Dirilis

06 Agustus 2020

Menabung adalah salah satu bentuk perencanaan keuangan yang matang. Dengan menabung kita bisa mengantisipasi kondisi keuangan yang bisa terjadi dimasa mendatang. Bagi Anda yang boros, maka Anda bisa menerapkan tips menabung yang tepat supaya kestabilan finansial bisa lebih baik. 

Saat ini menabung bisa dengan media apa saja. Cara menabung yang paling umum yakni dengan membuka rekening tabungan di Bank, meskipun ada berbagai cara menabung yang lainnya, seperti tabungan emas, nabung saham, dan lain sebagainya. Namun apapun media tabungannya, Anda tetap harus mengerti bagaimana cara menabung paling tepat dan efektif.

Tips Menabung dengan Cara Efektif

Alasan tidak menabung bagi setiap orang berbeda-beda, salah satunya adalah karena jumlah pendapatan atau penghasilan mereka kecil sehingga tidak ada sisa uang untuk ditabung. Padahal menabung tidak harus banyak, tapi setidaknya Anda bisa menyisihkan uang sedikit saja. Anda harus memikirkan hasilnya, karena tabungan di masa sekarang akan sangat bermanfaat bagi Anda di masa depan. Inilah tips menabung yang bisa dilakukan:

1. Menambah Pemasukan dan Mengurangi Pengeluaran

Tips menabung secara tepat dan efektif

Anda bisa membiasakan diri untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Anda juga dapat berusaha mencari alternatif penghasilan tambahan lain, misalnya dengan memanfaatkan keahlian Anda dan bekerja sebagai freelance di perusahaan lain. 

Anda dapat bekerja menjadi seorang freelancer misalnya dengan menjadi digital marketing, pemrograman, menjadi content writer, copy writer dan lain sebagainya. Jika Anda terbiasa makan di café atau berbelanja, usahakan untuk tidak melakukannya selagi Anda menabung.

2. Prioritaskan Kemana Uang harus Dialokasikan Terlebih Dahulu

Agar proses menabung bisa berjalan lebih efektif, Anda bisa membuat urutan pemakaian uang berdasarkan tingkat prioritas atau kepentingan uang terlebih dahulu. Ingat selalu bahwa tujuan Anda adalah menabung, sehingga uang yang Anda peroleh tetap bisa membayar segala hal yang penting seperti tagihan dan kebutuhan pokok misalnya. Jika seluruh kebutuhan sudah terpenuhi maka Anda bisa menggunakan uang sisa untuk menabung. Dengan begitu kebutuhan yang paling penting bisa mendapatkan alokasi dana dengan lebih cepat. 

3. Mulai Berinvestasi Sedikit Demi Sedikit

Tips menabung untuk menjaga kestabilan keuangan

Apabila Anda masih memiliki sisa uang yang bisa digunakan, maka Anda bisa menggunakan uang yang ada untuk berinvestasi. Tak usah berinvestasi dalam jumlah yang banyak, cobalah dengan investasi kecil-kecilan dahulu tetapi menguntungkan. Tabungan yang Anda miliki nantinya juga bisa dijadikan dana darurat, sehingga manfaatnya bukan hanya untuk memenuhi keinginan saja tapi juga menyelamatkan Anda dari kesulitan.

4. Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Di zaman sekarang ini pemakaian kartu kredit sangatlah membantu, karena penggunaannya akan memudahkan Anda. Tapi ingatlah bahwa kartu kredit juga menjadi tagihan yang tetap harus dibayar. Selain itu, pemakaian yang berlebihan juga akan membuat Anda ketergantungan dengan kartu tersebut. Jadi untuk tujuan penghematan karena uang yang Anda miliki akan ditabung, sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit. 

5. Pikir Kembali jika Anda Mau Mengajukan Utang atau Pinjaman

Tips menabung dengan cara investasi sedikit demi sedikit
Ada banyak akses peminjaman uang di zaman sekarang ini, sehingga banyak orang yang menggunakan akses itu demi gaya hidup. Misalnya, ada tawaran pinjaman untuk pembelian handphone tercanggih dengan bunga rendah. Sebaiknya Anda tidak tergiur dengan tawaran itu karena hal itu hanya akan membelit Anda dengan utang-utang lainnya. 

Selain itu, pengeluaran Anda juga akan bertambah. Maka pikirkan kembali jika Anda akan meminjam atau melakukan pinjaman, apalagi jika hasilnya juga justru menjadi tidak produktif.

Kelima tips menabung di atas dapat Anda lakukan untuk memperoleh kestabilan finansial bagi diri sendiri maupun keluarga Anda. Namun Anda harus mempelajari hal lainnya agar kondisi finansial Anda tetap aman. Caranya hanya dengan daftar ke Daya.id dan Anda bisa melihat informasi terbaik untuk mendukung pengetahuan Anda terkait dengan usaha dan keuangan.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS