Dirilis

03 November 2020

Daun kenikir menjadi salah satu jenis daun berkhasiat. Kenikir sendiri mengandung berbagai zat penting seperti magnesium, kalsium, tokoferol, flavonoid, saponin, polifenol, kuersetin, terpenoid, alkohol koniferil, protein, vitamin E, vitamin C, dan vitamin A. Berbagai kandungan inilah yang membuat manfaat daun kenikir sangat baik untuk kesehatan. 

Sebuah penelitian atau pengujian yang dilakukan di laboratorium, menunjuk adanya kandungan asam klorogenat dan asam askorbat yang cukup berlimpah, serta kaya, dalam daun kenikir. Daun ini bisa ditemukan dengan mudah pada lalapan, pecel, ataupun salad sayur, maka tentu Anda bisa mudah juga dalam mengkonsumsinya. 

Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

Memiliki nama latin Cosmos Caudatus dan tergolong masuk di keluarga Asteraceae, tanaman kenikir ini berasal dari Amerika Latin, lalu dibawa ke Asia Tenggara. Sejak dulu, tanaman ini sudah dibuat menjadi obat tradisional, serta lalapan mentah yang disantap khususnya pada wilayah Asia Tenggara. Dilansir dari Jurnal Internasional, yang terbit di NCBI dan Informaticsjournals.com, berikut beberapa manfaat daun kenikir.

1. Bisa Menguatkan Tulang Manusia

Sebagian orang percaya bahwa hanya susu yang dapat memperkuat tulang, padahal bila sebenarnya kenikir ini pun memiliki fungsi untuk menguatkan kerangka tulang tubuh kita. Sebab kandungan mineral yang ada, seperti magnesium dan kalsium di dalamnya pun bisa sangatlah berperan aktif bagi kesehatan, terutama tulang.

Nah, cara paling mudah untuk mengkonsumsi kenikir ini adalah dengan cara dimakan langsung seperti lalapan pada umumnya, atau dicocol dengan sambal bila Anda kurang menyukai sayur. Namun Anda pun juga bisa meminum air rebusan pada daun kenikir ini, yang sudah ditambah dengan pemanis alami yang kita biasa kenal, seperti gula atau madu sebagai penambah rasa.

2. Dapat Mengatasi Adanya Masalah Payudara yang Dikarenakan Menyusui

Manfaat daun kenikir selanjutnya, yakni bisa mengatasi masalah payudara yang biasa dialami oleh para ibu yang menyusui. Seperti adanya peradangan payudara karena Air Susu Ibu (ASI) tidak berhenti keluar. Maka disarankan untuk mengkonsumsi daun kenikir dengan cara dibakar sampai layu dengan api kecil saja, kemudian usaplah daun kenikir bakar itu di area payudara. 

3. Mengatasi Adanya Masalah Bau Mulut

Manfaat daun kenikir yang satu ini, terletak dalam kandungan alkohol koniferil yang terdapat di dalamnya. Sebab kandungan tersebut bisa berfungsi sebagai antibakteri yang membersihkan area mulut, seperti lidah maupun air liur, supaya tidak dimasuki oleh kuman penyebab bau mulut. Cara mengatasinya, silahkan kunyah daun kenikir 30 detik lamanya, kemudian berkumurlah.

4. Menambah Kekuatan pada Sistem Kekebalan Tubuh

Ada berbagai jenis makanan bergizi untuk sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah daun kenikir ini. Sudah jelas bahwa vitamin C, vitamin E, dan vitamin A sangat baik dalam proses peningkatan sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin tersebut, ternyata manfaat daun kenikir ini juga terletak pada zat gizi makro protein, yang akan membentuk fagosit untuk melindungi tubuh dari adanya serangan virus dan penyakit tertentu.

5. Bisa Mengobati Maag dengan Alami

Manfaat daun kenikir yang terakhir terletak pada kandungan tokoferol, yang diakui bisa menetralkan asam lambung. Dengan begitu, Anda bisa mengkonsumsinya dengan merebus daun kenikir yang diberi sedikit garam dan langsung meminumnya.

Sekian beberapa manfaat daun kenikir di atas, selain rasa yang enak ternyata daun ini sangat sehat dan aman dikonsumsi sehari-hari. Dengan informasi ini diharapkan Anda bisa lebih menyadari manfaat kesehatan dari konsumsi daun kenikir. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk melihat bagaimana manfaat dari daun kenikir dengan lebih akurat. 

Untuk informasi lain seputar tips kesehatan dan kandungan dari berbagai makanan atau minuman sehat bisa Anda peroleh di Daya.id. Cukup dengan mendaftar di Daya.id Anda bisa memperoleh berbagai informasi kesehatan dengan gratis!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS