Dirilis

28 September 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Anda yang gemar padu padan busana, teliti membeli busana, dan mawas dengan perkembangan tren fesyen bisa jadi memiliki potensi untuk menjadi pebisnis dan meramaikan industri fesyen Tanah Air. Apalagi perkembangan bisnis fesyen industri lokal terus bergeliat. Selain jangkauan konsumen yang semakin luas secara geografis, pesatnya arus informasi juga membuat segala kalangan dan usia lebih “melek” fesyen. Berikut strategi awal yang bisa Anda terapkan dalam menjadi pengusaha lokal fashion:

Konsisten dan Fokus
Toko Anda bukan supermarket, untuk itu carilah produk yang tepat dan Anda kuasai. Misal, Anda paham mengenai seluk beluk baju bayi dan baju wanita hamil. Mulai kisaran harganya, model terkininya atau lokasi penjahitnya. Setelah itu, sebaiknya  fokus dan konsisten dalam produk tersebut sehingga perlahan orang akan mengetahui spesialisasi produk Anda dan menjadikannya salah satu pilihan brand yang dipilih saat membeli atau merekomendasikan produk tersebut. Di samping itu, Anda akan lebih tahu kelemahan dan kekuatan produk tersebut, hingga dimana lokasi yang tepat untuk memasarkannya. Oleh karena itu, bila Anda menjual produk yang terlalu umum dan terlalu banyak jenisnya, maka tidak     ada diferensiasi dari market place atau pun department store yang sudah mapan sehingga membuat Anda kesulitan menjual barang.
 
Pelajari Tren
Salah satu modal yang harus dimiliki sebelum membuka merek fesyen sendiri adalah mempelajari tren dan  perkembangan fesyen di daerah Anda. Jangan sampai Anda membuka usaha fesyen dengan koleksi awal yang sudah hampir selesai tren pasarnya. Anda akan melewatkan pelanggan yang mungkin saja menjadi pecinta merek fesyen Anda. Buka internet atau datang ke acara fashion show di berbagai tempat bisa menjadi referensi tren fesyen Anda.

Tampilan Toko Menarik
Anda perlu membuat toko yang menarik secara visual, dimana pun Anda berjualan , baik secara online atau butik. Alasannya simpel, karena Anda menjual benda yang menyasar indera pengelihatan. Tampilan toko online atau pun butik yang bersih, segar, dan memiliki ciri khas koleksi Anda, serta terbuka untuk siapa pun, menjadi kunci awal “pemain baru” di industri fashion.

Harga Yang Masuk Akal
Lakukan riset di lokasi Anda akan membuka butik, terutama tentang daya beli dan jenis busana atau koleksi fashion seperti apa yang biasa dibeli di daerah itu. Harga memegang kunci penting. Untuk itu, tentukan target pasar Anda dan pilih lokasi yang sesuai dengan target pasar. Apabila, Anda menjual produk secara online, jelajahi sebanyak mungkin usaha fesyen lokal dan harga rata-rata yang mereka cantumkan untuk produk yang sejenis dengan yang Anda jual.

Gunakan Model
Untuk Anda yang menjual produk fesyen secara online, terutama baju, sangatlah penting untuk menggunakan model, terutama model Indonesia di foto-foto produk yang akan dijual. Sehingga, pelanggan bisa memiliki gambaran bagaimana busana tersebut bila sedang dikenakan. Menggunakan maneken memang tidak salah, tetapi begitu Anda menggunakan model hasilnya pasti akan lebih riil.

Semua Suka Diskon
Diskon menjadi salah satu alasan penting seseorang dalam membeli baju. Hal ini juga bisa membantu produk Anda menjadi lebih laris dan menarik di awal. Selanjutnya, lakukan diskon secara reguler untuk memenangkan persaingan di antara ketatnya industri fesyen Indonesia.

Jasa Endorsement
Tenang, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk meminta selebgram A atau artis B untuk menggunakan produk Anda lalu mengunggahnya di akun media sosial Anda. Lirik akun media sosial teman Anda, minta mereka membantu memasarkan produk fashion Anda. Tapi, coba pilih teman atau kenalan yang memang memiliki minat difesyen , sebab otomatis relasi pertemanan media sosial teman atau kenalan Anda kemungkinan memiliki minat yang sama akan fesyen.

Tertarik? Daripada, sekadar foto OOTD (outfit of the day/busana hari ini) di media sosial, mengapa tidak mencoba menjadi mendulang untung dari hobi Anda, siapa tahu Anda memiliki merek fesyen lokal yang cukup diminati.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS