Dirilis

11 Januari 2025

Penulis

Aliah Abdullah

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Banyaknya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan membuat peran seorang ibu rumah tangga harus siap 24 jam untuk mengurus keperluan anak dan suami, dari hal kecil hingga hal besar. Misalnya membersihkan rumah, memasak, menyiapkan kebutuhan anggota keluarga, mengontrol keuangan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Apalagi, jika ibu rumah tangga juga menjalankan peran dalam dunia bisnis (mompreneur), pasti akan jauh lebih sulit mengatur waktu agar pekerjaan rumah dan bisnis tetap bisa terlaksana dengan seimbang. Oleh karena itu, mompreneur perlu mempunyai keahlian dan ketekunan membangun sebuah bisnis, memikirkan dan menjalankan strategi bisnis, serta keahlian time management agar bisa menjalankan dua peran sekaligus.

Dari gambaran tersebut, mompreneur bisa dipastikan menemukan kendala dalam membagi waktu dan perhatian antara keluarga dengan bisnis. Namun hal ini sebenarnya bisa mompreneur atasi jika memiliki cara yang tepat dan sesuai. Lalu bagaimana agar seorang ibu yang menjalankan peran ganda bisa menyeimbangkan kehidupan keluarga dengan bisnis? Berikut ini 5 tips mengatur waktu untuk mompreneur agar bisa tetap mengurus rumah sambil berbisnis.

 

1.    Buat Jadwal yang Terorganisir

Agar terhindar dari jadwal yang berbenturan satu sama lain, mompreneur perlu membuat jadwal secara detail, baik menggunakan aplikasi di ponsel ataupun menuliskannya di buku khusus. Apabila memungkinkan, tentukan jam kerja Anda agar keluarga tahu. Kemudian, buat daftar pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam sehari. Susun aktivitas sesuai prioritas dan kondisi yang ada. Dengan membuat jadwal aktivitas harian akan membantu Anda dalam mengatur waktu antara keluarga  dengan bisnis.

Bagi Anda yang punya anak masih kecil, perlu pertimbangkan jadwal tidur si kecil sesuai pertumbuhan usia, dalam membuat jadwal harian. Begitu anak sudah tertidur lelap, Anda bisa lebih fokus mengurus pekerjaan atau aktivitas lainnya.

 

2.    Lakukan Pekerjaan sesuai dengan to-do-list

Buatlah daftar pekerjaan yang harus dikerjaan pada hari tersebut dan yang sudah rutin dilakukan. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menentukan skala prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu sekaligus menjadi pengingat apa yang sudah dan belum dikerjakan.

Bila perlu, Anda bisa melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, namun pastikan dua pekerjaan yang dilakukan dalam satu waktu tersebut tidak memberatkan Anda. Misalnya, saat menjemput anak sekaligus belanja bahan baku untuk bisnis atau kebutuhan rumahtangga. Pastikan sebisa mungkin melakukan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat. Agar lebih efektif, Anda mesti menentukan pekerjaan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

 

3.    Bagi Tugas Rumah Tangga dengan Anggota Keluarga 

Pekerjaan rumah sebenarnya tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Menjalani rumah tangga diperlukan kerjasama yang seimbang agar dalam menjalankan aktivitasnya lebih ringan, tentunya dengan memahami kondisi dan situasi masing-masing. Diskusikan dengan anggota keluarga lainnya untuk berbagi tugas rumah tangga.Hal ini akan membantu Anda agar mempunyai waktu lebih banyak untuk mengembangkan bisnis atau hal lainnya. Disamping itu, berbagi tugas dengan anggota keluarga lainnya bisa membangun sifat tanggungjawab pada diri seseorang. Manfaatkan waktu melakukan pekerjaan bersama anggota keluarga sebagai kesempatan untuk membangun quality time bersama keluarga.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengkomunikasikannya dengan anggota keluarga, jika Anda benar-benar memerlukan bantuan dalam mengatasi sebuah hal, baik di dalam rumah tangga maupun bisnis. Komunikasi menjadi hal terpenting dalam membangun kerjasama sebuah keluarga dan bisnis.

 

4.    Jadikan Kegiatan Rumah Tangga Menjadi Rutinitas

Dengan membuat kegiatan rumah tangga sebagai rutinitas, Anda bisa mempunyai waktu luang lebih yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis, apalagi bila rutinitas dikerjakan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Misalnya, berbelanja keperluan rumahtangga setiap akhir pekan. 

Bagi Anda yang punya anak, pahamilah bahwa rutinitas perlu dibuat dan dipertahankan agar memudahkan Anda mengatur waktu untuk mengembangkan bisnis Anda. Misalnya rutinitas di pagi hari sebelum sekolah, jam anak tidur siang maupun malam hari, setelah sekolah, mengerjakan PR dan sebagainya. Namun seiring dengan pertambahan usia anak, rutinitas tersebut akan berubah, jam tidur siang hilang, anak bisa diandalkan untuk melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring setiap selesai makan, merapikan rumah dan lain sebagainya. Jadi, Anda perlu siap-siap untuk mengubah rutinitas Anda jika dibutuhkan.

 

5.    Manfaatkan Teknologi secara Maksimal

Manfaatkan teknologi dalam berbisnis secara maksimal untuk mempermudah Anda mengelola bisnis seperti melakukan promosi melalui media sosial dan mencatat transaksi melalui sistem digital. Sekarang, ada banyak ide bisnis yang bisa Anda jalankan hanya dengan menggunakan smartphone. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa membagi waktu antara mengurus keluarga, mengelola bisnis dan juga me time

Oleh karena itu, Anda selaku mompreneur harus memahami teknologi supaya mampu memanfaatkannya dan mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dengan mengetahui 5 tips mengatur waktu untuk mengurus rumah dan mengelola bisnis tersebut di atas, Anda Sobat jadi lebih paham mengenai manajemen waktu sebagai mompreneur. Yuk, lakukan tips di atas agar Anda bisa menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus pebisnis dengan seimbang. Menjaga kebahagian diri dan tetap semangat adalah hal utama agar keluarga Anda sehat dan bisnis Anda pun semakin berkembang. 

Untuk mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis rumahan, Anda bisa temukan artikelnya di daya.id atau bertanya ke ahlinya melalui fitur Tanya Ahli yang ada di website daya.id. Pastikan Anda sudah mendaftar  terlebih dahulu, agar Anda bisa merasakan manfaat dari website ini!

Sumber:

Artikel : Berbagai sumber

Foto : www.shutterstock.com & www.freepik.com

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS