Dirilis

13 Maret 2024

Penulis

Ari Handojo

Ketika ingin memenangkan perlombaan tentu kita harus memiliki strategi versi diri sendiri. Begitu juga sebuah bisnis, jika ingin mencapai tujuan, kita pasti menyusun strategi. Salah satunya adalah menyusun strategi manajemen bisnis yang efektif untuk pertumbuhan organisasi. 

Strategi itu dapat beragam lho tergantung pada industri, tujuan bisnis, dan situasi spesifik perusahaannya. Adanya strategi dapat menyelaraskan semua sumber daya perusahaan agar efektif dan efisien, serta selaras dalam mencapai tujuan perusahaan. 

Lalu, strategi manajemen yang seperti apa yang bisa dilakukan? Menurut kursus Strategi Bisnis Harvard Business School Online, strategi yang efektif dibangun berdasarkan tiga pertanyaan kunci:

  1. Bagaimana bisnis saya dapat menciptakan nilai bagi pelanggan?
  2. Bagaimana bisnis saya dapat menciptakan nilai bagi karyawan?
  3. Bagaimana bisnis saya dapat menciptakan nilai dengan berkolaborasi dengan pemasok?

Jika kita lihat dari ketiga pertanyaan di atas, ketiganya sama-sama menyebutkan penciptaan nilai. Penciptaan ini menjadi kunci dalam menyusun strategi manajemen bisnis. Banyak inisiatif bisnis yang menjanjikan tidak membuahkan hasil karena perusahaan gagal membangun strategi penciptaan nilai. Kreativitas memang penting dalam bisnis, namun perusahaan tidak akan bertahan tanpa mengutamakan nilai.

 

Pentingnya Strategi Bisnis 

Mengapa strategi bisnis menjadi penting? Ini seperti kalau kita mengingat ilmu segitiga phytagoras, sisi miring itu ibarat strategi, dimana dia yang paling efektif untuk mencapai tujuan yang sama. Begitu juga strategi bisnis adalah fondasi kesuksesan sebuah perusahaan yang membantu para pemimpin menetapkan tujuan organisasi dan memberi perusahaan keunggulan kompetitif. Tanpa strategi bisnis yang jelas, perusahaan tidak dapat menciptakan nilai dan kecil kemungkinannya untuk berhasil.  Ini menentukan berbagai faktor bisnis, termasuk:

  1. Harga: Cara menentukan harga barang dan jasa berdasarkan kepuasan pelanggan dan biaya bahan baku
  2. Pemasok: Menentukan keberlanjutan mengambil bahan secara dan pemasok yang dari mana
  3. Rekrutmen karyawan: Cara menarik dan mempertahankan bakat
  4. Alokasi sumber daya: Bagaimana mengalokasikan sumber daya secara efektif


 

Strategi Mengelola Pertumbuhan Organisasi Secara Efektif 

 
Penasaran seperti apa strategi yang bisa diterapkan agar pertumbuhan bisnis bisa tumbuh signifikan dan efektif ? Berikut ini adalah beberapa strategi umum yang dapat membantu Anda dalam mengelola pertumbuhan organisasi secara efektif :

 

1.    Rencana Bisnis yang Jelas

Mempersiapkan rencana bisnis yang terperinci dan jelas merupakan langkah penting untuk mengarahkan pertumbuhan organisasi. Rencana tersebut harus mencakup visi, misi, tujuan, strategi, dan taktik yang jelas untuk mencapai pertumbuhan yang diinginkan.

 

2.    Analisis Pasar dan Persaingan

Melakukan analisis pasar yang menyeluruh untuk memahami kebutuhan pelanggan, tren industri, dan persaingan. Dengan pemahaman yang baik tentang pasar dan persaingan, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang pertumbuhan, mengembangkan keunggulan kompetitif, dan mengatur strategi pemasaran yang efektif.

 

3.    Inovasi Produk dan Layanan

Mengembangkan produk dan layanan baru atau meningkatkan yang sudah ada secara terus-menerus merupakan kunci untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Perusahaan perlu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik daripada pesaingnya.

 

4.    Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang berkualitas adalah aset berharga dalam pertumbuhan organisasi. Penting untuk menerapkan strategi pengembangan SDM yang efektif, termasuk perekrutan, pelatihan, dan pengembangan karyawan. Memiliki tim yang kompeten dan termotivasi akan membantu mencapai tujuan pertumbuhan.

 

5.    Ekspansi Pasar

Mengeksplorasi peluang ekspansi pasar baru, baik dalam negeri maupun internasional, dapat menjadi strategi yang efektif untuk pertumbuhan. Hal ini dapat dilakukan melalui penetrasi pasar lebih dalam, diversifikasi produk, akuisisi perusahaan, atau kemitraan strategis.

 

6.    Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan adalah kunci kesuksesan jangka panjang. Mengutamakan pengalaman pelanggan yang superior dapat membantu membangun loyalitas pelanggan, merekomendasikan bisnis kepada orang lain, dan mencapai pertumbuhan organik.

 

7.    Manajemen Keuangan yang Bijaksana

Mengelola keuangan dengan hati-hati sangat penting agar keuangan usaha Anda tidak bocor dan pertumbuhan yang berkelanjutan Perusahaan harus memiliki sistem pelaporan keuangan yang baik, mengelola arus kas dengan efisien, dan membuat keputusan investasi yang cerdas.

 

8.    Kolaborasi dan Kemitraan

Membangun kemitraan strategis dengan perusahaan lain, baik itu mitra bisnis, pemasok, atau distributor, dapat membantu meningkatkan akses pasar, sumber daya, dan keahlian. 

 

9.    Penggunaan Teknologi & Automatisasi

Mengadopsi teknologi yang relevan dan mengintegrasikannya ke dalam proses bisnis dapat meningkatkan efisiensi operasional. Investasi dalam sistem informasi yang tepat dapat membantu meningkatkan produktivitas dan skalabilitas.

Baca juga: Teknologi Masa Depan yang akan Berguna bagi Bisnis Anda

 

10.    Respons Terhadap Perubahan

Lingkungan bisnis selalu berubah. Organisasi yang berhasil adalah yang mampu merespons perubahan dengan cepat dan fleksibel. Fleksibilitas dan adaptabilitas harus menjadi bagian dari budaya organisasi.

Dengan menerapkan strategi manajemen bisnis yang efektif dan berkelanjutan, organisasi dapat memperkuat fondasi mereka, merespons perubahan pasar dengan cepat, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Apalagi di dalam era digitalisasi seperti saat ini, perusahaan yang tidak menerapkan strategi ini akan tertinggal sangat jauh. Dan akhirnya tidak dapat bersaing. 

Ingin menemukan berbagai informasi menarik lainnya tentang dunia usaha? Anda dapat menemukannya di Daya.id. Yuk segera daftarkan diri anda di sini secara gratis dan jika Anda ada pertanyaan yang ingin didiskusikan terkait bagaimana menerapkan strategi manajemen bisnis yang efektif. Jangan lupa gunakan fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

01 January 1970

Trimakasih infonya

Balas

. 0

Fando hari susetyo

01 January 1970

Mantabbb

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS