21 Desember 2018
Dirilis
Penulis
Tim Daya Tumbuh Usaha
Bagi pengusaha bisnis kecil-menengah, menyisihkan waktu untuk berfokus pada pemasaran di media sosial seringkali sulit dilakukan. Selain karena lebih banyak berfokus pada pengembangan produk dan penjualan, berkutat di media sosial juga kerap menghabiskan waktu yang tentu saja sulit dimiliki para pengusaha UKM yang lebih banyak mengatur sendiri jalannya bisnis.
Namun, bukan berarti Anda patut mengesampingkan pengembangan bisnis lewat media sosial. Justru, memanfaatkan media sosial adalah satu cara yang sangat efektif untuk menumbuhkan bisnis Anda. Beberapa tools di bawah ini dapat membantu Anda agar dapat dengan optimal memanfaatkan media sosial bagi kelangsungan bisnis. Berikut di antaranya:
1. Hootsuite
Ini adalah tools media sosial manajemen yang paling populer digunakan oleh para pelaku usaha. Dengan aplikasi ini, pelaku bisnis dapat dengan mudah memantau dan mengatur semua media sosial bisnisnya baik itu Facebook, Twitter, Instagram, secara terintegrasi di satu tempat saja. Ini akan sangat menghemat waktu! Pelaku bisnis dapat dengan mudah mengatur konten seperti membuat isi dan menjadwalkannya secara teratur sehingga konsistensi dan eksistensi bisnis Anda di media sosial tetap dapat terjaga. Selain itu, Anda juga dapat merespon audiens secara cepat dengan tools ini. Selain Hootsuite, ada juga Sosiocaster yang merupakan tools serupa besutan start-up lokal Bandung yang memang awalnya ditujukan untuk para pengusaha UKM di Indonesia.
2. Google Analytics
Jika sudah memiliki situs atau blog berbasis situs untuk bisnis Anda, maka kemungkinan besar sudah ada Google Analitics yang ter-install di dalamnya. Namun jika belum ada, sebaiknya Anda segera memilikinya. Tools ini penting bag, di mana Google membantu Anda menganalisa data penting yang dibutuhkan sehubungan dengan pengunjung situs web Anda. Berapa banyak jumlah pengunjung harian, dari mana asalnya, berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk mencari informasi bisnis Anda dan lain sebagainya. Dengan mengantongi data ini, Anda akan dapat mengetahui sejauh mana platform web Anda berpengaruh pada kelangsungan bisnis Anda, apa yang perlu ditingkatkan dan lain sebagainya. Ini adalah tools paling mendasar yang penting digunakan oleh para pemilik situs bisnis. Google Analitics lewat akun Gmail bisnis Anda juga dapat terhubung langsung dengan kampanye media sosial, untuk menganalisis efektivitas traffic yang telah Anda lakukan.
3. Post Planner
Ini adalah tools yang sangat bermanfaat, bagi Anda yang mungkin merasa kesulitan menemukan konten bermanfaat bagi media sosial bisnis Anda. Post Planner membantu Anda mencari konten terbaik untuk audiens Anda dengan mengidentifikasi tren, mendaur ulang konten, dan membantu Anda menganalisis konten dari media sosial besar seperti Twitter, Facebook dan Instagram, serta memberikan saran-saran dan ide yang komprehensif.
4. Buffer
Sebagai salah satu tools schedulling dan posting konten, tampilan sederhana, dan bersih ala Buffer bisa jadi daya tarik tersendiri jika Anda seringkali merasa "ribet" dengan fitus-fitu yang banyak ditawarkan tools serupa. Dengan menawarkan manfaat yang hampir serupa dengan beberapa tools lain, seperti memendekkan link, menyediakan analitik dan membuat jadwal dan posting konten, mungkin kesederhanaan dan 'user friendly' adalah daya tarik utama Buffer.
5. Sprout Social
Ini adalah media sosial management tools yang mungkin bermanfaat untuk melihat laporan analitics enggagement yang telah berhasil Anda lakukan di banyak media sosial bisnis sekaligus. Anda dapat mengukur performa aktivitas media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dalam satu platform. Ini tentunya akan memudahkan Anda mengukur efektivitas pemasaran yang telah Anda lakukan di banyak media sosial, hanya dalam satu platform.
Selain 5 tools di atas, tentu masih banyak lagi tools yang ditawarkan di luar sana untuk membantu efisiensi jalannya pemasaran bisnis lewat media sosial. Pilihlah yang terbaik bagi Anda, agar dapat membantu jalannya pemasaran bisnis di media sosial secara optimal. Selamat mencoba!
Namun, bukan berarti Anda patut mengesampingkan pengembangan bisnis lewat media sosial. Justru, memanfaatkan media sosial adalah satu cara yang sangat efektif untuk menumbuhkan bisnis Anda. Beberapa tools di bawah ini dapat membantu Anda agar dapat dengan optimal memanfaatkan media sosial bagi kelangsungan bisnis. Berikut di antaranya:
1. Hootsuite
Ini adalah tools media sosial manajemen yang paling populer digunakan oleh para pelaku usaha. Dengan aplikasi ini, pelaku bisnis dapat dengan mudah memantau dan mengatur semua media sosial bisnisnya baik itu Facebook, Twitter, Instagram, secara terintegrasi di satu tempat saja. Ini akan sangat menghemat waktu! Pelaku bisnis dapat dengan mudah mengatur konten seperti membuat isi dan menjadwalkannya secara teratur sehingga konsistensi dan eksistensi bisnis Anda di media sosial tetap dapat terjaga. Selain itu, Anda juga dapat merespon audiens secara cepat dengan tools ini. Selain Hootsuite, ada juga Sosiocaster yang merupakan tools serupa besutan start-up lokal Bandung yang memang awalnya ditujukan untuk para pengusaha UKM di Indonesia.
2. Google Analytics
Jika sudah memiliki situs atau blog berbasis situs untuk bisnis Anda, maka kemungkinan besar sudah ada Google Analitics yang ter-install di dalamnya. Namun jika belum ada, sebaiknya Anda segera memilikinya. Tools ini penting bag, di mana Google membantu Anda menganalisa data penting yang dibutuhkan sehubungan dengan pengunjung situs web Anda. Berapa banyak jumlah pengunjung harian, dari mana asalnya, berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk mencari informasi bisnis Anda dan lain sebagainya. Dengan mengantongi data ini, Anda akan dapat mengetahui sejauh mana platform web Anda berpengaruh pada kelangsungan bisnis Anda, apa yang perlu ditingkatkan dan lain sebagainya. Ini adalah tools paling mendasar yang penting digunakan oleh para pemilik situs bisnis. Google Analitics lewat akun Gmail bisnis Anda juga dapat terhubung langsung dengan kampanye media sosial, untuk menganalisis efektivitas traffic yang telah Anda lakukan.
3. Post Planner
Ini adalah tools yang sangat bermanfaat, bagi Anda yang mungkin merasa kesulitan menemukan konten bermanfaat bagi media sosial bisnis Anda. Post Planner membantu Anda mencari konten terbaik untuk audiens Anda dengan mengidentifikasi tren, mendaur ulang konten, dan membantu Anda menganalisis konten dari media sosial besar seperti Twitter, Facebook dan Instagram, serta memberikan saran-saran dan ide yang komprehensif.
4. Buffer
Sebagai salah satu tools schedulling dan posting konten, tampilan sederhana, dan bersih ala Buffer bisa jadi daya tarik tersendiri jika Anda seringkali merasa "ribet" dengan fitus-fitu yang banyak ditawarkan tools serupa. Dengan menawarkan manfaat yang hampir serupa dengan beberapa tools lain, seperti memendekkan link, menyediakan analitik dan membuat jadwal dan posting konten, mungkin kesederhanaan dan 'user friendly' adalah daya tarik utama Buffer.
5. Sprout Social
Ini adalah media sosial management tools yang mungkin bermanfaat untuk melihat laporan analitics enggagement yang telah berhasil Anda lakukan di banyak media sosial bisnis sekaligus. Anda dapat mengukur performa aktivitas media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dalam satu platform. Ini tentunya akan memudahkan Anda mengukur efektivitas pemasaran yang telah Anda lakukan di banyak media sosial, hanya dalam satu platform.
Selain 5 tools di atas, tentu masih banyak lagi tools yang ditawarkan di luar sana untuk membantu efisiensi jalannya pemasaran bisnis lewat media sosial. Pilihlah yang terbaik bagi Anda, agar dapat membantu jalannya pemasaran bisnis di media sosial secara optimal. Selamat mencoba!
Sumber:
Diolah dari berbagai sumber
Sonia Rahelga
05 July 2024
Terimakasih untuk informasinya, sebelumnya hanya tahu beberapa tools saja dan tidak tahu penjelasan dari tools tersebut.
Balas
.0