Dirilis

20 November 2017

Penulis

Majalah Franchise Indonesia

Di zaman sekarang ini pengusaha dituntut cerdas terutama soal promosi. Bagaimana bisa membuat promosi berbiaya rendah tapi berdampak besar. Jika menggunakan media konvensional seperti iklan di TV atau media cetak, pasti membutuhkan biaya besar. Mengutip ucapan Yuswohady, pakar Marketing dari Markplus, beriklan di TV dan cetak semacam “narkoba”, bisa menjadi candu. Nah, bagi pengusaha waralaba yang bisa dibilang masih “kecil-kecil”, sangat tepat untuk menggunakan media promosi yang berbiaya rendah tapi berdampak besar. Salah satunya adalah dengan diliput di media. Bagaimana caranya? Berikut kiatnya:

Kiat Umum
1. Anda harus paham kriteria kelayakan informasi dan segmen medianya. Informasi yang umumnya diliput adalah informasi yang mempunyai nilai berita bagi mayoritas khalayak pembaca.

2. Anda harus paham segmen pembaca media yang bersangkutan. Hal ini penting agar sesuai dengan target market usaha Anda, sehingga ketika diliput ada efeknya.

Kiat Khusus
1. Anda harus bisa membuat berita yang unik untuk menarik perhatian media. Unik itu bisa dibuat, antara lain dengan menciptakan produk-produk spektakuler yang belum pernah ada sebelumnya, membuat event-event yang melibatkan banyak orang dan lain-lain.
 
2. Menggandeng artis atau figur terkenal. Karena nama beken bisa menjadikan berita.
 
3. Membuat surat undangan ke pemimpin redaksi sebanyak-banyaknya. Buat surat semenarik mungkin agar bisa menimbulkan persepsi bahwa produk Anda sangat menarik untuk diliput.
 
4. Undangan sebaiknya di fax ke kantor redaksi. Nomor fax masing-redaksi dapat kita cari di Google. Jika Anda sudah kenal dengan wartawannya, bisa langsung menghubungi per telepon atau lewat e-mail.
 
5. Anda juga bisa membuat siaran pers dan dikirim ke berbagai media. Karena terkadang media membutuhkan berita-berita dari Anda. Harus diingat, siaran pers jangan memberitakan produk yang Anda jual. Sebaiknya tentang kegiatan usaha Anda, bisa perayaan, kumpul-kumpul komunitas, atau kejadian tertentu.
 
6. Jalin relasi dengan wartawan. Pertama, dengan menghargai mereka, melalui sikap yang baik terhadap profesi wartawan tersebut. Kedua, ajak mereka diskusi tentang sesuatu hal khususnya yang terkait usaha. Dimulai dari diskusi biasanya hubungan dengan wartawan akan lebih intens dan akrab.

Dengan mengikuti seluruh uraian di atas, sangat mungkin usaha Anda diliput media. Dengan demikian Anda tidak perlu keluar biaya untuk promosi alias bisa beriklan gratis di media.

Sumber:

Majalah Franchise Indonesia

Penilaian :

4.9

17 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Waryati

11 October 2024

sangat membantu dan berguna

Balas

. 0

Nisya

09 October 2024

Informatif sekali sangat bermanfaat

Balas

. 0

Nisya

09 October 2024

Informatif sekali sangat bermanfaat

Balas

. 0

Nisya

09 October 2024

Informatif sekali sangat bermanfaat

Balas

. 0

Patria

09 October 2024

Mudah dipahami sangat bermanfaat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS