Dirilis

17 Juli 2019

Penulis

Tim DayaTumbuh Usaha

Beberapa bisnis offline kini mulai beralih ke online. Salah satu alasannya karena proses bisnis menjadi lebih praktis. Bisnis secara online juga menawarkan proses promosi yang lebih mudah, cepat, murah, bahkan bisa tanpa modal sama sekali.

Dengan proses bisnis konvensional, seorang konsumen yang ingin membeli produk kebutuhan rumah tangga harus mengunjungi toko terdekat untuk mendapatkan produk tersebut. Sementara dengan bantuan teknologi digital, konsumen tersebut cukup memesan secara online menggunakan smartphone di rumah, lalu menunggu hingga mendapatkan produk yang dia inginkan.

Keuntungan dari sisi produsen, Anda tidak perlu menyewa tempat untuk memasarkan produk, hanya membutuhkan gudang untuk penyimpanan barang. Akan tetapi, dalam menunjang kegiatan bisnis, terdapat beberapa fasilitas online terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Berikut ini penjelasannya:

1. Promosi di Media Sosial
Media sosial merupakan salah satu fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk kepada konsumen. Di bawah ini terdapat beberapa jenis media sosial yang kerap dimanfaatkan oleh pelaku bisnis:
  • Facebook menjadi salah satu media sosial yang sering dijadikan tempat untuk berjualan online. Alasannya sederhana, karena ada banyak orang menggunakan Facebook sebagai media untuk berkomunikasi. Selain itu, Facebook juga menyediakan berbagai fitur untuk membantu proses jualan, seperti Facebook Page, Marketplace, Group, Messenger, dan lainnya.
  • Instagram. Tampaknya media sosial satu ini sedang menjadi primadona dalam berjualan secara online. Antara lain karena Instagram sedang populer di kalangan anak muda. Media sosial ini juga unggul dalam penyajian gambar. Artinya, Anda sebagai pelaku usaha bisa menampilkan gambar atau video produk dengan lebih baik. Anda juga bisa bekerjasama dengan para selebriti di Instagram, yang biasa disebut selebgram, untuk mempromosikan barang jualan Anda.
  • YouTube. Saat ini peran YouTube tidak kalah dibandingkan dengan televisi. Anda bisa menyisipkan iklan di awal atau sela-sela konten YouTube. Biasanya video iklan tersebut berdurasi kurang lebih 5-10 detik.

Manfaatkan media sosial dengan bijak, karena promosi produk dengan bantuan media sosial dapat membantu Anda memperkenalkan produk secara luas, serta dapat meningkatkan penjualan.

2. Promosi di Situs Marketplace
Marketplace merupakan salah satu fasilitas untuk berjualan secara online. Marketplace yang saat ini digemari di Indonesia adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Keuntungan yang Anda dapatkan apabila bekerjasama dengan marketplace adalah kemudahan dalam menawarkan produk ke konsumen secara cepat dan luas. Apalagi marketplace kerap kali memberikan promosi-promosi yang menarik perhatian calon konsumen, seperti bebas ongkir.  

Anda dapat memiliki akun jualan di setiap situs marketplace, agar bisnis online semakin dikenal oleh banyak orang dan jumlah pelanggan meningkat.

3. Berjualan di Website Sendiri
Website atau situs internet dapat membantu Anda meraih pasar yang luasnya tak terbatas, karena dapat diakses oleh seluruh orang di penjuru dunia. Saat ini, memiliki website menjadi suatu hal yang penting untuk menunjukkan eksistensi bisnis yang dimiliki.

Dengan memiliki website, calon konsumen dapat memperoleh informasi yang komprehensif mengenai barang atau jasa ditawarkan, kontak yang harus dihubungi, serta prosedur pemesanan. Selain efektif, website juga mempermudah kinerja pemasaran serta membangun branding.

Masih ragu untuk membangun website sendiri? Kekhawatiran itu sebaiknya Anda buang jauh-jauh. Anda bisa memanfaatkan paltform pembuatan website seperti www.wix.com dan www.shopify.com.

Wix ataupun Shopify menyediakan berbagai jenis template desain website untuk tujuan komersil, menghubungkan media sosial dengan website, blog, dan sebagainya. Anda dapat membuat website secara gratis hanya dengan mendaftar menggunakan email, kemudian memilih desain website yang diinginkan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan beberapa fasilitas online yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan promosi usaha? Pilihlah 1-2 fasilitas yang Anda paling suka, focus, dan kerjakan secara konsisten.

Selamat mencoba!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

oky setiarso

18 Juli 2019

sore, apakah bila menggunakan sosial media.. penggunaan akunnya atas nama pribadi atau nama produk usaha? bila pake pribadi berarti akan bercampur dengan postingan pribadi.. mohon solusi bila menggunakan website gratisan, wix dan shopify berapa lama penggunaannya? jika sudah selesai masa gratisannya apakah bisa di pindahkan ke website yang berbayar/ terima kasih salam

Balas

. 0

oky setiarso

18 Juli 2019

sore, apakah bila menggunakan sosial media.. penggunaan akunnya atas nama pribadi atau nama produk usaha? bila pake pribadi berarti akan bercampur dengan postingan pribadi.. mohon solusi bila menggunakan website gratisan, wix dan shopify berapa lama penggunaannya? jika sudah selesai masa gratisannya apakah bisa di pindahkan ke website yang berbayar/ terima kasih salam

Balas

. 0

oky setiarso

18 Juli 2019

sore, apakah bila menggunakan sosial media.. penggunaan akunnya atas nama pribadi atau nama produk usaha? bila pake pribadi berarti akan bercampur dengan postingan pribadi.. mohon solusi bila menggunakan website gratisan, wix dan shopify berapa lama penggunaannya? jika sudah selesai masa gratisannya apakah bisa di pindahkan ke website yang berbayar/ terima kasih salam

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS