Dirilis

26 Desember 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Jerry dan istrinya adalah pegawai dari perusahaan yang berbeda. Dikarenakan jarak yang jauh dan tidak searah, mereka memutuskan untuk mengendarai mobil masing-masing. Situasi itu berlangsung ketika hari kerja saja.

Kebetulan, pada lebaran tahun ini, Tonny teman sekantor Jerry berencana mudik menggunakan jasa rental mobil namun Tonny tidak berhasil mendapatkan mobil karena terjadi lonjakan permintaan. Ketika mengetahui hal itu, Jerry merasa iba dan menawarkan mobilnya sekedar untuk dipinjamkan. Ternyata, tanpa diduga Tonny tetap membayar jasa pinjaman mobil yang dilakukan Jerry sebagai ungkapan terima kasih.

Di saat bersamaan, Jerry melihat adanya peluang usaha dari kejadian Tonny sehingga berencana akan merentalkan mobilnya lagi jika ada yang membutuhkan.

Dari cerita di atas menunjukkan Jerry berhasil menangkap peluang pada situasi tertentu secara tidak langsung. Namun bukan berarti Anda harus membeli mobil untuk mendapat peluang yang sama. Anda perlu juga memperhatikan apa yang dibutuhkan pasar. Apalagi Indonesia terkenal dengan istilah 1000 musim, mulai dari musim buah, musim liburan, musim hujan, musim olahraga, musim politik, dan sebagainya. Kebutuhan pasar biasanya dipengaruhi oleh berbagai musim tersebut.




Agar Anda dapat memperoleh keuntungan maksimal dari semua situasi itu Anda harus tahu kapan berlangsungnya dan harus mempersiapkan diri. Misalnya Anda ingin membuka usaha dibidang jasa transportasi, seperti rental mobil yang dilakukan Jerry maka Anda harus menyiapkan diri agar kendaraan sebagai aset selalu siap digunakan pada saatnya, jangan sampai pada tinggi permintaan akan jasa transportasi, mobil Anda malah masuk bengkel dan harus mengalami perbaikkan besar dalam jangka waktu yang lama.

Beda lagi jika menawarkan jasa penginapan, Anda harus menyiapkan benar penampilan dan pelayanan saat ketika terjadi kenaikan permintaan jasa penginapan. Lakukanlah renovasi dan perbaikan sarana penginapan yang dibutuhkan dan terjadwal dengan baik agar selesai sebelum musim lonjakan permintaan tiba. Jika harus menambah karyawan dan harus melakukan pelatihan serta pemagangan jangan ditunda agar pelanggan kita puas dan mau kembali atau merekomendasikan jasa penginapan kita kepada teman lainnya.

Terlepas dari jenis usaha dan musim yang berbeda, hal inti yang perlu Anda perhatikan adalah:
  1. Waktu kapan mulai dilakukan pemesanan akan bahan baku dan peralatan yang diperlukan.
  2. Sumber-sumber dan ketersediaan persediaan barang di pasaran yang kita butuhkan.
  3. Lama pengiriman sejak barang dipesan sampai waktu kedatangannya, berapa harga dan waktu yang dibutuhkan dan yang terakhir
  4. Dana yang diperlukan dan kapan harus disiapkan.  

Darimana sumber pembiayaan, dan dengan sistem pembelian seperti apa yang bisa dilakukan jika ada keterbatasan dan ketersediaan sumber dana.

Supaya kesempatan Jerry dan Anda semakin besar tidak ada salahnya mempersiapkan semua itu dengan tepat sehingga bisa mengontrol kondisi sarana usaha dan keperluan yang dibutuhkan.

Sumber:

Sutie Rahyono

Penilaian :

4.6

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

22 Januari 2022

Siip👍👍✌

Balas

. 0

Koekoeh Gesang Setyonugroho

27 Januari 2020

Bermanfaat!

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS