Dirilis

27 Januari 2021

Salah satu strategi marketing yang banyak dipakai saat ini adalah viral marketing. Strategi ini sangat banyak dipakai karena dianggap mampu menghadirkan dan menarik calon konsumen dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat. Sebenarnya seperti apa pengertian dan cara melakukan viral marketing ini?

Pengertian dari Viral Marketing dan Cara Melakukannya 

pengertian viral marketing

Viral marketing dapat diartikan sebagai sebuah strategi pemasaran atau promosi untuk membuat suatu iklan produk menjadi viral atau terkenal dalam waktu singkat. Penyebaran iklan produk ini akan sangat cepat dan dalam lingkup yang luas, untuk itulah disebut dengan viral. Satu ciri yang membedakan strategi ini dengan strategi pemasaran lain adalah marketing ini akan mengandalkan audiens itu sendiri untuk menjadi penyebar iklan tersebut. 

Dikenal juga dengan istilah Words of Mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Satu orang membicarakan produk tertentu dan menyebarkannya dengan orang lain. Marketing ini juga dianggap lebih efektif untuk meningkatkan brand awareness akan suatu produk, bahkan juga bisa berujung pada peningkatan sales atau penjualan produk. Inilah beberapa cara melakukan viral marketing: 

1. Tentukan Siapa Channel dan Audiens Tepat yang Jadi Target Utama

Bila Anda hendak memviralkan produk, namun belum tahu siapa yang jadi target utama dalam mempromosikannya, maka strategi yang satu ini tidak akan berjalan. Karena tanpa influencer hebat yang menyampaikan pesan menarik ini, tentu produk tak akan dapat dikenal dan diketahui banyak orang.

Anda pun bisa fokus pada 1 media saja, baik itu Facebook, Youtube, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Karena bila dalam satu media itu saja sudah berhasil viral, maka otomatis di sosial media lainnya juga dapat tersebar lagi, bahkan lebih meluas. 

2. Menciptakan Suatu Kesan yang Berkualitas dengan Melibatkan Sisi Emosional

Berikutnya, cara memulai strategi viral marketing ini adalah ciptakan konsep konten yang memiliki kesan berkualitas, dengan daya tarik di sisi emosionalnya. Sebab memang, nuansa inilah yang dicari oleh para penonton, untuk menghibur dan tentu juga sekalian melihat kelebihan produk Anda. Lebih baiknya lagi bila konten juga dilengkapi dengan edukasi, pesan hidup yang positif, solutif, informatif, dan lain-lainnya.

3. Andalkan Tools Sosial Media yang Sedang Diminati

Dalam sosial media kini, maka hampir semua memiliki fasilitas canggih atau tools yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Contohnya saja pada instagram, maka Anda bisa memilih berbagai tools dari instagram untuk menarik perhatian audiens. Misalkan saja dengan memanfaatkan fitur instagram story, instagram business, swipe up link dan sebagainya. 

Mengapa harus dengan bantuan tools? Sebab dengan ini, maka Anda pun dapat mencari adanya insight per konten, ataupun campaign yang sebelumnya sebagai perbandingan mana yang paling unggul. Atau lihat saja berapa angka orang yang komentar, likes, views, klik dan lainnya. Beberapa tools social media analytics ini seperti, Brandwatch, Top Influencer, dan sebagainya.

Manfaat Viral Marketing 

manfaat viral marketing

1. Hemat Biaya Iklan

Setelah mengetahui beberapa strategi viral marketing di atas, maka kini kita bahas manfaatnya yang ternyata cukup menghemat adanya biaya iklan. Memang diakui biaya itu relatif, tapi bila iklan konten yang Anda buat viral maka keuntungan di tangan juga semakin berpeluang besar. Bahkan untung ini dapat menutupi adanya modal awal ketika pembuatan konten iklan tersebut!

2. Ada Kesempatan Besar untuk Diliput Banyak Media

Bila konten dan iklan menarik lalu viral, otomatis banyak orang tertarik yang berkunjung ke tempat Anda. Hal ini bukan tanpa tujuan, karena mereka pasti akan bermaksud meliput dan mencari tahu lebih dalam. Jika memang berkualitas, maka pasti akan selalu ramai pembeli.

Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa viral marketing dapat diartikan sebagai sebuah strategi pemasaran atau promosi untuk membuat suatu iklan produk menjadi viral atau terkenal dalam waktu singkat. Strategi ini bisa menjadi salah satu cara efektif untuk promosi sebuah produk. Karena viral marketing sangat berhubungan erat dengan digital marketing, maka sebelum melakukan strategi ini Anda bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing lebih dulu agar strategi yang Anda lakukan bisa berjalan lebih efektif. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

11 Januari 2022

👍👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS