Dirilis

18 Juli 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Indonesia tengah memasuki Tahun Politik. Terlepas dari apapun referensi politik Anda, situasi ini sebenarnya menyimpan peluang usaha yang cukup menjanjikan, terutama bagi Anda para pengusaha sablon.

Para Calon anggota Legislatif (Caleg) dan Calon Presiden (Capres) biasanya berkampanye menggunakan berbagai media, mulai dari spanduk, umbul-umbul, hingga kaus. Mereka tentunya membutuhkan jasa sablon untuk mencetak berbagai media kampanye tersebut. Beberapa di antara mereka pun biasa mengadakan tender untuk para pelaku usaha sablon. Nilainya tentu cukup besar. Nah, agar usaha sablon Anda yang terpilih, berikut beberapa hal untuk diperhatikan.

1. Aktif cari berita tentang tender
Sebagai pelaku usaha, Anda sebaiknya aktif mencari pelanggan. Dan prinsip ini berlaku juga dalam hal tender partai politik untuk Pemilihan Umum (Pemilu). Cari tahu sebanyak mungkin berita tentang tender, termasuk melalui internet atau melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronik di berbagai kota atau kabupaten di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mencari berita tentang tender dari panitia lelang pada instansi yang mengadakan tender tersebut.

2. Teliti memeriksa persyaratan yang dibutuhkan
Setiap tender biasanya memiliki syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi, baik itu surat, berkas, atau dokumen. Baca seluruh syarat dan ketentuan tersebut secara mendetail dan teliti. Jangan sampai ada yang terlewat dan justru membuat Anda kehilangan kesempatan untuk memenangkan tender politik.

Selain dokumen dan berkas, periksa juga jadwal atau tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan tender tersebut. Apabila perlu, catat seluruh tanggalnya pada ponsel Anda, lalu atur sebagai pengingat beberapa hari sebelumnya, agar tidak lupa. Anda tentu tidak mau gagal menang tender hanya gara-gara terlambat menyerahkan dokumen atau terlambat hadir, bukan?

3. Tunjukkan keunggulan Anda
Biasanya, setiap peserta tender diminta untuk menyerahkan proposal tentang usaha mereka. Proposal ini bisa berisi tentang layanan sablon seperti apa yang Anda berikan, sudah berapa lama berdiri, hingga klien-klien apa saja yang pernah ditangani.

Lebih dari itu, proposal juga dapat menjadi kesempatan untuk menunjukkan keunggulan usaha sablon Anda. Di dalamnya, cantumkan bukti atau contoh, grafik, statistik, hingga penghargaan yang mungkin pernah didapat. Jika sebelumnya Anda pernah membantu partai politik lain hingga berhasil memenangkan pemilu, tidak ada salahnya untuk dicantumkan pula.

4. Pertimbangkan penentuan harga
Biasanya, saat tender, pihak partai politik atau tim sukses akan meminta penawaran harga dari Anda. Ingat, tidak selamanya tawaran termurah yang akan memenangkan tender. Jika memberi penawaran harga yang terlalu rendah atau di bawah standar, bisa-bisa calon klien dari partai politik akan curiga dan mempertanyakan kredibilitas Anda. Oleh sebab itu, coba perhitungkan baik-baik dan lakukan riset untuk menentukan penawaran harga yang pas.

5. Jangan pernah bermain curang
Saran satu ini mungkin terdengar sepele, tetapi tidak sedikit kasus kecurangan yang terjadi pada berbagai tender. Ikutilah seluruh proses tender dengan jujur. Jangan pernah bermain curang, misalnya mengancam peserta tender lain atau bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih jadi pemenang. Yakinlah pada kemampuan Anda dan tim. Lagi pula, selama Anda mengerahkan usaha sebaik mungkin, peluang untuk menang tender sangat mungkin diraih.

Semoga kiat di atas bisa membantu usaha sablon Anda memenangkan tender partai politik untuk Pemilu ini. Apabila terpilih sebagai pemenang, Anda harus bisa mengerjakan pesanan sesuai kesepakatan dan spesifikasi yang telah disepakati. Jaga nama baik usaha di mata klien. Siapa tahu mereka akan langsung menggunakan jasa Anda pada kesempatan berikutnya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS