Dirilis

08 April 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Pengusaha yang akan memulai ataupun mengembangkan bisnis saat ini dituntut untuk melakukan pemasaran secara online, atau istilahnya melakukan digital marketing. Akan tetapi, tidak semua pelaku UMKM dapat melakukan pemasaran secara online secara mandiri. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan?

Pada umumnya dalam melakukan pemasaran secara online, pemilik usaha bisa menggunakan bantuan jasa dari influencer marketing. Influencer marketing adalah orang-orang yang memilki pengikut ataupun pendengar yang cukup banyak di sosial media, seperti di facebook, instagram, dan youtube, dengan jumlah pengikut yang dimiliki minimal berjumlah 15.000 pengikut.

Influencer marketing memiliki pengaruh yang kuat dan dapat menginspirasi para pengikutnya, sehingga barang yang digunakan ataupun yang disampaikan oleh influencer marketing akan menginspirasi pengikutnya, dan membuat pengikutnya untuk mencoba ataupun membeli produk yang sudah dipasarkan.

Saat ini influencer marketing merupakan cara yang sangat efektif dalam mempromosikan produk, karena konsumen zaman sekarang lebih tertarik melihat promosi suatu produk di media sosial.

Akan tetapi, pelaku bisnis sering kali sulit menemukan influencer marketing yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan secara online. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya influencer marketing. Sehingga, pelaku bisnis merasa bingung untuk memilih influencer marketing yang tepat.

Sebaiknya sebelum pelaku bisnis melakukan penjualan secara online dan bekerja sama dengan para influencer marketing, memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Popularitas
Pertimbangan dalam memilih influencer marketing bagi pelaku bisnis adalah jumlah popularitas yang dimiliki. Dikarenakan setiap influencer memiliki jumlah pengikut yang berbeda-beda. Semakin tinggi jumlah pengikut maka semakin besar jangkauan konsumen yang mengetahui produk atau jasa yang Anda ciptakan. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan ketepatan antara target pasar dari merek Anda dengan jumlah pengikut dari calon influencer marketing.

Misal produk Anda merupakan camilan sehat, maka influencer marketing yang sebaiknya dipilih adalah seseorang yang sedang melakukan diet sehat dan suka memberikan kiat-kiat sukses dalam diet, serta menunjukkan bahwa dirinya mengonsusmi makanan-makanan sehat. Kemungkinan besar pengikutnya adalah orang-orang yang diet atau ingin melakukan diet.

2. Kesesuaian dan Kredibilitas
Kesesuaian merupakan hal utama yang harus diperhatikan pelaku bisnis dalam memilih influencer marketing. Pelaku bisnis harus melihat seperti apa citra yang dimiliki pribadi dari calon influencer marketing, apakah sesuai dengan kesan dan tujuan dari produk yang akan disampaikan serta dapat dipercaya.

Kredibilitas itu penting dan merupakan faktor yang menunjukkan bahwa influencer marketing ini dapat dipercaya atau tidak oleh Anda untuk menjaga reputasi produk atau perusahaan Anda.

Influencer marketing sesuai tetapi tidak memiliki kredibilitas, akan menghancurkan citra produk atau perusahaan Anda.

Misal produk Anda ditargetkan untuk usia remaja, sebaiknya Anda memilih influencer marketing yang ceria, trendy dan menjadi panutan anak-anak remaja pada umumnya. Selidiki, apakah influencer tersebut tidak terlibat dalam kasus narkoba, tidak terkena masalah pidana, atau kasus lainnya. Sehingga reputasi produk dan perusahaan Anda terjaga dengan baik.  

3. Pengetahuan
Seorang influencer marketing harus memiliki pengetahuan akan produk yang ingin dipasarkan, dan cara mengomunikasikan produk ke followers yang dimiliki. Sejatinya, influencer marketing harus dapat menarik perhatian calon konsumen, agar calon konsumen menjadi pembeli dan pelanggan dari produk yang sudah dipasarkan.

Apakah Anda sudah siap melakukan digital marketing? Jadi, sebelum Anda mengikuti digital marketing, yang harus diperhatikan dalam mencari influencer marketing adalah :
  1. Popularitas
  2. Kesesuaian dan Kredibilitas
  3. Pengetahuan

Jangan lupa diterapkan dalam memilih influencer marketing produk Anda, yah!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS