Dirilis

30 Agustus 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Perusahaan roti Kimbo menghasilkan beberapa roti tawar yang tidak memenuhi standar kualitas produk untuk dijual. Perusahaan ini lantas mengambil langkah inovatif untuk mengolah roti tersebut menjadi produk baru, yaitu roti kering dengan merek yang berbeda. Hal ini dilakukan agar tidak ada biaya produksi yang terbuang sia-sia, dan tidak ada produk yang dibuang dengan percuma. Secara tidak langsung, perusahaan ini sebenarnya telah menerapkan strategi yang disebut lini produk.

Apa Itu Lini Produk?
Lini produk merupakan strategi pemasaran sebuah perusahaan untuk menjual produk melalui berbagai macam tipe, variasi, warna, ukuran, harga, dan kualitas. Perusahaan dapat melebarkan lininya ke bawah, ke atas, ataupun keduanya.

Berikut ini penjelasannya:
1. Pelebaran lini ke bawah
Perusahaan yang biasanya menawarkan produk berharga mahal, melebarkan lininya ke bawah dengan menawarkan produk berharga lebih murah.
Kapan strategi bisa Anda lakukan?

Anda dapat melebarkan lini ke bawah ketika adanya perlambatan pertumbuhan penjualan pada segmen atas. Anda bisa masuk untuk mengisi kekosongan penawaran di pasar. Kalau tidak diambil, segmen itu akan direbut oleh pesaing.

2. Pelebaran lini ke atas
Perusahaan-perusahaan yang awalnya menawarkan produk untuk segmen bawah, masuk ke segmen atas. Hal ini biasanya dilakukan saat perusahaan tertarik dengan tingkat pertumbuhan dan keuntungan yang lebih tinggi. Selain itu, karena adanya kesempatan untuk mempromosikan perusahaan yang mampu melayani semua segmen.

3. Pelebaran lini dua arah
Perusahaan yang melayani pasar menengah memperlebar lininya ke dua arah. Akan tetapi, hal ini jarang dilakukan.

Segmentasi untuk Lini Produk
Salah satu contoh perusahaan yang melakukan pelebaran lini adalah PT.Indofood Tbk. Banyak makanan dan minuman yang diproduksi oleh Indofood, seperti mie instan, minyak goreng, susu dan lain sebagainya. Produksi produk-produk tersebut didasarkan oleh segmentasi pasar yang telah dibuat.

Misal, produk mie instan Indomie dibuat untuk kalangan menengah ke atas, dan produk sejenis yaitu Supermi dibuat untuk kalangan menengah ke bawah karena harga produk yang lebih murah dan terjangkau. Tetapi, produk Supermi ini bukan produk gagal dari Indofood, melainkan produk yang sudah didesain dari awal memiliki kualitas yang berbeda dengan Indomie.

Sehingga, setiap perusahaan yang melakukan pelebaran lini perlu memikirkan merek dagang lain dan menentukan harga jual yang tepat. Kenapa? Ini alasannya:
  • Merek merupakan nama, tanda, simbol, desain, atau kombinasinya yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan membedakan barang atau layanan dari satu pembeli dengan pembeli yang lain.
  • Merek sangat penting dalam keberhasilan produk.
  • Sebagian orang merasa merek itu lebih penting dibandingkan dengan produk itu sendiri.

Misalnya, Anda ingin membeli produk mie instan yaitu Indomie dan Supermi. Walaupun dari perusahaan yang sama yaitu Indofood, konsumen kemungkinan besar akan membeli Indomie. Kenapa? Kembali lagi kepada apa yang sudah dijelaskan bahwa merek memiliki kekuatan.

Ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan pelebaran lini, hal lain yang perlu dipikirkan adalah penentuan harga. Bagi perusahaan tidak mungkin menghasilkan produk dengan merek dagang berbeda, tetapi menawarkan produk dengan harga yang sama. Hal ini akan mematikan salah satu produk dan membuat kebingungan di konsumen.
Pelebaran lini produk dapat diterapkan dalam usaha Anda, hal tersebut dilakukan agar produk Anda dapat dimanfaatkan secara maksimal dan menggapai semua segmen konsumen. Selamat mencoba!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Dewi Khotijah

05 Desember 2023

Artikel yang menarik dan bermanfaat. Jadi nambah ilmu. Thank you

Balas

. 0

Nabillah Salwa Azmah

01 Juni 2023

Keren

Balas

. 0

Nabillah Salwa Azmah

01 Juni 2023

Keren

Balas

. 0

Arrino Fatra

03 Pebruari 2023

Mantap

Balas

. 0

Arrino Fatra

03 Pebruari 2023

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS