Dirilis

12 November 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Bagi pemilik bisnis, memasarkan produk melalui email atau surat elektronik (surel) mungkin terkesan kuno. Dengan kekuatan media sosial dan aplikasi pesan singkat, pemasaran melalui email list atau daftar surel akan terasa kurang efektif. Hm, benarkah? Ternyata tidak juga.

Berpromosi menggunakan surel nyatanya masih menjadi alat pemasaran yang efektif, karena tiap orang pasti menggunakannya. Entah itu untuk mengirim surel, mendaftarkan diri untuk akun media sosial, atau sebagai syarat untuk memiliki akun belanja.

Namun, sebenarnya apa yang membuat pemasaran melalui daftar surel masih terbilang efektif? Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan. Dibanding media modern, pemasaran melalui email punya beberapa kelebihan.
  1. Daftar surel adalah pesan langsung – Dalam hal ini, mengirim surel ke penggunanya langsung. Hampir sama dengan mengirim surat, pengiriman melalui surel akan terasa lebih personal.
  2. Surel masih dibutuhkan orang – Anda mungkin punya beberapa akun media sosial sekaligus, namun hanya memiliki satu alamat surel. Bisa saja jarang mengecek Facebook atau Instagram. Kadang tiap hari, kadang beberapa hari sekali. Lain halnya dengan surel. Anda pasti mengeceknya beberapa kali dalam sehari.
  3. Pesan melalui surel bisa bervariasi – Berbeda dengan akun media sosial yang memiliki karakter pengguna masing-masing yang membuat Anda harus menggunakan pendekatan berbeda, surel tidaklah seperti itu. Bisa mengirim pesan seragam dan dengan konten apa saja.
  4. Pilihan pemasaran yang murah – Ya, harga pemasaran produk atau jasa melalui surel tidak menghabiskan dana yang luar biasa. Jika Anda memiliki daftar surel, hanya butuh konten berupa teks atau image, lalu kirimkan. Selesai.

Kriteria  Daftar Surel yang Baik
Meskipun mudah dan murah, hal ini bukan berarti Anda dapat mengirim email blast secara asal. Ada beberapa kriteria yang sebaiknya dipenuhi agar promosi tepat sasaran. Pastikan daftar surel Anda memiliki beberapa hal berikut.
  • Kualitas – Daftar surel yang Anda miliki haruslah berkualitas dan tidak diambil dari data yang diperoleh secara asal. Anda tentu ingin promosi produk atau jasa dibaca oleh orang sungguhan, kan? Bukan sekadar email sembarangan.
  • Relevansi – Isi daftar surel haruslah terdiri dari orang-orang yang memang tertarik dengan produk Anda atau industri terkait.
  • Jumlah dan konten – Kalau dua hal di atas sudah terpenuhi, maka bisa menyesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan customer. Mana yang lebih ideal; mengirim sekali sehari atau tiga kali seminggu? Lalu, mengenai konten, juga harus menggunakan bahasa yang dekat dengan mereka dan kalimat-kalimat yang biasa digunakan dan menarik.

Cara Membangun Daftar Surel
Memiliki daftar surel yang baik bisa dimulai secara organik. Jadi, sebisa mungkin hindari membeli daftar surel dari pihak ketiga, karena tidak bisa menjamin kualitas audience dan preferensi mereka. Anda harus membangun daftar surel dengan cara yang kreatif. Bentuklah proses agar mereka sendiri yang menginginkan info dari Anda. Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut.
  1. Opt-in forms – Cara ini sudah banyak dilakukan. Kalau berkunjung ke sebuah situs, mungkin akan menemukan kotak berisi ajakan untuk mendapatkan email newsletter. Kalau punya situs atau blog sendiri, ini adalah cara termudah untuk mendapatkan surel dari pengunjung situs. Opt-in forms ini bisa diletakkan di beberapa area, mulai dari side bar, di bawah tiap post, hingga bentuk pop-up.
  2. Tautan di tiap post media sosial – Kalau produk Anda lebih besar volume kunjungannya di media sosial ketimbang situs sendiri, manfaatkan link mailing list yang ditaruh di tiap akhir post Anda. Juga bisa mencantumkan link tersebut di profil Anda.
  3. Manfaatkan acara – Terkadang, terjun langsung di area offline juga akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis secara online. Jika sedang mengikuti bazar atau trade show, Anda bisa membawa beberapa formulir agar pengunjung bisa mengisinya. Formulir ini tentu saja berisi data pengunjung, seperti nama, nomor telepon, dan surel.

Lakukan Monitoring
Memiliki  daftar surel yang banyak belum tentu menjadi sebuah keuntungan. Anda harus sering meng-update daftar surel. Tiap beberapa bulan sekali, harus mengecek surel mana saja yang tidak pernah membuka surel kiriman Anda. Lalu, hari apa saja yang menjadi hari orang paling sering membuka surel dari Anda. Begitu juga dengan jamnya.

Walaupun terlihat sederhana, daftar surel begitu berperan ketika perusahaan sudah mulai berkembang. Jadi biasakan untuk menuliskan daftar surel, ya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS