Jika dulu sering menggunakan iklan, sedangkan biaya untuk satu iklan saja sudah cukup mahal. Maka sebaiknya Anda mulailah menggunakan media sosial untuk mempromosikan usaha Anda. Atau Anda bisa menggunakan market online yang kini sedang menjamur di masyarakat. Jauh lebih murah, hanya membutuhkan akses internet saja. Ini merupakan tips hemat yang sudah sering dilakukan oleh banyak pengusaha.
 
4.   Gunakan Waktu Anda Sebaik Mungkin
Tips hemat yang selanjutnya yaitu selalu gunakan waktu Anda sebaik mungkin. Bagi seorang pengusaha, manajemen waktu merupakan suatu hal yang sangat penting. Usahakan setiap waktu yang ada Anda gunakan untuk lebih mengurus usaha Anda. Misalnya saja Anda mengisi waktu luang dengan lebih belajar bagaimana mengurus usaha lebih baik lagi, apa saja yang perlu dilakukan, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Mengisi waktu luang dengan hal pekerjaan membuat Anda tidak perlu begadang di setiap malam. 
 
5.   Sebisa Mungkin Menekan Biaya Bahan Baku
Jika usaha Anda merupakan usaha yang bergerak dibidang barang atau makanan, tentu bahan baku adalah suatu hal yang pasti Anda butuhkan. Tapi untuk membeli bahan baku juga tidak bisa semudah itu, Anda juga perlu mengamati perkembangan harga bahan baku tersebut.
 
Kalau bisa, carilah penyedian yang menjual bahan baku dengan harga yang rendah namun memiliki kualitas yang tinggi. Jangan malu dan jangan gengsi untuk meminta diskon atau potongan harga. Meskipun usaha Anda terbilang masih kecil, tapi dengan mendapatkan beberapa keuntungan, itulah yang membuat suatu usaha akan terus berdiri.
 
6.   Selalu Awasi Keuangan Anda
Selalu perhatikan setiap pemasukan maupun pengeluaran pada usaha Anda. Misalnya seperti selalu membayar tagihan dengan tepat waktu. Kalau sampai Anda menundanya, maka semakin lama tagihan akan semakin menumpuk, jangan sampai dengan tagihan tersebut akan mempersulit usaha Anda. 

Jadi, jika Anda sudah menerima pemasukan, sebaiknya langsung saja gunakan untuk hal-hal yang memang menjadi tanggung jawab Anda. Seperti tagihan-tagihan atau semacamnya. Dengan begitu Anda jadi lebih mudah untuk menghitung pendapatan bersih Anda.

Itulah beberapa tips hemat untuk mengurangi pengeluaran bulanan usaha kecil. Apabila Anda kekurangan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa menggunakan produk pinjaman berjangka dari Bank BTPN yang memang bisa menjadi solusi tepat bagi para pengusaha pemula. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah.
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Cahaya Kusuma

27 September 2021

Josss

Balas

. 0

Rudi haryono

27 September 2021

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS