Dirilis

16 Pebruari 2022

Penulis

Linda Budiyarti

Tahukah Anda berapa jumlah pengguna Bukalapak? Dikutip dari salah satu artikel dari situs Big Alpha, pengguna aktif Bukalapak sebanyak 90 juta. Angka pengguna yang sangat tinggi menjadikan Bukalapak sebagai salah satu e-commerce popular di Indonesia. 

Tak heran jika Bukalapak juga diminati jutaan mitra dan pelapak, sebutan bagi para penjual di Bukalapak. Selain karena jumlah penggunanya banyak, Bukalapak juga dikenal sebagai perusahaan yang mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Nah sebagai pelaku usaha ,terutama UMKM,  apakah Anda sudah memanfaatkan Bukalapak sebagai salah satu saluran jualan dan promosi produk usaha Anda? Jika belum, tak ada salahnya jika Anda mencobanya. 3 tips berikut bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk usaha Anda di Bukalapak.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba

 

1.    Lakukan Persiapan Matang, Produk Anda Laku Kencang

Untuk promosi yang lebih optimal, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan. Tidak hanya produk yang ingin dipromosikan, Anda dan tim usaha Anda juga perlu melakukan persiapan sebelum melakukan promosi. Beberapa hal berikut bisa Anda lakukan sebelum melakukan promosi di Bukalapak:

 

a.    Foto produk cantik bisa membuat pembeli tertarik

Karena Anda berjualan secara daring melalui Bukalapak, maka salah satu hal yang menjadi daya tarik pembeli adalah foto produk. Untuk mendapatkan foto produk yang menarik, Anda bisa mengatur pencahayaan dan perspektif saat mengambil foto. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan filter yang tersedia di smartphone Anda untuk menghasilkan foto yang lebih menarik.

Baca juga: Tips Foto Produk Makanan dan Minuman yang Bikin Pembeli

 

b.    Deskripsi produk yang singkat namun kuat, bisa membuat pembeli terpikat

Biasanya orang enggan membaca deskripsi yang terlalu panjang ketika mereka mencari produk di e-commerce. Oleh karena itu usahakan membuat deskripsi produk yang singkat, padat, namun juga bisa membuat orang yakin mau membeli produk Anda. Sampaikan manfaat produk dan apa yang akan mereka dapat dengan membeli produk Anda. 

 

c.    Kemampuan jualan terasah, pembeli tak usah resah

Hal yang tidak kalah penting adalah kemampuan penjual atau tim yang membantu Anda berjualan. Meskipun dua kemampuan ini sepertinya terlihat sepele bagi sebagian orang, namun kemampuan ini mungkin bisa membuat pembeli Anda merasa lebih senang dan tenang:

 

•    Kemampuan komunikasi

Ketika Anda berjualan di Bukalapak, ada kemungkinan Anda akan mendapatkan pertanyaan atau keluhan dari pembeli. Jika Anda atau tim Anda mempunyai komunikasi yang baik, hal ini bisa meningkatkan kepuasan pembeli. 

 

•    Kemampuan mengemas produk dengan baik dan aman 

Permasalahan yang banyak ditemui di e-commerce adalah kerusakan barang saat diterima pembeli. Untuk meminimalisir risiko kerusakan dan meningkatkan kepuasan, sebaiknya Anda atau tim Anda mempunyai keahlian mengemas dengan baik dan aman. 

Baca juga: 6 Persiapan Jualan Online di Marketplace

 

2.    Umumkan di Sosial Media, Tarik Minat Pelanggan Anda


Di era saat ini hampir semua kalangan usia menggunakan social media. Oleh karena itu Anda bisa memanfaatkannya untuk menginformasikan kepada pelanggan, tentang lapak yang Anda miliki di Bukalapak. Selain itu Anda juga bisa mengintegrasikan social media Anda dengan lapak Anda untuk lebih mengoptimalkan promosi.

Selain itu, ada baiknya Anda juga mengenali karakteristik target konsumen Anda. Hal ini penting untuk mempertimbangkan pemilihan social media yang akan Anda gunakan untuk promosi. Pada umunya masing-masing social media mempunyai karakteristik pengguna yang berbeda. 

Baca juga: Trik Tersembunyi Cara Jualan di Instagram Gratis untuk Pemula

  

3.    Manfaatkan Fitur Bukalapak sebagai Katalis, Jualan Laris Manis


Jika Anda mempunyai anggaran yang cukup untuk promosi, Anda bisa menggunakan fitur promosi yang telah disediakan Bukalapak, yaitu fitur push dan promoted push.

 

a. Fitur Push

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk membuat produk Anda muncul pada halaman pertama di Bukalapak untuk kategori produk yang Anda jual. Untuk mengaktifkan fitur push, Anda bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

•    Klik “Seller Centre” pada lapak Anda lalu Anda akan masuk ke fitur promosi. Ada 2 pilihan yang bisa Anda pilih, silahkan Anda klik “Push” untuk menggunakan fitur ini.
•    Lalu klik "Tambah" untuk membeli paket push guna  mengaktifkan fitur.
•    Langkah berikutnya adalah memilih paket sesuai kebutuhan dan juga anggaran. Bacalah semua keterangan dengan seksama agar Anda tidak keliru.
•    Lakukan pembayaran dengan metode yang tersedia dan Anda inginkan.
•    Lalu kembali lagi ke halaman Push untuk memilih produk yang ingin Anda promosikan.

 

b. Fitur Promoted Push


Selain fitur Push, di Bukalapak juga tersedia fitur Promoted Push. Cara kerja fitur ini adalah mempromosikan produk-produk di wilayah pencarian yang telah ditandai sebagai wilayah Promoted Push. Dengan fitur ini tentunya akan semakin memudahkan pembeli menemukan produk Anda.

Jika Anda ingin menggunakan fitur Promoted Push sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini
•    Email yang terdaftar harus sudah terverifikasi.
•    Untuk mengaktifkan fitur Promoted Push, Anda perlu  memiliki dana terlebih dahulu.
•    Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp200 untuk setiap klik Promoted Push.
•    Produk yang Anda promosikan akan ditampilkan di Promoted Product.

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan fitur Promoted Push:
•    Kunjungi “Seller Centre” untuk masuk ke halaman promosi. Dari beberapa pilihan yang tersedia, Anda pilih “Promoted Push”.
•    Langkah berikutnya Anda akan diminta memasukan sejumlah uang untuk mengaktifkan fitur Promoted Push. 
•    Lakukan metode pembayaran sesuai dengan yang Anda inginkan dan yang disediakan Bukalapak.
•    Langkah selanjutnta, Anda kembali lagi ke Promoted Push untuk memilih produk yang ingin dipromosikan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk promosi produk di Bukalapak. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana melakukan strategi pemasaran di Bukalapak lebih jauh lagi, Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahli digital marketing kami melalui fitur Tanya Ahli.

Pastikan Anda mendaftarkan diri di website daya.id dan dapatkan informasi dan tips seputar usaha yang bermanfaat lainnya secara gratis. Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengetahui informasi dan tips menarik lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS