Dirilis

15 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Sebagai pengusaha, apakah Anda pernah melakukan evaluasi usaha Anda? Bila sudah, apakah hasilnya telah sesuai atau paling tidak mendekati dengan yang Anda rencanakan? Namun bila Anda belum pernah melakukan evaluasi usaha, lantas bagaimana Anda mengetahui sejauh mana rencana usaha Anda telah berhasil dijalankan? Tidak jarang pengusaha terlalu fokus terhadap tujuan sehingga seringkali proses evaluasi ini terlewatkan.

Pentingnya evaluasi dalam sebuah usaha untuk mengetahui seberapa jauh pencapaian usaha yang sudah dilakukan, juga dapat mengetahui masalah-masalah yang terkadang tidak disadari dan dapat menjadi masalah yang besar ketika Anda tidak mengatasinya dengan tepat.



 

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Akan Melakukan Sebuah Evaluasi Usaha?

Berikut 4 hal yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan sebuah evaluasi usaha, agar dapat mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya segera untuk meningkatkan kesuksesan usaha yang Anda bangun.

 

1. Kinerja dan Target Usaha

Performa,  kinerja atau pencapaian dalam sebuah usaha harus selalu ditingkatkan karena sudah pasti untuk dapat berkembang, suatu usaha memerlukan kinerja yang maksimal. Lakukan evaluasi kinerja dan target usaha yang sudah Anda capai selama ini untuk mengetahui pencapaian dari hasil kinerja usaha Anda, dan juga untuk mengetahui apakah ada kesalahan-kesalahan yang ada dalam usaha Anda tanpa Anda sadari.
Meningkatkan performa bisa dilakukan diantaranya dengan meningkatkan skill karyawan agar semakin menjadi produktif dalam kegiatan usaha Anda. Selanjutnya adalah evaluasi target usaha Anda. Bisa saja ada target-target yang belum tercapai atau terlewat dari perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya. Karena bisa jadi usaha Anda tidak berkembang akibat adanya beberapa target yang terlewat atau tercapai dengan kurang maksimal.

Baca juga: Kenali Metode-Metode Evaluasi Kinerja untuk Kemajuan Usaha


 

2. Pengembangan Produk atau Layanan

Seiring berjalannya waktu maka akan semakin banyak kompetitor yang akan membuat produk yang sama dengan usaha Anda. Jika Anda tidak melakukan pengembangan produk atau layanan, maka para calon pembeli akan beralih ke produk kompetitor Anda. Lakukanlah evaluasi produk dengan rutin, untuk mengetahui apakah produk atau layanan yang Anda tawarkan saat ini memiliki nilai jual yang lebih baik dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh kompetitor?
Fokus untuk menciptakan nilai jual yang unik dan dicari oleh calon pembeli Anda, serta fitur produk yang tidak dimiliki oleh produk atau layanan kompetitor. Dengan menawarkan lebih banyak manfaat, para calon pembeli akan cenderung tertarik pada produk atau layanan Anda. Selain itu, konsumen juga manusia biasa yang akan menemukan rasa bosan terhadap suatu produk atau layanan yang mereka gunakan, maka lakukan pengembangan produk untuk memberikan sesuatu yang baru untuk konsumen seperti menciptakan varian lain atau jenis produk lainnya.

 

3. Perhatikan Cash Flow Usaha

Cash flow adalah aliran uang masuk dan uang keluar dari keseluruhan uang pada sebuah usaha. Setiap pengusaha wajib mengetahui cash flow yang ada di dalam usahanya. Dengan mengetahui kondisi cash flow usaha, maka Anda bisa menentukan apakah usaha Anda tersebut mengalami kemajuan atau tidak.
Cash flow merupakan salah satu indikator sehat atau tidaknya suatu usaha. Dengan mengetahui cash flow, Anda juga dapat mengetahui hal penting lainnya seperti di bagian mana yang paling banyak mengeluarkan uang dalam usaha, agar ke depannya Anda bisa lebih mengontrolnya dengan baik. Dengan mengetahui cash flow, Anda juga akan mudah untuk menentukan strategi yang terbaik dalam mengembangkan usaha ke depannya.
 
Baca juga: Pentingnya Memiliki Cash Flow Bisnis yang Rapi


 

4. Riset Kepuasan Konsumen

Evaluasi kepuasan konsumen akan memberikan masukan berharga dari pengguna produk atau layanan usaha Anda. Sangat penting bagi Anda untuk memperbaiki hal-hal yang menjadi keluhan para pelanngan sebelum hal tersebut menjadi masalah besar di kemudian hari bagi usaha Anda. Usahakanlah sesegera mungkin untuk mencari di mana kira-kira letak kekurangan usaha Anda, sehingga Anda dapat melakukan langkah-langkah yang efektif untuk mengatasinya sebelum menjadi masalah yang besar. Hal-hal krusial yang mungkin tidak Anda sadari dalam usaha Anda seperti kepuasan pelanggan terhadap produk Anda sampai dengan janji yang belum Anda tepati kepada konsumen lama.

Baca juga: Simak Cara Mengukur Indikator Kepuasan Pelanggan Usaha

Itulah beberapa hal yang perlu dievaluasi pada usaha Anda. Usahakan lakukan evaluasi usaha secara rutin ataupun insidental, karena dengan melakukan evaluasi usaha, Anda dapat menemukan strategi baru untuk mencapai kesuksesan usaha Anda. Terus belajar dari masalah yang datang dan tingkatkan kualitas usaha Anda, manfaatkan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan business coach yang telah berpengalaman di daya.id.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

3.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

05 November 2021

Good

Balas

. 0

putra astaman

05 November 2021

Good

Balas

. 0

putra astaman

05 November 2021

Good

Balas

. 0

putra astaman

05 November 2021

Good

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS