Dirilis

07 Maret 2023

Penulis

Wisnu Dewobroto

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, memilih jasa pengiriman yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Jasa kirim yang tepat akan membantu Anda menjamin pelanggan menerima produk dengan utuh dan tepat waktu, tentunya hal ini menentukan apakah pelanggan akan membeli produk Anda atau tidak. 

 

8 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Tepat

Untuk bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, simak beberapa tips memilih jasa pengiriman yang tepat berikut ini:

 

1.    Tepat waktu pengiriman 

Tiap jasa logistik atau pengiriman barang biasanya akan menyertakan rentang waktu pengiriman mereka, misalnya 1 hari, 2-3 hari hingga 5 hari. Pilih jasa pengiriman yang melakukan pengiriman sesuai dengan waktu yang mereka telah janjikan sebelumnya. 

Jangan sampai pembeli harus menunggu jauh lebih lama dari ekspektasi mereka yang jelas akan berdampak pada nama baik brand Anda lho!

 

2.    Ada standar tarif yang jelas

Beberapa jasa pengiriman barang menetapkan tarif flat rate berdasarkan jarak pengiriman barang saja. Sebagiannya lagi menerapkan tarif custom berdasarkan berat barang, jumlah barang dan lain sebagainya. 

Sebagai pebisnis online, pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman dengan tarif yang jelas agar Anda juga bisa menginformasikan hal tersebut secara pasti ke pelanggan. 

 

3.    Pilihan beragam 

Pastikan jasa pengiriman yang Anda pilih menawarkan pilihan yang beragam, baik kendaraan yang digunakan maupun rentang waktu pengirimannya agar Anda bisa memberikan variasi pilihan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

 

4.    Jaminan keamanan

Jika Anda menjual barang yang rentan terhadap kondisi tertentu, seperti kaca, alat musik, es krim hingga makanan beku, Anda harus memastikan bahwa jasa pengiriman yang Anda gunakan bisa menangani barang-barang tersebut dan bisa mengantarnya sampai ke tempat tujuan secara aman, baik dengan menyediakan bubble wrap, lapisan termal dan lain sebagainya.

Akan sangat lebih baik jika jasa pengiriman tersebut memberikan asuransi penuh.  

Baca Juga :   6 Persiapan Jualan Online di Marketplace

 

5.    Tracking

Ketersediaan fitur tracking akan sangat memudahkan baik bagi penjual maupun pembeli.  Bagi penjual, selain bisa memperkirakan waktu sampai barang, Anda juga bisa mengurangi risiko hilangnya barang karena Anda tahu dimana posisi kurir yang membawa barang Anda. 

Sebagai pembeli, dengan sistem tracking mereka bisa bersiap-siap untuk menerima barang di rumah. Bahkan jika mereka sedang tidak di rumah, mereka bisa mengubah jadwal dan pulang lebih cepat atau koordinasi dengan keluarga di rumah untuk menerima barang dan melakukan pengecekan kondisi barang secara langsung. 

 

6.    Rute dan Jangkauan Luas

Jika perusahaan Anda ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, sangat penting untuk memilih jasa pengiriman dengan rute dan jangkauan yang luas yang memungkinkan Anda mengirim produk ke penjuru Indonesia, bahkan ke luar negeri jika Anda juga menyasar pasar tersebut. 

Akan lebih baik jika jasa pengiriman yang Anda pilih memiliki layanan rute yang beragam dari darat, laut, dan udara sehingga apabila terdapat masalah pada rute yang satu karena macet, bencana alam ayau hal lain, pengiriman barang bisa melalui alternative rute lain agar tidak terhambat. 

 

7.    Pilih yang paling optimal

Katanya, harus bersedia membayar lebih untuk mendapatkan kualitas yang baik. Namun diantara semua pilhan, Anda pasti bisa menemukan jasa pengiriman dengan penawaran terbaik (harga tidak terlalu mahal dan kualitas baik). Ketika Anda sudah menemukannya, jalan Anda kedepannya pun akan lebih dimudahkan. 

 

8.    Jasa penjemputan gratis

Layanan jemput barang gratis tentu sangat membantu ya.. Terlebih lagi jika produk Anda termasuk barang besar atau berat yang sulit untuk dikirimkan. Selain menghemat uang, tentunya hal ini jika bisa menghemat waktu dan tenaga sehingga Anda bisa berfokus pada hal lain yang lebih penting. 

 

Jenis-Jenis Moda Pengiriman Barang

Terdapat beberapa jenis moda ekspedisi tergantung pada jarak pengiriman dan jenis barang yang dikirim. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. 

 

1. Pesawat Terbang

Dibandingkan dengan moda pengiriman barang jenis lain, pengiriman melalui udara dengan menggunakan pesawat terbang jelas paling bisa diandalkan. Keuntungan pertama dari menggunakan pesawat terbang jelas cepat dan tidak terhalang kemacetan. Namun, harga pengiriman barang jelas juga akan lebih mahal dibandingkan pilihan moda pengiriman barang lainnya. 

 

2. Kereta Express

Selain pesawat terbang, moda transportasi lain yang bisa diandalkan adalah kereta express. Kereta express biasanya menampung penumpang pada gerbong depannya dan menampung barang kargo pada gerbong belakangnya. Meskipun termasuk moda transportasi darat, kereta express memiliki jadwal yang tepat dan bisa diandalkan. 

 

3. Truk

Meskipun moda transportasi ini termasuk murah, namun kecepatannya kurang bisa diandalkan. Hal ini karena kecepatan akan sangat tergantung kepada kemampuan mengemudi supir truk, kepadatan jalan raya dan lain sebagainya. Namun jika barang yang dikirim memang tidak harus terdesak oleh waktu, maka moda truk bisa menjadi pilihan yang oke. 

 

4. Kapal

Menggunakan jalur laut, pengiriman barang dengan menggunakan kapal kargo juga memakan waktu yang relatif lama apabila dibandingkan dengan pesawat. Kelebihannya adalah bisa mengirim barang antar pulau dengan harga yang relatif lebih terjangkau dari pesawat. 


 

5 Jasa Pengiriman Barang Terpopuler di Indonesia

Sejak menjamurnya bisnis online, makin banyak jasa pengiriman barang yang muncul di Indonesia. Berikut merupakan beberapa jasa pengiriman barang yang paling banyak digunakan: 

 

1. JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) sudah beroperasi sejak 1990 and awalnya merupakan bagian dari TIKI. Melihat pasar domestik yang cukup menjanjikan, JNE memisahkan diri dan berkembang dengan manajemen dan logo yang berbeda dari TIKI. 

 

2. POS Indonesia

Merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berdiri sejak 1746 oleh pemerintah Batavia dan akhirnya dipindahtangankan ke Indonesia di tahun 1945. Pos Indonesia menawarkan 2 jasa, yaitu Bisnis Surat Paket (BSP) dan Jasa Keuangan (Jaskug).

 

3. J&T

Pada awal berdirinya J & T, banyak orang yang memberikan respon positif karena J & T menawarkan penjemputan barang secara gratis. Dengan slogannya “Gratis Jemput di Tempat”, pelanggan hanya tinggal menelepon J&T terdekat, barang akan segera dijemput dan dikirimkan. 

 

4. SiCepat

Meski muncul relatif lebih terlambat dibandingkan JNE dan J&T, SiCepat mengalami pertumbuhan yang cukup cepat. Dengan slogan, “Your Delivery is Our Priority”, SiCepat banyak dimanfaatkan oleh bisnis online dan E-commerce di seluruh Indonesia. SiCepat menjanjikan pengiriman barang kurang dari 15 jam untuk wilayah Jabodetabek.

 

5. Ninja Express

Berasal dari Singapura, Ninja Express telah melayani lebih dair 3.000 klien dan mengirimkan hingga 15.000 paket tiap harinya. Kelebihan dari Ninja Express adalah teknologinya yang terbilang lebih canggih, misalnya ketika paket diterima, Anda menandatangani penerimaan melalui smartphone bukannya kertas fisik. Laporan pengiriman pun tercatat secara online melalui Email. 

Itu dia beberapa cara untuk memilih jasa pengiriman secara tepat serta contoh-contoh jasa pengiriman barang yang bisa Anda pilih untuk bisnis Anda. Jika masih ada pertanyaan, silakan berkonsultasi di Tanya Ahli. Dan daftarkan diri Anda untuk akses gratis ke seluruh fitur Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

64 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rahmi Fadhila

30 November 2023

Informasi menarik, terima kasih

Balas

. 0

Atep

02 Agustus 2023

Terimakasih sangat bagus

Balas

. 0

Dadan Rustandi

02 Agustus 2023

Ok

Balas

. 0

Dadan Rustandi

02 Agustus 2023

Ok

Balas

. 0

Dadan Rustandi

02 Agustus 2023

Ok

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS