Dirilis

20 Mei 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Pelanggan pada umumnya akan lebih memilih merek yang terkenal walaupun harga yang ditawarkan cukup mahal. Sehingga penting bagi Anda untuk membangun merek yang kuat. Selain itu, merek memiliki pengaruh terhadap citra dan reputasi perusahaan.

Merek dagang merupakan simbol, nama, desain, yang digabung menjadi satu sebagai identitas dari produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Merek juga petanda bahwa produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut berbeda dengan produk lainnya.

Membangun merek yang kuat menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan. Bila merek sudah tertanam di benak pelanggan, maka produk akan banyak dicari oleh konsumen, memiliki nilai lebih, dan dapat lebih menguntungkan.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat merek yang menarik, agar pelanggan mengingat dan tertarik untuk mencoba serta melakukan pembelian produk secara berulang.

Nah, bagi Anda yang bingung membuat merek untuk produk baru, terdapat 3 cara membangun merek dagang agar menarik pelanggan:

1. Merek mudah dibaca, diucapkan, dan tidak asing di telinga masyarakat
Memiliki nama merek yang mudah dilafalkan maka akan membuat produk Anda mudah diingat dan menjadi pilihan pelanggan ketika sedang mencari produk. Membuat merek yang mudah diingat cukup dengan mencari kata yang sederhana dan ramah di telinga, sehingga merek mudah diucapkan oleh lidah orang-orang Indonesia.
Misal, Anda dapat membuat merek dagang untuk usaha martabak seperti “Martabok”, merek ini mudah dibaca dan diucapkan serta tidak asing di telinga konsumen.

2. Pilih nama merek yang singkat
Merek dagang yang singkat dapat memudahkan konsumen mengingat merek Anda. selain itu, buatlah merek dagang yang tidak lebih dari tiga suku kata.

Misal, merek dagang yang singkat yaitu “Martabok” yang terdiri dari tiga suku kata yaitu mar, ta, dan bok.  
Hindari membuat merek dagang yang panjang, karena akan menyulitkan konsumen dalam mengingat merek Anda. Selain itu Anda membutuhkan teknik promosi yang masif seperti iklan di televisi dan koran agar nama merek dapat melekat di telinga konsumen, dan hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apabila ingin membuat iklan dengan biaya relatif murah, Anda dapat melakukannya melalui media sosial seperti di Instagram, Facebook, Whatsupp story, dan sebagainya.

Jadi, alangkah baiknya Anda membuat nama merek yang singkat dan padat.

3. Merek harus khas, menarik, dan berbeda dengan yang lain
Saat ini banyak sekali produk dengan merek dagang yang mirip dengan kompetitor yang sudah lebih dahulu eksis di pasaran. Hal ini sah-sah saja, akan tetapi di mata konsumen terlihat bahwa perusahaan tidak kreatif dalam memberikan nama merek dagang.

Padahal, semakin berbeda merek yang kita miliki dengan merek yang lain, akan berpeluang untuk semakin berkembang dan dikenal oleh konsumen.

Misal ,merek dagang untuk produk martabak yang diketahui oleh masyarakat adalah “Martabak Bangka” sebaiknya membuat merek yang unik dan berbeda dengan pesaing lainnya, sehingga konsumen penasaran dan tertarik membeli seperti membuat merek martabak yaitu “Martabok” yang merupakan singkatan dari Martabak Oke.

Jadi, dalam membuat merek dagang agar menarik pelanggan sebaiknya menerapkan tiga tips berikut ini :
  1. Merek mudah dibaca, diucapkan, dan tidak asing di telinga masyarakat
  2. Pilih nama merek yang singkat
  3. Merek harus khas, menarik, dan berbeda dengan yang lain

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih dan membuat nama merek yang unik dan menarik.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS