Dirilis

27 Oktober 2020

Sebagian orang menganggap jika manfaat buah pepaya hanya sebatas untuk melancarkan pencernaan saja. Padahal selain itu ada manfaat kesehatan lain yang luar biasa dari buah pepaya dan belum diketahui. Sebab dalam buah pepaya terkandung paling tidak 235 mg vitamin C minimalnya. Tentu jumlah ini sudah bisa mencukupi asupan vitamin kita per hari, bahkan lebih banyak dari yang disarankan.

Lalu selain kandungan di atas, apakah ada nutrisi lain yang terdapat dalam pepaya, dan bermanfaat bagi tubuh? Tentu saja ada, yakni seperti serat, likopen, potasium, folat, kalsium, magnesium, vitamin A, B1,B3, B5, vitamin E dan vitamin K.

Beragam Manfaat Buah Pepaya bagi Tubuh 

Buah pepaya bisa menjadi solusi bagi kita, mulai dari soal sistem pencernaan sampai dengan kecantikan. Kelebihan pepaya juga tak hanya terletak pada kalorinya yang rendah dan rasa yang enak, buah ini pun punya manfaat tersendiri yang jarang diketahui. Dilansir dari jurnal kesehatan Healthline tahun 2016, berikut beberapa manfaat buah pepaya bagi tubuh:

1. Dapat Menyehatkan Mata, Kuku, dan Rambut

Manfaat buah pepaya yang pertama, yakni berkaitan dengan mata, rambut, dan kuku. Pada mata, jelas sekali menyehatkan. Sebab dalam pepaya terdapat kandungan vitamin A yang dibutuhkan oleh kornea mata kita. Fungsinya untuk menghasilkan rasa lembab pada area mata, supaya indera penglihatan ini dapat terlumasi dengan maksimal.

Selanjutnya, pepaya juga mengandung mineral dan vitamin. Kedua zat ini ternyata bermanfaat untuk menyehatkan serta meningkatkan pertumbuhan pada kuku dan rambut kita. Bahkan warna orange buah pepaya ini sangat baik dipakai untuk masker rambut, agar menyuburkan dan menebalkan tiap helai rambut kepala.

2. Dapat Memperbaiki Kulit dan Berfungsi Sebagai Anti-Penuaan

manfaat buah pepaya untuk kesehatan
Jika kulit Anda tersengat matahari terlalu lama, maka akan terasa panas, perih dan memerah. Hal ini tentu tidak nyaman. Namun jangan cemas, sebab zat likopen dalam buah pepaya bisa menangani kulit yang terbakar sinar matahari dengan baik. Adapun menurut penelitian, likopen memiliki efek antioksidan sehingga mampu memelihara kesehatan kulit, serta mengangkat kerusakan sel yang dikarenakan radikal bebas.

Kemudian ada pula enzim papain yang akan membantu kita dalam merevitalisasi dan melembutkan kulit. Selain itu vitamin A dan C yang tersedia dalam pepaya ini bisa juga memudarkan bintik hitam dan mengurangi kerutan. Sehingga jangan lagi khawatir soal penuaan, sebab vitamin C memang berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi kolagen yang akan mengurangi keriput.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung dan Risiko Kanker

Manfaat buah pepaya berikutnya lagi-lagi terletak pada vitamin C dan likopennya yang dapat menjaga kesehatan jantung, serta dengan antioksidannya yang juga bisa menangkal radikal bebas penyebab timbulnya kanker.

4. Dapat Mengurangi Demam Dengue

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa penderita infeksi dengue, yang kemudian diobati dengan menggunakan ekstrak pepaya, dapat meningkatkan trombosit dengan cepat daripada orang yang menjalani pengobatan biasa. Tetapi tetap saja hal tersebut harus dilakukan penelitian lanjut, secara lebih klinis ya.

5. Dapat Memperlancar Pencernaan dan Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat buah pepaya yang terakhir yakni terletak pada pencernaan dan sistem imun tubuh. Pada sistem pencernaan, enzim papain yang ada pada pepaya akan membuat protein menjadi gampang dicerna.

Sedangkan pada sistem imun atau kekebalan tubuh, bisa meningkat karena vitamin A, C, dan E, sehingga menghindarkan kita dari flu, pilek, ataupun penyakit infeksi. Lalu kita juga bisa menjaganya dengan makan-makanan bergizi khusus meningkatkan imun kita.

Untuk mengetahui jenis makanan yang sehat dan nilai gizi lengkap yang ada pada buah pepaya, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu Anda bisa menghitung nilai gizi yang sesuai dan dibutuhkan oleh tubuh Anda.  Fitur konsultasi tersebut bisa Anda akses dengan mudah di Daya.id. Cukup dengan  mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan dan fitur konsultasi dengan ahli bisa Anda nikmati dengan mudah dan tentunya tanpa biaya sepeserpun! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS