Dirilis

27 November 2020

Penulis

Tim Internal Daya

Salah satu cara mempersiapkan masa depan adalah dengan membuat tabungan pendidikan untuk anak-anak di masa depan. Sebelum mereka masuk ke usia sekolah, sebagai orang tua, seharusnya kita memikirkan pendidikan mereka. Supaya anak-anak bisa memperoleh pendidikan terbaik. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya pendidikan itu selalu meningkat setiap tahun. Itulah sebabnya penting sekali mempersiapkan tabungan khusus untuk pendidikan anak.

Dana pendidikan bagi anak-anak adalah tanggung jawab orang tua. Namun banyak orang tua yang masih santai saja dengan biaya pendidikan anak-anak mereka. Karena mereka menganggap bahwa pendapatan yang dimiliki saat ini masih mencukupi. Padahal, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan sekitar 10-15% setiap tahunnya.

 

Cara Mengelola Tabungan Pendidikan untuk Anak di Masa Depan

Sebagai orang tua yang cerdas, tentu Anda juga harus melakukan hal terbaik untuk anak-anak. Terutama dalam bidang pendidikan. Karena hal itu demi masa depan mereka sendiri. Berikut ini beberapa cara dalam mengelola tabungan khusus untuk pendidikan anak:
 
  1. Jangan Menunggu Terlalu Lama untuk Mulai Menabung
Hal pertama yang harus dilakukan adalah segera menabung. Artinya, jangan menunggu terlalu lama untuk mempersiapkan tabungan tersebut. Niat menabung memang sering terhalang karena banyaknya kebutuhan yang harus didahulukan. Namun pegang teguh komitmen dalam hal keuangan untuk tabungan ini. Sadari betapa pentingnya tabungan pendidikan untuk anak-anak. Dengan begitu, akan semakin terdorong untuk menabung.

 
  1. Menghitung Kebutuhan Pendidikan Anak

Sebaiknya Anda hitung kembali berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan dalam pendidikan anak-anak. Mulai dari TK hingga ke perguruan tinggi. Sehingga Anda bisa mempersiapkan dengan pasti berapa uang yang harus terkumpul untuk biaya pendidikan itu. Pertimbangkan juga kenaikan inflasi yang bisa saja terjadi setiap tahun. Supaya perhitungan Anda menjadi lebih akurat.

 
  1. Menyadari Kondisi Keuangan Saat ini dan di Masa Depan
Supaya bisa mengumpulkan uang untuk biaya pendidikan anak-anak, maka Anda harus melihat kembali bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini. Hitung seberapa banyak tabungan, investasi, dan aset yang Anda miliki. Dengan melakukan investasi jangka panjang juga bisa menjadi tabungan untuk pendidikan dan masa depan anak-anak Anda.

 
  1. Mengetahui Kekurangan dari Rencana Finansial Anda


Jika Anda sudah paham dengan kondisi keuangan Anda saat ini dan di masa depan, maka Anda harus mencari tahu apa saja kekurangan dari rencana finansial tersebut. Misalnya begini, Anda membutuhkan sejumlah uang yang akan digunakan untuk biaya pendidikan anak sekitar 2-3 tahun lagi.
Namun, dari jumlah tabungan atau aset yang Anda miliki saat ini biaya perkiraan itu masih belum mencukupi. Maka, Anda harus mencari tahu bagaimana solusinya untuk bisa memperoleh uang itu di 2-3 tahun mendatang.

 
  1. Menemukan Solusi atau Alternatif Lainnya
Kini saatnya Anda mencari solusi akan kekurangan uang yang dibutuhkan untuk biaya pendidikan anak pada beberapa tahun berikut. Misalnya dengan menambah jumlah investasi atau bisa juga dengan mencari instrumen investasi lain, yang sekiranya menguntungkan bagi pendapatan Anda.
Untuk mendapat tabungan pendidikan yang mencukupi di masa depan, Anda bisa menggunakan produk tabungan dari Bank BTPN. Misalnya produk keuangan tabungan pasti yang merupakan tabungan untuk nasabah perorangan. Dari produk tabungan itu bisa Anda gunakan nantinya untuk kebutuhan pendidikan anak-anak di masa yang akan datang.

Sekian informasi pengelolaan tabungan pendidikan untuk anak. Untuk informasi lain terkait produk investasi maupun produk keuangan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Wendi Purwanto

22 Desember 2021

👍

Balas

. 0

Mohammad Ludfi

14 Desember 2020

Terimakasih daya.id untuk artikelnya. Seandainya banywl orang tua menyadari pentingnya tabungan pendidikan, insyaAllah anak-ansk Indonesia akam mendapatkan pendidikan yang baik #berharap #berdoa

Balas

. 0

LINDA BUDIYARTI

05 Desember 2020

Terimakasih daya.id untuk artikelnya. Seandainya banywl orang tua menyadari pentingnya tabungan pendidikan, insyaAllah anak-ansk Indonesia akam mendapatkan pendidikan yang baik #berharap #berdoa

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS