Dirilis

28 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Positioning adalah satu istilah bidang pemasaran, yang berarti strategi yang dilakukan oleh perusahaan, dalam rangka merancang produk dan bauran pemasaran agar bisa diingat dan berkesan di mata konsumen. Dengan begitu produk Anda akan lebih unggul dari kompetitor karena konsumen memahami dan menghargai apa yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
Positioning sendiri memang lebih menitikberatkan bagaimana memposisikan produk di dalam benak konsumen, bukan sebatas apa yang Anda lakukan pada produk tersebut. Jika positioning bagus maka akan dianggap lebih unggul dari kompetitor begitu juga sebaliknya. Jadi bisa dikatakan bahwa positioning berhubungan dengan bagaimana membentuk persepsi konsumen terhadap produk Anda.


Cara untuk Menentukan Positioning Produk Usaha

Terdapat beberapa aspek dan strategi yang harus diperhatikan ketika akan melakukan positioning bagi produk serta usaha Anda. Aspek dan strategi yang dimaksud yaitu sebagai berikut:


1. Atribut Produk

Positioning dari atribut produk
Melakukan positioning berdasarkan pada atribut yaitu memposisikan sebuah produk dengan memperhatikan serta mempertimbangkan atributnya atau sifatnya. Sebagai contoh misalnya berdasarkan pada lambang, simbol, keberadaan, ukuran, warna, dan atribut atau sifat lainnya pada produk.
Anda pasti selalu ingat iklan sirup Marjan yang hadir setiap tahun pada bulan puasa. Marjan sudah melekat di masyarakat Indonesia sebagai minuman yang muncul saat menjelang bulan Ramadhan. Di situlah letak penerapan positioning produk berdasarkan pada atributnya.


2. Manfaat Produk

Setiap produk pasti memiliki manfaat dan fungsi tertentu bagi konsumennya. Namun beberapa produk dengan fungsi yang sama bisa dilihat lebih unggul daripada produk sejenisnya karena menambahkan manfaat tertentu. 
Misalnya obat flu merek Antangin dianggap lebih unggul daripada merek lainnya dengan fungsi sama, hanya karena menambahkan jahe merah sebagai penangkal virus corona penyebab COVID-19. Dengan hanya menambahkan satu komposisi saja maka produk Antangin dianggap lebih bagus dan unggul oleh konsumen daripada produk sejenis dengan merek lain.


3. Harga dan Kualitas Terbaik

Bicara tentang harga dalam positioning bukan serta merta berarti produk dengan harga murahlah yang akan dianggap bagus dan unggul oleh konsumen. Namun bagaimana suatu produk memiliki harga yang setara dengan kualitasnya bukan soal murah atau mahal saja.
Tentu saja, bagaimanapun produk dengan kualitas yang bagus namun memiliki harga yang lebih murah akan menjadi unggulan konsumen. Jenis produk berkualitas bagus dengan harga relatif murah akan diingat oleh konsumen.


4. Menurut Pemakai


Strategi yang satu ini membutuhkan model, bintang iklan atau brand ambassador bagi produk tersebut. Pastinya harus dipilih bintang iklan yang sesuai dengan citra dan segmen pasar dari produk Anda. Misalnya produk minuman berenergi model yang dipilih adalah atlet dengan prestasi yang membanggakan.
Contoh lainnya untuk model produk perawatan wajah dipilih Puteri Indonesia yang pastinya berwajah cantik. Pemilihan model ini tidak bisa sembarangan karena mewakili citra produk dan perusahaan.


5. Menurut Pesaing

Ketika melakukan positioning produk ini maka Anda harus memposisikan diri sebagai pesaing atau kompetitor. Mengapa? Tentu saja agar Anda bisa mendapatkan citra yang lebih baik daripada produk kompetitor di benak konsumen.
Sebagai contoh obat masuk angin herbal yang diposisikan sebagai pilihan orang pintar kemudian muncul produk pesaing sejenis dengan membawa pesan bahwa orang beruntung (bejo) akan mengkonsumsi obat tersebut. Nah, tinggal konsumen mau memilih jadi orang pintar atau orang yang beruntung.


6. Kategori Produk

Perusahaan akan berusaha membuat dan menempatkan produknya sebagai pemimpin atau market leader dalam kategori tertentu melalui strategi ini. Pada umumnya perusahaan akan lebih fokus pada satu produk saja meskipun sebenarnya memiliki beberapa jenis produk lainnya. 

Sebagai contoh kebun binatang yang memposisikan dirinya sebagai tempat edukasi sekaligus penangkaran beberapa jenis hewan. Posisi tersebut akan membuatnya menjadi berbeda dengan tempat wisata sejenis. Ketika orang ingin melihat binatang sekaligus menambah pengetahuan dan mengetahui cara penangkarannya maka tempat itulah yang diingat dan didatangi.

Itulah pengertian dan cara menerapkan positioning pada produk usaha Anda. Secara singkat bisa dikatakan bahwa positioning adalah upaya perusahaan untuk bisa meningkatkan persepsi, citra dan image konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Anda bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar bagaimana menerapkan positioning untuk kemajuan usaha Anda selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS