Dirilis

22 Januari 2021

Di bawah ini merupakan risiko di dalam bisnis online yang harus diketahui oleh para pebisnis atau pengusaha pemula:

1. Persaingan di Dunia Bisnis Online itu Cukup Ketat

Kini, masyarakat berlomba-lomba dalam membuka usaha atau bisnis secara online, dengan melakukan segala upaya, supaya performa bisnis mereka menjadi meningkat. Bisnis online ini sifatnya dinamis dan akan selalu ada perubahan dari waktu ke waktu.

Seperti pada masa pandemi COVID-19, seiring dengan perubahan perilaku pembeli yang mulai banyak beralih belanja secara online. Maka para pengusaha yang semula berbisnis offline mulai banyak beralih ke online, dengan demikian persaingan pun semakin ketat.

2. Permintaan Pasar yang Berubah-ubah

Jenis produk yang dijual secara online misalnya dalam bidang fashion, selalu menjadi tren terkini. Namun, dengan tren tersebut, maka permintaan pasar pun selalu berubah-ubah dan jumlahnya selalu bertambah. Sehingga stok barang harus selalu ready, karena konsumen akan berpindah ke toko online lainnya, yang juga memiliki stok dalam jumlah yang banyak.

3. Maraknya Penipuan Online

Dengan menjamurnya bisnis online, kasus penipuan online pun semakin banyak. Modus penipuan yang dilakukan oleh para penipu ini sangat bervariasi, mulai dari bukti transfer palsu, barang tidak dikirim, hingga nominal pembayaran yang tak sesuai. Jumlah orang yang tertipu ini bahkan selalu bertambah setiap waktu.

Jika Anda sudah berkomitmen untuk menjalankan usaha online, maka sebagai pengusaha Anda juga harus siap dengan ketakutan konsumen akan produk yang Anda jual atau pelayanan yang Anda berikan.

Nah, tugas Anda adalah membuktikan bahwa memang usaha yang Anda jalankan bersih dari penipuan dan bisa bertanggung jawab atas produk yang dijual.

4. Barang yang harus siap tersedia

Masalah dalam pengadaan barang juga menjadi salah satu risiko yang sering terjadi di dalam bisnis online. Anda harus siap ketinggalan konsumen apabila stok barang yang Anda miliki habis dan permintaan barang sedang banyak. Itulah sebabnya Anda harus bekerja sama dengan supplier yang memiliki ketersediaan barang yang selalu ready.

5. Pemasaran yang Harus Selalu Berinovasi

Kunci sukses dalam jenis bisnis apapun adalah strategi pemasarannya. Dengan strategi pemasaran yang tepat, maka usaha yang sedang dijalankan bisa berkembang dengan pesat. Perlu diketahui oleh semua pengusaha, bahwa risiko dalam menjalankan bisnis online, salah satunya adalah kemampuan berinovasi untuk menemukan strategi yang tepat.

Dalam menggeluti bisnis online, para pengusaha harus selalu mampu melakukan inovasi dan adaptasi terhadap cara pemasaran yang semakin berkembang setiap waktunya. Tentunya hal itu bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan kemauan yang keras untuk selalu mau belajar dan menambah wawasan agar strategi pemasaran yang dipakai juga bisa efektif.

Itulah beberapa risiko bisnis online dan cara mengatasinya. Diharapkan dengan informasi ini para pengusaha bisa lebih memahami apa saja yang bisa terjadi pada bisnis yang mereka rintis di kemudian hari. Apabila Anda membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan produk pinjaman berjangka dari Bank BTPN.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS