Dirilis

05 September 2022

Penulis

Arief Akbar

Dalam menjalankan bisnis online, Anda membutuhkan beberapa jenis digital marketing tool yang berguna untuk mengoptimalkan strategi marketing, dan dapat menunjang pertumbuhan bisnis. Nah, di bawah ini ada beberapa digital marketing tools yang bisa Anda manfaatkan, baik untuk bidang manajemen project, manajemen media sosial, marketing, customer support, dan lainnya. Tools ini bahkan bisa digunakan oleh Anda yang belum lama melakukan digital marketing.

Baca Juga: Tingkatkan  Digital Marketing  Dengan Content Marketing

 

Digital Marketing Tools untuk Aktivitas Bisnis


Tools marketing digital yang ada saat ini sangat bermanfaat, memiliki fungsi yang berbeda, dan saling berhubungan satu dengan  yang lainya. Dari sekian banyak tools yang bisa Anda temukan di luar sana, ada beberapa tools populer, yang bahkan bisa digunakan oleh pemula. Berikut ini di antaranya:

 

1.    Trello

Dalam sebuah perusahaan, kolaborasi, koordinasi, dan mengorganisir perencanaan dalam tim, merupakan hal yang penting. Misalnya dalam menjalankan strategi marketing untuk merek dagang Anda. Nah, Trello merupakan salah satu alat yang dapat Anda coba untuk mengorganisir semua persiapan yang dibutuhkan dalam menjalankan startegi bisnis ini. Trello tersedia dalam bentuk website dan aplikasi. Di sana Anda dapat membuat to do list, checklist, upload file atau foto, dan mengundang member yang ada dalam tim bisnis Anda untuk kolaborasi, sehingga Anda bisa memantau dan mengorganisir semua perencanaan yang sudah Anda siapkan.

 

2.    Canva

Di era digital ini, setiap perusahaan harus memiliki tampilan desain konten yang baik dan menarik. Terlebih lagi dalam media sosial, Anda perlu menampilkan visual atau gambar dengan desain yang menarik para calon pelanggan Anda. Nah, Anda bisa memanfaatkan Canva yang tersedia dalam bentuk aplikasi dan website. Di sana Anda dapat menemukan berbagai template tampilan visual yang menarik. Canva dapat digunakan untuk membuat berbagai desain grafis, misalnya logo, poster, kartu nama, flyer, konten media sosial, daftar menu, brosur digital, dan berbagai desain lainnya yang diperlukan usaha Anda

 

3.    Unsplash

Dalam membuat konten visual, Anda mungkin memerlukan sumber foto pendukung dengan kualitas tinggi. Dengan Unsplash, Anda dapat memilih ratusan ribu foto profesional pada website Unsplash yang sesuai dengan kebutuhan konten visual Anda. Anda dapat memanfaatkannya secara gratis. 

 

4.    Hootsuite

Dalam usaha online, optimasi pada akun media sosial menjadi penting dalam menjalankan strategi marketing. Salah satu tool untuk mengelola media sosial adalah dengan Hootsuite. Tool ini dapat mengorganisir media sosial mulai dari jadwal unggahan, respon follower dari berbagai platform media sosial. Hootsuite ini ada berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan. Jika akun bisnis Anda masih sedikit, Anda bisa memilih berlangganan paket profesional. Sedangkan jika bisnis Anda menjalankan banyak akun layaknya Agensi yang mengorganisir media sosial milik klien, sebaiknya Anda menggunakan paket team, business, atau enterprise.

 

5.    Google Ads

Dalam strategi marketing, menjalankan kampanye iklan yang tepat, merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Dengan Google Ads, Anda dapat mengoptimalkan campaign dari brand Anda. Dengan Google Ads Anda bisa membuat iklan dalam bentuk teks, visual dan video, hingga membuat etalase beberapa produk Anda dengan memilih tipe iklan seperti Google Adwords atau Google Display Network (GDN)

Baca Juga: Mau Jalankan Iklan Digital? Coba Perhatikan Ini
 
 

6.    Google Analytic


Jika Anda memiliki website bisnis dan sudah melakukan berbagai kampanye serta strategi promosi, maka Anda memerlukan analisis data dari traffic pengunjung website Anda. Dengan Google Analytics, Anda dapat melihat berbagai tampilan statistik pengunjung halaman web, alur pengunjung website, serta keyword yang menarik pengunjung website Anda. Dengan Google Analytic, Anda juga dapat mengetahui tentang laporan traffic ke website Anda dalam jangka waktu harian, mingguan dan bulanan
  
Itulah contoh beberapa digital marketing tools yang bisa Anda pelajari dan terapkan dalam bisnis Anda, bahkan jika Anda pemula dalam digital marketing

Dengan menjalankan tools marketing di atas, peluang bisnis Anda bisa menjadi lebih efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Anda juga bisa mempelajari tools marketing lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika Anda masih ada pertanyaan terkait digital marketing, Anda juga bisa berkonsultasi langsung  dengan Ahli digital marketing di daya.id dengan cara mendaftar di daya.id dan memilih fitur tanya Ahli, sehingga strategi marketing Anda bisa  lebih tepat sasaran. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

06 September 2022

Kerennzzz

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS