Dirilis

30 Agustus 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Dunia bisnis yang semakin berkembang ikut meningkatkan persaingan antara pemilik bisnis. Sehingga cukup banyak yang berlomba-lomba melakukan berbagai strategi digital marketing untuk mendapatkan simpati dari konsumen.

Tapi, sebelum Anda membicarakan tentang teknis dan strategi pemasaran untuk bisnis, Anda harus lebih dulu mendalami target pasar yang akan dihadapi. Proses mendalami target pasar dapat dilakukan dengan membuat “customer persona”.

Customer persona merupakan penggambaran dari siapa yang akan membeli dan menggunakan produk Anda. Customer persona bisa membantu Anda dalam beberapa hal berikut:
  1. Mengetahui bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan yang memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda
  2. Membantu dalam memahami bagaimana dan mengapa customer mengambil keputusan pembelian dari produk yang Anda jual
  3. Membantu membuat strategi digital marketing yang tepat untuk menyasar calon customer Anda

Dalam membuat customer persona, terdapat beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab atau tanyakan ke customer ideal Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:
  • Siapakah mereka? Cek demografi, seperti gender, umur, dan edukasi.
  • Apa pekerjaan mereka? Seperti jabatan, ukuran perusahaan, industri, dan tanggung jawabnya di kantor.
  • Seperti apa kegiatan sehari-hari mereka? Hari-hari pada umumnya, mereka bertemu siapa dan keputusan apa yang mereka buat?
  • Apa saja masalah utama yang mereka hadapi (primary pain points)? Jelaskan masalah yang mereka coba selesaikan dan kaitannya dengan produk Anda.
  • Apa yang mereka anggap penting? Dan apa saja goal mereka? Dalam membuat keputusan pembelian, apakah mereka mementingkan harga atau layanan?
  • Ke mana mereka mencari informasi? Identifikasilah sumber utama untuk mereka mencari informasi dalam melakukan riset keputusan pembelian.
  • Untuk jenis produk Business to Business (B2B): Apa yang mereka anggap penting dalam memilih vendor? Buat daftar dari yang paling terpenting: apakah faktor teknologi, pengalaman atau keahlian vendor di bidangnya.
  • Apa saja keberatan utama mereka? Buat daftar yang paling sering Anda dengar, termasuk kenapa produk Anda tidak menyelesaikan masalah mereka.

Nah, berikut di bawah ini dua contoh penggambaran customer persona untuk Wedding Organizer (Sample Fanny).


 
Sedangkan, di bawah ini merupakan contoh customer persona untuk jasa toko online (Sally):




Dengan mengidentifikasi customer persona dari target pasar, dapat membantu Anda dalam membuat strategi digital marketing, misalnya penulisan kalimat (copywriting) seperti apa yang cocok untuk menarik perhatian mereka, kanal penjualan apa yang cocok untuk menarget mereka, juga image/gambar/materi kreatif seperti apa yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan mereka.  

Yuk, kita buat customer persona dari target pasar kita!

Sumber:

Rhein Mahatma

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

27 November 2023

Terima Kasih informasi nya sangat bagus 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS