21 Februari 2018
Dirilis
Penulis
Majalah franchise indonesia
Bagi Anda yang sedang menjalankan usaha sebagai franchisee (penerima waralaba), berikut ini 14 saran yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu Anda meraih sukses:
1. Buang jauh paradigma memiliki usaha franchise berarti Anda sebagai franchisee hanya duduk manis, kemudian dengan sendirinya Anda mendapatkan keuntungan. Karena perusahaan franchise yang Anda beli juga butuh pengontrolan ekstra dari Anda selaku franchisee. (Baca juga: Agar Jadi Penerima Waralaba yang Hebat)
2. Sebagai franchisee Anda harus memiliki jiwa seorang entrepreneur, mulai dari kecakapan komunikasi, emosi, intelektual, leadership, manajerial, pandai membaca peluang pasar serta tahu kelemahan dan kelebihan perusahaan Anda untuk tahu peluang mana yang akan diambil.
3. Franchisee harus menghormati perjanjian waralaba dengan franchisor (pemberi waralaba), mengikuti semua SOP yang telah disepakati. Memberi masukan dan memecahkan masalah bersama.
4. Lakukan promosi untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Seperti iklan di media masa, menyebarkan brosur, memasang baliho, ikut mendukung event di lingkungan gerai Anda, memberikan hadiah kepada pelanggan yang loyal dan masih banyak lagi. (Baca juga 15 Tips Promosi Waralaba bagi Penerima Waralaba)
5. Anda juga bisa mengundang media masa, seperti Koran, majalah, TV, Radio hingga media dunia maya untuk meliput kejadian unik dan penting di gerai Anda sehingga secara tidak langsung gerai franchise Anda pun bisa lebih dikenal publik.
6. Buatlah suatu program serta undang semua teman, relasi, kenalan, saudara bahkan lingkungan di sekitar gerai Anda ketika grand opening. Sebisa mungkin acara grand opening bisa menyedot perhatian publik.
7. Ingat, pelanggan adalah raja. Bila tidak ada pelanggan usaha Anda pasti gagal. Berikan perlakuan kepada pelanggan sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
8. Buat pelanggan selalu ingat dengan perusahaan Anda. Dengan berbagai macam cara, misalnya SMS atau telpon tentang informasi produk atau layanan terbaru Anda, pemberian cenderamata, diskon, hadiah dan sebagainya.
9. Edukasi karyawan Anda agar cakap dalam melayani konsumen, berikan senyuman yang ramah kepada setiap pelanggan yang datang, jangan membuat mereka kecewa.
10. Bila terjadi komplain, selesaikan secepatnya dengan cara kekeluargaan.
11. Karyawan adalah aset berharga dari perusahaan Anda. Bina mereka menjadi lebih terampil dalam melayani, beri upah yang seadil-adilnya dan bila perlu diberikan reward bila berprestasi ataupun punishment bila kinerjanya belum mencapai harapan franchisee.
12. Ikuti SOP dari franchisor dengan sebaiknya-baiknya dalam mengontrol keuangan perusahaan Anda. Jika perlu bentuk tim akuntansi sendiri untuk lebih intensif mengontrol berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.
13. Relasi dengan franchisor sangat penting dalam rangka mendukung keberlanjutan perusahaan Anda. Franchisor dapat memberikan banyak masukan kepada Anda sesuai dengan pengalaman kesuksesan perusahaannya.
14. Relasi dan hubungan baik juga dilakukan dengan karyawan, lingkungan sekitar perusahaan Anda, pelanggan yang semuanya turut mendukung kemajuan usaha Anda.
Keempat belas saran di atas bukanlah jaminan kesuksesan, tapi perlu Anda coba untuk membuka peluang meraih hasil terbaik dalam menjalankan waralaba. Selamat mencoba.
1. Buang jauh paradigma memiliki usaha franchise berarti Anda sebagai franchisee hanya duduk manis, kemudian dengan sendirinya Anda mendapatkan keuntungan. Karena perusahaan franchise yang Anda beli juga butuh pengontrolan ekstra dari Anda selaku franchisee. (Baca juga: Agar Jadi Penerima Waralaba yang Hebat)
2. Sebagai franchisee Anda harus memiliki jiwa seorang entrepreneur, mulai dari kecakapan komunikasi, emosi, intelektual, leadership, manajerial, pandai membaca peluang pasar serta tahu kelemahan dan kelebihan perusahaan Anda untuk tahu peluang mana yang akan diambil.
3. Franchisee harus menghormati perjanjian waralaba dengan franchisor (pemberi waralaba), mengikuti semua SOP yang telah disepakati. Memberi masukan dan memecahkan masalah bersama.
4. Lakukan promosi untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Seperti iklan di media masa, menyebarkan brosur, memasang baliho, ikut mendukung event di lingkungan gerai Anda, memberikan hadiah kepada pelanggan yang loyal dan masih banyak lagi. (Baca juga 15 Tips Promosi Waralaba bagi Penerima Waralaba)
5. Anda juga bisa mengundang media masa, seperti Koran, majalah, TV, Radio hingga media dunia maya untuk meliput kejadian unik dan penting di gerai Anda sehingga secara tidak langsung gerai franchise Anda pun bisa lebih dikenal publik.
6. Buatlah suatu program serta undang semua teman, relasi, kenalan, saudara bahkan lingkungan di sekitar gerai Anda ketika grand opening. Sebisa mungkin acara grand opening bisa menyedot perhatian publik.
7. Ingat, pelanggan adalah raja. Bila tidak ada pelanggan usaha Anda pasti gagal. Berikan perlakuan kepada pelanggan sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
8. Buat pelanggan selalu ingat dengan perusahaan Anda. Dengan berbagai macam cara, misalnya SMS atau telpon tentang informasi produk atau layanan terbaru Anda, pemberian cenderamata, diskon, hadiah dan sebagainya.
9. Edukasi karyawan Anda agar cakap dalam melayani konsumen, berikan senyuman yang ramah kepada setiap pelanggan yang datang, jangan membuat mereka kecewa.
10. Bila terjadi komplain, selesaikan secepatnya dengan cara kekeluargaan.
11. Karyawan adalah aset berharga dari perusahaan Anda. Bina mereka menjadi lebih terampil dalam melayani, beri upah yang seadil-adilnya dan bila perlu diberikan reward bila berprestasi ataupun punishment bila kinerjanya belum mencapai harapan franchisee.
12. Ikuti SOP dari franchisor dengan sebaiknya-baiknya dalam mengontrol keuangan perusahaan Anda. Jika perlu bentuk tim akuntansi sendiri untuk lebih intensif mengontrol berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.
13. Relasi dengan franchisor sangat penting dalam rangka mendukung keberlanjutan perusahaan Anda. Franchisor dapat memberikan banyak masukan kepada Anda sesuai dengan pengalaman kesuksesan perusahaannya.
14. Relasi dan hubungan baik juga dilakukan dengan karyawan, lingkungan sekitar perusahaan Anda, pelanggan yang semuanya turut mendukung kemajuan usaha Anda.
Keempat belas saran di atas bukanlah jaminan kesuksesan, tapi perlu Anda coba untuk membuka peluang meraih hasil terbaik dalam menjalankan waralaba. Selamat mencoba.
Sumber:
Majalah Franchise Indonesia
Nawawi
16 July 2024
Mantap
Balas
.0
Asril
27 February 2023
?
Balas
.0