Dirilis

03 Agustus 2023

Penulis

Lucky Lombu

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, sebuah perusahaan perlu menciptakan identitas yang kuat agar bisa bersaing dengan kompetitor. 

Kita ambil contoh kompetisi di bisnis kedai kopi. Kita bisa menyebut banyak sekali perusahaan, seperti Starbucks, Djournal Coffee, Excelso, Kopi Luwak, Kopi Oey, Tanamera Coffee, One Fifteenth, Bengawan Solo Coffee, Anomali Coffee, Kopi Kenangan, Janji Jiwa, Fore Coffee, Kopi Tuku, Kopi Kecil, Kaneki, dan lainnya. Bayangkan jika Anda adalah konsumen dan dihadapkan oleh banyak sekali pilihan seperti di atas. Kedai kopi mana yang akan Anda pilih?

Inilah mengapa istilah brand dan branding menjadi begitu penting dalam strategi pemasaran. Identitas yang kuat bisa membantu perusahaan Anda menjadi pertimbangan utama.

Namun, bagi sebagian pelaku bisnis, konsep ini mungkin terdengar rumit. Termasuk bagi sebagian Anda yang selama ini hanya fokus di sektor penjualan dan operasional. Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa penjelasan sederhana tentang apa itu brand dan branding.


 

Apa Itu Brand?

Mengutip dari Hubspot.com, brand atau merek adalah identitas dan cerita unik yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Brand adalah apa yang membuat perusahaan Anda berbeda dari pesaing yang menawarkan produk atau layanan serupa. Ketika konsumen mendengar nama merek Anda, seharusnya mereka langsung teringat pada perusahaan Anda dan tahu apa yang diwakilinya.

Pertanyaan, apa kesan yang Anda harapkan munculkan di pikiran konsumen dan calon konsumen, saat mereka mendengar merek usaha Anda?

Hal yang perlu Anda ingat, merek bukan hanya tentang logo atau desain visual semata, tetapi juga tentang nilai-nilai, visi, dan misi perusahaan. Ini mencakup segala hal yang dirasakan oleh pelanggan ketika berinteraksi dengan perusahaan Anda, baik itu saat berbelanja produk, menggunakan layanan, atau mengikuti Anda di media sosial. Merek yang kuat bisa menciptakan kesan positif dan membuat konsumen merasa terhubung secara emosional dengan perusahaan Anda.

Misalnya, apa kesan yang muncul di pikiran Anda saat mendengar Apple, termasuk jika dibandingkan dengan sistem operasi Android, atau perusahaan lain seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, dan lainnya? 

Bagi sebagian orang, Apple lebih dari sekadar smartphone, laptop, atau tablet. Apple cenderung dihubungkan dengan produk yang mudah digunakan, simpel, dan berkualitas tinggi, tulis socialmediatoday.com. Brand Apple mengesankan sebuah cara hidup. Penggunanya bahkan bangga mengatakan, “Saya pakai Mac,” dibanding sekadar “Saya pakai laptop.”

Sementara itu, mengutip dari wired.com, Marc Gobe, penulis Emotional Branding berpendapat, “Apple adalah imajinasi, desain, dan inovasi.”


 

Apa Itu Branding?

Brand atau merek harus dibangun dengan hati-hati melalui proses yang disebut branding

Branding adalah langkah-langkah yang diambil oleh sebuah perusahaan untuk menciptakan identitas merek, yang konsisten, dan menggambarkan nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Proses branding melibatkan penelitian tentang pasar dan target, pengembangan elemen merek seperti logo, slogan, desain visual, bahkan nada suara yang unik. Semua ini bertujuan untuk memperkuat kesan merek di benak konsumen dan membedakannya dari pesaing.

Selain itu, branding juga mencakup upaya untuk menciptakan konsistensi dalam seluruh komunikasi dan interaksi dengan pelanggan. Ini berarti merek harus hadir di setiap aspek bisnis, dari kemasan produk hingga media sosial, dari iklan hingga pelayanan pelanggan.

 

Mengapa Branding Penting?

Branding adalah fondasi dari strategi pemasaran yang efektif. Merek yang kuat akan meningkatkan kepercayaan konsumen, membantu perusahaan tetap relevan di pasar yang penuh kompetisi, dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Merek yang sukses memiliki daya tarik yang khas dan dapat membuat pelanggan setia, yang akan memilih produk atau layanan mereka dari pilihan yang ada.

Sebagai contoh, ketika Anda melihat logo merah dan putih Coca-Cola, Anda langsung tahu itu adalah merek minuman bersoda yang terkenal. Ini adalah contoh branding yang berhasil karena Coca-Cola telah berhasil menciptakan identitas merek yang kuat dan menghadirkannya dalam berbagai situasi, dari iklan hingga produknya.

Baca Juga: Perlukah Usaha Jasa Membangun Brand?

Brand dan branding adalah konsep penting dalam dunia bisnis yang membantu perusahaan menciptakan identitas yang unik dan berkesan di mata konsumen. Merek yang kuat akan membawa keuntungan jangka panjang bagi perusahaan dengan meningkatkan kepercayaan konsumen dan menciptakan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi Anda, terutama jika Anda baru memulai usaha, untuk memahami dan memperhatikan proses branding dengan serius. Dengan strategi branding yang tepat, perusahaan Anda bisa membawa merek dagang Anda menuju keberhasilan di pasar yang kompetitif.

Jika Anda butuh saran lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi secara gratis di Tanya Ahli. Jangan lupa daftarkan dulu diri Anda untuk akses penuh ke seluruh fitur Daya.id ya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Mansyur rahmat

06 December 2023

mantap

Balas

. 0

RAHMAT WIDODO

09 August 2023

?

Balas

. 0

RAHMAT WIDODO

09 August 2023

?

Balas

. 0

RAHMAT WIDODO

09 August 2023

?

Balas

. 0

Ferri kurniawan

09 August 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS