Dirilis

30 September 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Ada banyak kanal penjualan yang dapat digunakan untuk berjualan online, yang termudah dan cocok untuk saat ini bagi pemula bisnis adalah marketplace. Hal ini dikarenakan, perkembangan marketplace di Indonesia sudah sangat pesat, selain itu di Indonesia terdapat beberapa pilihan marketplace yang menawarkan beragam fitur menarik. Marketplace dapat dibilang seperti pasar yang ada di dunia maya, banyak produk yang tersedia mulai dari barang, jasa, dan kebutuhan lain dengan harga yang bersaing.

Bagi pebisnis online, dengan adanya marketplace dapat memudahkan dalam hal penjualan, apalagi saat ini tren belanja masyarakat sudah mulai beralih dari belanja offline menuju online. Nah, berikut di bawah ini beberapa keunggulan berjualan di marketplace.

1. Layanan Gratis namun tetap ada pilihan berbayar
Jika berjualan di toko offline biayanya mahal, sehingga pelaku bisnis saat ini dimudahkan dengan memanfaatkan marketplace untuk membuka toko online. Apabila ingin memiliki toko bisnis online di marketplace biasanya Anda perlu membuat akun berjualan terlebih dahulu dengan membutuhkan waktu hanya beberapa menit saja. Membuat akun dan memulai berjualan memang gratis, namun Anda tetap memiliki pilihan untuk membayar guna mendapatkan eksposur lebih ke calon customer Anda melalui berbagai fitur berbayar di marketplace.

Setelah mendaftar, Anda hanya perlu mengunggah (upload) gambar produk-produk Anda lalu memberi bandrol harga serta deskripsi produk. Apabila semua proses sudah dilakukan, maka Anda sudah dapat dikatakan memiliki toko online.

Selain pendaftaran toko gratis, banyak sekali fitur dan support yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu bisnis online yang dimiliki agar semakin berkembang.

2. Produk dan deskripsikan produk agar terbaca dengan baik di Search Engine Google
Hampir semua marketplace berusaha mengoptimalkan kategori produk supaya berada di posisi yang bagus di search engine. Jadi sebagai merchant, Anda hanya perlu memberikan produk dan pelayanan yang terbaik supaya memiliki rangking bagus di kategori produk marketplace.

3. Tempat di mana pembeli datang untuk mencari penjual
Apabila Anda memiliki toko online di marketplace, pembeli akan lebih percaya dan aman saat melakukan transaksi, jika dibandingkan dengan media sosial di mana user datang ke media sosial untuk sekedar melihat-melihat produk. Sedangkan, jika Anda memiliki toko online di marketplace, pengguna datang dengan mindset untuk membeli barang dan telah memiliki budget untuk belanja. Sehingga tingkat konversi ke penjualannya bagus.

4. Penghitungan ongkos kirim otomatis
Marketplace memiliki dukungan pengiriman logistik yang lengkap seperti JNE, Tiki, J&T dan lain sebagainya, sehingga marketplace bisa menghitung ongkos kirim secara otomatis ke ribuan tujuan alamat kode pos. Bahkan, di beberapa marketplace besar di Indonesia ada yang memberlakukan ongkos kirim gratis untuk setiap produk yang terjual kepada pembeli. Dengan adanya ongkos kirim gratis ini dapat membuat pembeli menjadi lebih tertarik lagi untuk berbelanja, sehingga pendapatan penjualan Anda bisa meningkat.

5. 24 Jam per 7 Hari
Keunggulan lainnya jika memiliki bisnis online, Anda bebas mengatur waktu. Sebab, Anda dapat menjual kapan dan di mana saja tanpa di batasi oleh ruang dan waktu. Selagi Anda beristirahat transaksi penjualan dapat terjadi.

6. Reputasi toko yang transparan
Biasanya setiap marketplace menyediakan layanan umpan balik yang diberikan dari pembeli ke penjual. Feedback ini biasanya digunakan untuk rating toko Anda yang biasanya didapat dari jumlah transaksi yang berhasil dan juga testimonial positif dari customer.

Semakin bagus produk dan layanan dari toko Anda, maka reputasi toko akan semakin bagus dan dapat membantu meningkatkan penjualan.

7. Mudah digunakan
Bagi pemula bisnis yang ingin menjalankan bisnis online, marketplace merupakan pilihan yang tepat karena mudah digunakan bagi Anda. Selain itu, dengan berjualan di marketplace

Learning curve atau waktu yang Anda gunakan untuk belajar menggunakan marketplace jauh lebih pendek daripada waktu yang digunakan untuk menggunakan website untuk berjualan.

Dengan berjualan di marketplace, leads atau calon customer Anda diberikan oleh marketplace-nya dan tidak perlu mengeluarkan budget atau effort untuk mendatangkan traffic seperti halnya jika berjualan di website sendiri.

8. Rekening bersama untuk keamanan
Biasanya dalam menjaga keamanan dalam bertransaksi online, pihak marketplace akan menyediakan rekening bersama yang sangat bermanfaat bagi pembeli maupun pedagang. Marketplace tidak akan mentransfer dana dari pembeli kepada penjual sebelum barang diterima oleh pembeli. Rekening bersama ini membuat transaksi online menjadi lebih aman.

Anda sudah tahu kan keunggulan-keunggulan apabila berbisnis online dengan memanfaatkan marketplace. Nah, karena kemudahannya untuk digunakan, semua orang dapat mulai berjualan di marketplace. Marketplace juga memberikan potensi penghasilan yang besar, dan Anda juga tidak harus memproduksi produk sendiri, banyak reseller dari marketplace yang bahkan mengambil produk dari merchant lainnya di marketplace dan menaikkan harga 15-20%.

Selamat mencoba berjualan di marketplace!

Sumber:

Rhain Mahatma

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS