Dirilis

27 Juli 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang selama 18 Agustus – 2 September 2018. Ribuan peserta dan suporter dari 45 negara yang terdaftar di Dewan Olimpiade Asia akan mengikuti pergelaran olahraga terbesar di Asia ini. Sebagai pelaku usaha, Anda bisa mengambil peluang untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Lalu, apa saja persiapan yang dapat Anda lakukan agar dapat berjualan di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang?

1. Pilih Lokasi Sesuai dengan Modal dan Produk
Untuk sewa lahan di seputar arena pertandingan Asian Games 2018, kisarannya sekitar Rp1-5 juta, tergantung dari lokasinya. Anda perlu mempersiapkan dana yang sesuai dengan modal yang sudah sisihkan. Lokasi berjualan akan dibagi menjadi tiga ring area di seputar venue dengan jarak 1 Km di luar lokasi pertandingan. Setiap ring akan punya ketentuan masing-masing untuk sewa tempat dan jenis jualannya.

2. Gunakan Logo Asian Games Sesuai Aturan
Penggunaan berbagai atribut Asian Games 2018 harus mengikuti aturan yang diterapkan oleh Olympic Council of Asia (OCA). Mengingat, logo dan maskot sudah terdaftar hak patennya. Logo, maskot, dan atribut publikasi komersial terkait Asian Games 2018 hanya boleh dipakai oleh sponsor resmi, baik sebagai motif produk atau pun barang yang dijual di sekitar lokasi pertandingan.

3. Daftarkan Usaha Anda ke INASGOC
Mengingat acara ini berskala internasional, maka pemerintah pun cukup ketat dalam memilih usaha kecil dan menengah yang dapat ikut serta dalam memeriahkannya. Hal ini juga untuk membuat Anda lebih aman dan nyaman dalam berjualan. Anda dapat mendaftarkan usaha ke Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC).

4. Jualah Produk Khas Indonesia
Anda dapat menjual ciri khas makanan ataupun souvenir dari berbagai provinsi di Indonesia. Seperti wayang kulit, mutiara, batu berwarna-warni yang dibentuk aksesoris, kain batik, atau ukiran kayu tanpa harus mencantumkan logo, maskot, dan atribut komersial terkait Asian Games

Potensi menambah rupiah dalam acara besar tidak datang setiap saat. Peluang ini juga dapat Anda manfaatkan untuk memperkenalkan produk Anda ke luar Indonesia. Namun, setiap kesempatan dalam meraup pundi-pundi rupiah juga tetap harus melihat peraturan yang berlaku, agar kemungkinan risiko kerugian di kemudian hari dapat dihindari.

Ayo, bersama kita sukseskan Asian Games 2018, dengan mengenalkan dan menjual produk-produk khas Indonesia.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS