Dirilis

06 September 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Agenda perjalanan adalah sebuah unsur penting yang perlu diketahui oleh calon pengguna usaha Anda. Tempat-tempat wisata dan kegiatan yang ditawarkan akan menjadi penentu paket yang Anda tawarkan, menarik untuk didatangi atau tidak. Selain itu, merancang agenda perjalanan dengan cermat juga penting agar dapat menentukan besaran biaya operasional usaha perjalanan wisata yang akan Anda rancang.
 
Jika berencana untuk membuka trip wisata lokal, berikut beberapa hal yang perlu dicermati:

1. Realistis
Hindari untuk terlalu 'ambisius' dalam menentukan rencana perjalanan. Pastinya Anda ingin memasukkan semua tujuan wisata menarik dalam agenda perjalanan. Namun, sebaiknya buatlah skala prioritas agar perjalanan yang Anda rancang dapat berjalan lebih nyaman ketimbang membuat rencana perjalanan yang padat dan melelahkan. Selain itu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan juga lebih efisien.

2. Perhatikan kondisi Jarak dan waktu
Jarak antara satu objek wisata ke objek wisata lainnya perlu jadi perhatian. Perhitungan jarak ini turut menentukan berapa banyak tempat yang dapat dimasukkan dalam rencana perjalanan setiap harinya. Selain jarak, kondisi perjalanan dan waktu tempuh juga harus diperhatikan.

3. Fleksibel
Kondisi cuaca dan masalah saat di perjalanan adalah dua dari sekian hal yang tidak dapat dikendalikan  saat merancang sebuah trip. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu mengantongi rute atau kegiatan alternatif yang dapat mengantisipasi saat agenda perjalanan utama harus terhambat.  

4. Fokus pada pengalaman yang dirasakan
Maksimalkan perjalanan yang dirancang, dengan 'menjual' pengalaman tak ternilai bagi para pengguna travel Anda. Ajak mereka untuk benar-benar menikmati suasana yang tidak hanya berupa pemandangan indah, tapi juga pengalaman menyelami budaya dan kearifan lokal yang tentu akan menyenangkan. Ketimbang agenda padat yang mengharuskan wisatawan terburu-buru pindah dari satu destinasi ke destinasi lain, biarkan mereka benar-benar puas menikmati 1 sampai 2 lokasi dan merasakan pengalaman berkesan.

5. Kenali Pengguna paket wisata Anda
Merancang perjalanan untuk rombongan keluarga tentu berbeda dengan paket perjalanan bagi rombongan pemuda. Selain kebutuhan wisata yang berbeda, waktu perjalanan yang dibutuhkan juga tidaklah sama. Wisatawan dengan anak-anak kecil tentu lebih mengutamakan kenyamanan dan pilihan wisata yang dapat menghibur bagi segala kalangan usia. Mereka juga lebih membutuhkan toleransi waktu.  Untuk wisatawan yang muda atau dengan jarak umur tidak jauh berbeda, tentu tidak akan masalah dengan agenda yang lebih padat dan pengalaman wisata yang lebih menantang. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS