Dirilis

16 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Rumah menjadi salah satu aset berharga dengan nilai jual yang terus meningkat setiap tahunnya. Tidak heran jika investasi rumah bisa menjadi salah satu bagian dari jenis investasi properti yang menjanjikan. Keuntungan dari berinvestasi di bidang rumah adalah adanya capital gain dan pendapatan sewa. 

Untuk bisa memperoleh kedua manfaat dari investasi di bidang rumah dengan hasil yang optimal, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika berinvestasi rumah. Misalnya bagaimana menentukan jenis rumah yang akan Anda beli atau bagaimana cara memilih lokasi yang tepat.

Langkah Tepat dalam Memulai Investasi Rumah yang Menguntungkan

Beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memulai investasi di bidang rumah, bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

1. Mempertimbangkan Keuangan Anda Ketika akan Memulai Investasi ini

siapkan rencana keuangan untuk investasi rumah
Tujuan utama dari membeli rumah yang Anda lakukan adalah supaya keuangan menjadi lebih baik. Dengan membeli rumah dan menjualnya kembali, maka Anda akan memperoleh keuntungan dari sana. Atau bisa juga dengan menyewakan kembali rumah yang Anda beli itu.

Pertimbangkan kembali masalah keuangan Anda saat itu supaya Anda bisa menentukan harga rumah yang akan dibeli. Anda juga harus menghitung DP minimal yang harus dibayar serta cicilan setiap bulannya jika Anda membeli secara kredit. 

Anda bisa berkonsultasi dengan ahli perencanaan keuangan agar mendapatkan advice atau saran yang akurat terkait kondisi keuangan Anda sebelum memutuskan untuk melakukan investasi rumah. Dengan begitu, kondisi keuangan Anda bisa stabil dan terjaga. 

2. Menentukan Lokasi dan Jenis Rumah yang Akan Dibeli

Apabila tujuan Anda dalam membeli rumah ini adalah untuk investasi, maka tentukan lagi lokasi dan jenis rumah yang Anda beli nantinya. Lokasi yang kurang strategis akan membuat kesulitan dalam menjaring para penyewa atau pembeli. Perkembangan nilainya pun akan lebih lambat dari harga rata-rata bangunan tersebut.

Bagaimana faktor fasilitas di sekitar lokasi rumah tersebut contohnya fasilitas publik, lokasi yang strategis, sarana transportasi dan sebagainya. Anda juga bisa memilih lokasi rumah yang berdekatan dengan tempat wisata, jika rumah itu akan digunakan untuk kebutuhan wisata.

3. Menyiapkan Modal untuk DP Rumah

siapkan modal untuk DP investasi rumah
Jika Anda siap membayar DP rumah dengan jumlah yang lebih besar dari jumlah minimal pembayaran itu, maka jumlah cicilannya pun akan semakin ringan. Sebaiknya Anda tidak mengambil uang modal DP itu dari uang tabungan Anda, karena bisa berdampak pada kestabilan keuangan Anda. Namun, jika perhitungan tabungan Anda memang mencukupi, maka tidak ada salahnya menggunakan sebagian dari tabungan pribadi Anda. 

4. Pertimbangkan Metode Pembiayaan Lainnya

Apabila Anda belum memiliki modal yang mencukupi maka Anda bisa meminjam uang dari keluarga atau teman. Supaya beban bunganya tidak terlalu tinggi jika Anda meminjam uang dari keluarga atau teman dekat. Namun, Anda harus berkomitmen untuk membayar hutang tersebut dengan tepat waktu.

5. Menyiapkan Diri untuk Menyewakan Rumah

Persiapkan diri Anda untuk menyewakan rumah yang sudah Anda beli, dengan menentukan harga sewa misalnya. Biayanya ditentukan oleh fasilitas untuk penyewa serta lokasi rumah tersebut. Selain menguntungkan, harga sewa itu juga harus menutupi biaya lain yang harus Anda bayarkan misalnya cicilan rumah.

Itulah beberapa tips untuk memulai investasi rumah yang bisa Anda ikuti. Mulai dari menyiapkan kondisi keuangan, memilih lokasi rumah yang strategis, menyiapkan modal untuk DP, mempertimbangkan metode pembiayaan lain, dan melakukan investasi. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS