Dirilis

13 November 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Apakah akhir-akhir ini jumlah pelanggan Anda semakin menurun? Banyak pelanggan setia yang mulai berhenti membeli produk Anda? Mungkin itu bertanda bahwa konsumen Anda sudah jenuh dengan produk yang ditawarkan. Sudah saatnya, Anda melakukan pembenahan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kejenuhan Penjualan

Mengenai hal ini, ada beberapa upaya pembenahan yang bisa Anda lakukan, seperti:
1. Penambahan
Jika memiliki biaya lebih, Anda bisa menambahkan sesuatu pada produk yang sudah ada, seperti aksesories/hiasan, kelengkapan fungsi, warna atau variasi warna, model, bentuk produk, dan penambahan lainnya yang bisa membuat produk Anda berbeda dari produk sebelumnya.

Misalnya, Anda adalah pelaku usaha warung Tegal. Anda bisa menambahkan sendok dan garpu plastik khusus pesanan dibawa pulang, atau menambah varian tampilan pengemasan, yaitu selain menggunakan kertas nasi ada juga paper box agar terlihat rapi dan modern.

2. Pengurangan
Anda juga bisa melakukan pengurangan pada bagian produk yang sudah ada tanpa mengurangi fungsi pokok produk yang bersangkutan, seperti mengurangi fungsi dan takaran bahan. Melalui contoh yang sama, Anda bisa mengurangi beberapa bahan yang dapat menggangu kesehatan, seperti MSG dan penggunaan minyak goreng berulang, karena semakin meningkatnya kesadaran pelanggan akan kesehatan dan permintaan pelanggan.

3. Penggantian
Jika Anda ingin menampilkan hal baru, Anda bisa melakukan penggantian yang dimulai dari bahan baku, rasa, cara pemesanan/pengiriman dan pembayarannya, dari yang biasa dilakukan sebelumnya. Misalnya, Anda mengubah cara pembayaran menggunakan non-tunai yang dapat mempermudah para pelanggan.

4. Penghilangan
Anda bisa melakukan penghilangan pada bagian tertentu, seperti aksesoris yang sudah ada agar terlihat lebih simple dan mudah dibawa dan disimpan. Misalnya, karena sudah menggunakan paper box, Anda tidak perlu lagi menggunakan karet atau staples untuk merekatkan kertas nasi.




2 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membenahi Produk Anda

Sebelum meluncurkan produk melalui cara-cara di atas, perhatikan dulu beberapa hal berikut:
1. Durasi ketahanan produk sebelum konsumen merasa jenuh
Waktu tercapainya kejenuhan produk berbeda-beda, tergantung dari perkembangan kebutuhan dan selera pelanggan. Makanan misalnya, memiliki lama untuk bertahan sekitar 3 bulan. Pakaian wanita dewasa tidak lebih dari sebulan setelah diperkenalkan sebagai produk baru, pakaian anak-anak memiliki kejenuhan yang jauh lebih lama dibanding pakaian dewasa. Sedangkan untuk buku baru, waktu perkenalan yang diberikan oleh toko buku di atas meja terbuka sangat singkat yaitu 1 minggu sebelum dipindah ke dalam rak sebagai buku biasa.  

2. Waktu yang tepat untuk peluncuran
Setelah mengetahui durasi produk yang ditawarkan, selanjutnya Anda harus bisa memprediksikan waktu yang tepat untuk peluncuran produk baru tersebut. Waktu yang dianggap tepat ketika produk versi sebelumnya sudah mengalami stagnasi penjualan yang dapat dilihat dari tidak adanya  peningkatan penjualan dari hari ke hari.  

Itu adalah beberapa upaya untuk mengurangi kejenuhan pelanggan terhadap Anda. Untuk melakukan pengubahan itu diperlukan kreativitas.                                                                                                       

Perlu diingat, mulailah pendekatan yang sesuai dengan status keuangan dan keperluan usaha Anda.
Selamat Mencoba.

Sumber:

Sutie Rahyono

Penilaian :

4.5

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS