Dirilis

19 Juli 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Menjadi penjual yang disukai oleh para pelanggan adalah hal yang diinginkan oleh banyak pengusaha. Tetapi, ada juga orang-orang yang cenderung tak menyadari bahwa mereka mudah memikat para pelanggan. Apabila Anda mengetahui tanda-tandanya, bisa mendapatkan keuntungan lebih lho. Oleh sebab itu, ketahuilah tanda-tandanya agar usaha Anda bisa semakin sukses.

1. Anda Bisa Membuat Pelanggan Mengikuti Percakapan
Membuat seseorang merasa tertarik dan mau mengikuti (engaged) percakapan Anda bukanlah hal yang mudah. Bila tak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, seseorang tak akan mampu melakukannya. Tetapi bila para pelanggan kerap tertarik dan mau terus mengikuti percakapan, baik itu dalam bentuk percakapan untuk penjualan atau penyampaian produk dan/atau jasa, artinya Anda adalah orang yang mudah disukai oleh pelanggan.

Engaged di sini tak hanya ia mengangguk akan penjelasan Anda, tetapi mereka juga mau bertanya tentang hal-hal yang Anda utarakan. Bila para pelanggan sekedar mengangguk lalu tidak melakukan apapun, artinya mereka hanya mendengarkan Anda untuk menghormati. Bukan karena mereka benar-benar mau berada bersama Anda.

2. Para Pelanggan Proaktif
Selain pelanggan yang tertarik untuk berbincang, pelanggan yang proaktif juga bisa menjadi tanda Anda mudah disukai. Mereka kerap bertanya dan tampak senang ketika Anda menjelaskan lebih lanjut. Bisa jadi mereka tak melakukan transaksi, tetapi mereka meminta kontak Anda.

Ada beberapa faktor eksternal yang membuat mereka proaktif, yaitu mereka tipe pelanggan yang supel atau memang dari awal (sebelum dijelaskan) sudah berniat untuk membeli produk dan/atau jasa Anda. Oleh sebab itu, tidak bisa disimpulkan bahwa Anda adalah orang yang mudah disukai, jika hanya dua atau tiga pelanggan yang proaktif. Minimal harus ada 10 orang yang menampakkan sifat tersebut pada Anda.

3. Transaksi Terjadi Hampir 100% Ketika Berbicara Langsung dengan Pelanggan
Bila Anda yang berbicara kepada pelanggan, seolah hampir tak mungkin pelanggan tersebut tidak melakukan transaksi. Ketika tak terjadi pun, mereka tidak akan dengan mudah memutus percakapan. Bahkan memberikan tawaran untuk bertransaksi di lain kesempatan. Jika sudah sangat banyak pelanggan yang melakukan hal ini, berarti Anda mudah disukai oleh mereka.

4. Pelanggan Kerap Melakukan Repeat Order
Hal ini adalah salah satu tanda utama bahwa Anda mudah disukai oleh pelanggan. Mereka kerap melakukan repeat order atau pemesanan yang berulang-ulang. Bahkan hal ini juga dilakukan oleh para pelanggan baru. Semakin banyak orang yang melakukan repeat order, semakin besar pula kemungkinan Anda mudah disukai. Meski produk juga menentukan jumlah repeat order ini, tetapi bila pelanggan kerap melakukan pembelian secara pribadi (bukan lewat tempat lain seperti toko online atau lainnya), berarti Anda memang disukai oleh mereka.

5. Pelanggan Merekomendasi Usaha Anda (dan Anda Sendiri) Pada Kenalan Mereka
Selain hal-hal di atas, ada satu hal lagi yang menjadi tanda bahwa Anda disukai oleh para pelanggan. Jika para pelanggan merekomendasikan Anda tanpa di minta, artinya mereka tertarik pada hal yang Anda kerjakan. Apabila mereka juga kerap menambahkan Anda sebagai orang yang harus dihubungi, berarti para pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Anda.

Jadi, apakah Anda merasa memiliki salah satu di antara kelima tanda di atas? Kalau iya, ayo kembangkan untuk meningkatkan pendapatan usaha Anda.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rizky Ramadhoni

30 April 2023

informasinya sangat bermanfaat

Balas

. 0

Asril

28 February 2023

?

Balas

. 0

putra astaman

16 February 2023

Ok

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS