Informasi Artikel

Penulis Artikel

Peni Hidayah

Menjalankan bisnis travel kini menjadi satu peluang emas di era milenial. Seiring berkembangnya media sosial dan kebutuhan masyarakat untuk berwisata, peluang bisnis travel tumbuh begitu pesat. Sama seperti bisnis yang lain, bisnis travel harus strategi dan trik khusus supaya bisnis travel Anda sukses dan bersaing dengan kompetitor. Oleh sebab itu artikel ini akan membahas teknik penjualan yang efektif untuk bisnis travel guna mencapai puncak kesuksesan.

 

Peluang Bisnis Travel


 
Peluang menjalankan bisnis travel sangatlah besar, terutama di Indonesia. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, seperti:

 

1.    Minat masyarakat untuk bepergian yang semakin tinggi

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan nusantara (wisnus) yang dating berkunjung ke Indonesia di tahun 2022 mencapai 51,05 juta orang, dimana pencapaian ini merupakan peningkatan sebesar 31,94% dari pengunjung tahun sebelumnya. Hal ini terbukti menunjukkan minat masyarakat untuk bepergian masih sangat tinggi.

 

2.    Perkembangan teknologi digital dan media sosial

Kedua hal ini telah mengubah cara orang untuk bepergian. Saat ini orang-orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi serta memesan tiket perjalanan secara online. Hal ini tentu membuat bisnis travel menjadi lebih mudah dan efisien.

 

3.    Spot wisata yang bagus di Indonesia

Sumber daya di Indonesia sangat memadai untuk mendukung sektor parawisata dan travel. Infrastruktur telekomunikasi yang semakin canggih, ketersediaan destinasi wisata yang beragam  dan tenaga kerja yang terampil, seolah memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin plesiran. Sehingga bisnis travel ini sangat berpotensi menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

 

Strategi Penjualan yang Efektif untuk Bisnis Travel

Sektor travel dan pariwisata adalah salah satu jenis usaha yang mempunyai potensi pertumbuhan yang cukup tinggi di wilayah Indonesia. Berikut adalah teknik berjualan untuk menjalankan bisnis travel yang sukses:

 

1.    Tentukan siapa target pasar Anda sebelum memulai

Menentukan target pasar akan memudahkan Anda dalam mengatur rencana dan memilih strategi yang tepat untuk bersaing. Misal, Anda menetapkan target pelanggan yang berasal dari dalam negeri (Indonesia) khususnya dari Pulau Jawa atau daerah lainnya di Indonesia yang berpotensi pergi berwisata ke tempat di mana Anda membuka bisnis travel.

Tidak hanya wisatawan lokal, Anda juga bisa menetapkan target wisatawan asing dari negara tertentu. Dengan begitu, Anda bisa lebih focus menawarkan jasa sehingga langsung mengarah ke target pasar yang Anda inginkan. Target pasar tidak hanya sekedar wilayah (zona), tapi bisa juga berupa: usia, status ekonomi, status sosial, minat (hobi), atau instansi /komunitas tertentu.

 

2.    Bangun kerja sama & jaringan

Bekerja sendiri untuk bisnis travel bisa saja, namun untuk bisa berhasil tentu mwmbutuhkan waktu yang sangat lama dan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis apapun, melakukannya secara kolektif dengan membangun tim serta bekerjasama dengan mengembangkan jaringan, adalah cara terbaik untuk mempercepat perkembangan bisnis travel atau biro perjalanan.

Cobalah untuk merekrut tenaga profesional atau berpengalaman dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan sperti tour guide, driver/sopir, buat kerjasama dengan penginapan atau hotel, bangun juga kerja sama dengan tempat penyewaan kendaraan, dan lain-lain.

 

3.    Bangun website profesional yang syarat dengan informasi

Guna memudahkan calon pelanggan menemukan bisnis Anda, Anda harus punya sebuah wadah yang dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis travel yang Anda tawarkan.

  • Pada umumnya penyewaan/pengguna jasa bisnis travel memanfaatkan mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, hingga Yandex. Jadi, jika ingin bisnis Anda lebih mudah ditemukan, maka langkah tepat yang Anda lakukan adalah bangun sebuah website yang SEO friendly dan terindex 
  • Memiliki website bisa menunjukkan bahwa Anda cukup profesional dan bisa dipercaya
  • Website memudahkan customer untuk mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan. Mulai dari mencari alamat, layanan apa saja yang Anda tawarkan, foto atau gambar, video, kontak, hingga data-data lain yang mereka butuhkan
  • Website adalah media promosi online dengan biaya yang sangat rendah serta dapat digunakan sebagai media pemasaran secara global


Seperti penjelasan sebelumnya, untuk membangun sebuah website Anda harus memiliki perencanaan yang matang dan target pasar yang jelas sehingga, website tersebut dapat dirancang dan didesain serta diarahkan dengan tepat.

Cukup banyak bahkan hingga ribuan website yang mungkin menawarkan hal yang sama dengan apa yang yang Anda tawarkan. Agar bisa bersaing, tempatkan website bisnis travle Anda di halaman pertama Google Search. Karena mesin pencarian Google merupakan mesin pencarian yang paling banyak digunakan di dunia bagi pemilik bisnis.

Baca Juga: Menyusun Strategi Konten yang Tepat untuk Website


 

4.    Masukkan Tempat/ bisnis Travel Anda di Google Maps

Agar mereka yang ingin memakai jasa travel Anda mudah menemukan dimana kantor atau bisnis Anda berada, maka Anda harus mendaftarkan alamat kantor/bisnis di Google Maps. Hal ini karena Google Maps merupakan media yang paling banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia untuk mencari tempat/lokasi/alamat, bisnis, kantor, atau jasa.

Pastikan Anda menggunakan nama yang jelas (akan lebih baik jika mengandung kata kunci yang relevan), lengkapi informasi yang dibutuhkan seperti jam operasional, nomor telepon, foto/gambar serta website agar semakin mudah ditemukan.

 

5.    Maksimalkan Penggunaan Media Sosial dan Youtube untuk Promosi

Media sosial sarana pemasaran gratis yang memiliki peranan sangat besar dalam membantu mensukseskan bisnis yang Anda geluti. Anda bisa mengupload hasil perjalanan para pengguna jasa travel Anda atau minta mereka untuk upload dan tandai akun media sosial bisnis Anda, seperti reels video atau story mereka.
Selain media sosial, mengupload video di Youtube juga menjadi pilihan paling banyak diakses oleh netizen dan traveler di seluruh dunia. Buatlah akun YouTube yang bisa Anda gunakan untuk berbagi video menarik atau bisa juga digunakan sebagai media untuk ngevlog untuk mempromosikan jasa travel Anda.

Baca Juga: Video Marketing, Apakah Efektif Menaikkan Penjualan?

 

6.    Respon Cepat dan selalu tersedia (always available)

Setiap ada pertanyaan, atau setiap kali calon pelanggan menghubungi Anda, cobalah untuk segera mungkin memberikan jawaban (balasan) dengan cepat dan seinformatif mungkin. Dengan begitu, merka akan semakin yakin untuk menggunakan jasa travel yang Anda tawarkan.

Bisnis travel memiliki peluang yang cukup besar di Indonesia sehingga memungkinkan semakin banyak pihak yang menjalankan bisnis travel. Keyakinan dan selalu terapkan 6 strategi di dalam mengelola bisnis travel Anda. Pastikan Anda memiliki target pasar yang tepat, bangun kerjasama dan perluas jaringan, bagun website bisnis, masukkan bisnis Anda di Google maps, makimalkan promosi di media sosial dan Youtube serta selalu memberikan repon yang cepat serta jelas bisa membuat bisnis travel Anda tetap eksis dan berkembang di tengah persaingan yang ada.

Apabila ada hal lain yang Anda ingin ketahui terkait pengembangan usaha, Anda bisa memanfaatkan fitur Tanya Ahli dengan berkonsultasi bersama ahlinya untuk mendapatkan solusi serta saran dalam mengembangkan usaha Anda. Segera buat akun di Daya.id dan dapatkan akses informasi yang lengkap dan sesuai kebutuhan Anda. Gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Artikel Terkait

4.9
Memulai Usaha

Tips Memulai Usaha Toko Buah di Lokasi Baru

04 Januari 2024

4.0
Memulai Usaha

Yang Boleh dan Tidak Boleh Anda Lakukan dalam Digital Marketing

05 Februari 2022

4.7
Memulai Usaha

Strategi Promosi Melalui Diskon? Ini Dia Tujuannya!

21 November 2022

4.5
Memulai Usaha

Potensi dan Tantangan Pasar Digital RI

02 April 2022

Berikan Pendapat Anda

17 dari 100 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS