Dirilis

30 Januari 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Tumbuh Usaha

Jajanan tradisional asal Indonesia kini makin jarang terdengar kabarnya. Padahal, deretan nama jajanan tersebut masih di cari dan dirindukan hingga saat ini. Jajanan tempo dulu sudah menjadi makanan favorit tersendiri bagi banyak masyarakat di Indonesia. Memasarkan dagangan yang sudah langka membutuhkan taktik tersendiri. Anda dapat mengikuti cara pemasaran dibawah ini agar usaha jajanan tradisional Anda tetap menjadi kesukaan banyak orang.

1. Pasarkan Dagangan Anda di Depan Rumah Makan yang Ramai Pengunjung
Mengapa memilih menjual jajanan tempo dulu di depan rumah makan yang ramai dikunjungi? Karena kebanyakan dari mereka pasti akan langsung teringat dengan masa lalu kemudian membeli dagangan Anda sembari menunggu masakan pesanan mereka datang. Manfaatkan rumah makan yang menjadi tempat favorit anak muda ataupun keluarga menjadi lapak dagangan Anda. Bukalah usaha jajanan tempo dulu di depan rumah makan yang Anda rasa sesuai dengan target pasar Anda. Mintalah izin dan gunakan system sama-sama untung agar Anda diperbolehkan membuka atau mangkal di depan rumah makan tersebut.

2. Ikuti Festival Jajanan Tempo Dulu
Mengikuti festival atau acara yang berkaitan dengan jajanan tempo dulu bak batu loncatan untuk usaha Anda. Festival yang dibuat khusus untuk mengobati rasa rindu masyarakat terhadap makanan tempo dulu sangat sayang jika Anda tidak mengikutinya. Jadi, agar jajanan tempo dulu milik usaha Anda lebih dikenal oleh banyak orang, Anda dapat mengikuti festival jajanan tempo dulu yang sekarang banyak di gelar oleh hotel atau mall di Indonesia. Pada saat Anda memasarkan jajanan atau camilan milik usaha Anda di Festival Jajanan Tempo Dulu, yang perlu diingat adalah jangan menaruh harga terlalu tinggi, Anda pastinya boleh menaikan harga lebih tinggi dari biasanya, namun tetap mengetahui apa kelebihan jajanan tempo dulu Anda dengan jajanan lain yang pastinya banyak di pasarkan di dalam acara tersebut.

3. Tetap Pertahankan Peralatan Jadul
Jadul, atau singkatan dari jaman dulu, tentunya merupakan suatu kenangan yang tidak dapat lepas dari pribadi masing-masing orang, termasuk pelanggan Anda. Menjual jajanan tempo dulu, tentunya harus memperhatikan kualitas dari kenangan yang ada pada masa lalu. Menggunakan barang-barang jadul untuk melayani pembeli Anda dapat menjadi nilai tambah tersendiri, namun jangan lupa untuk tetap mengedepankan kebersihan. Anda dapat menggunakan barang tersebut hanya sebagai pajangan untuk menarik perhatian pembeli, dan tetap menggunakan peralatan yang bersih dalam melayani pembeli Anda.

4. Bangun Hubungan Baik dengan Banyak Komunitas
Anda sebagai penjual jajanan tempo dulu, pastinya harus memiliki koneksi dengan banyak komunitas, terutama komunitas tempo dulu. Sekarang ini, sudah banyak orang membangun komunitas yang berhubungan dengan tempo dulu. Anda dapat melakukan kerjasama dengan komunitas tersebut. Hal ini tentunya dapat membuat jajanan tempo dulu Anda lebih dikenal oleh banyak orang.

Menjual jajanan tempo dulu memang dibutuhkan cara tersendiri. Hal ini menyangkut pengalaman pribadi dari seseorang, yang dapat membuat mereka mau tetap setia dengan jajanan tempo dulu buatan Anda. Selamat mengikuti startegi pemasaran seperti di atas, dan teruslah melestarikan jajanan tempo dulu agar tidak hilang di telan zaman.Selamat mencoba.

Sumber:

Modul BTPN Pemasaran - Meningkatkan Usaha.

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS