Dirilis

06 April 2022

Penulis

Rhein Mahatma

Saat ini memiliki bisnis sendiri menjadi impian sebagian orang, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pendapatan cukup dari pekerjaan yang sedang dijalani sekarang dan memiliki bisnis bisa menjadi sumber pendapatan tambahan. Jika Anda ingin memulai bisnis namun tidak memiliki modal besar, Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper dengan menjualkan produk orang lain kepada calon konsumen lainnya. 

Namun jika Anda memiliki hobi atau minat terhadap hal tertentu, misalnya memasak, Anda bisa membuat produk Anda sendiri, membuatkan merek usaha, dan memasarkan produk yang Anda punya. Apalagi di zaman sekarang, Anda dapat memasarkan produk yang Anda miliki melalui internet dengan lebih mudah, salah satunya melalui media sosial seperti Facebook. 

Perlu Anda ketahui, saat ini Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menurut riset dari Statista, di pertengahan Juni tahun 2021 bahkan tercatat ada 140 juta pengguna di Indonesia. Tentu saja ini angka yang sangat besar bukan? 

Riset lainnya dari We Are Social dan Hootsuite juga mengatakan bahwa masyarakat bisa menghabiskan waktu sampai 17 jam setiap bulannya untuk di Facebook. Wow banyak juga ya?

Banyaknya pengguna aktif di Facebook membuat media sosial ini juga menjadi peluang yang sangat bagus untuk memasarkan produk, terutama bagi pelaku usaha UMKM. Promosi produk di Facebook dapat menjangkau calon konsumen yang sangat luas. 

Anda tentu penasaran bukan, apa yang membuat facebook masih menjadi salah media sosial yang patut dipertimbangkan untuk melakukan pemasaran dibandingkan dengan media sosial lainnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, tetap membaca sampai akhir ya!

 

Apakah Pemasaran Produk di Facebook Masih Efektif?

Anda tidak boleh meremehkan media sosial satu ini. Walau di tahun 2022 banyak media sosial lainnya yang lebih booming seperti TikTok dan Instagram, Facebook tetap menjadi salah satu media sosial yang masih eksis. Sehingga tentu saja, sebagai pelaku usaha UMKM, Anda tetap harus mencoba memasarkan produk yang Anda punya di facebook. 

Untuk meyakinkan Anda, berikut ini beberapa keunggulan pemasaran melalui Facebook:

 

1.    Tidak memerlukan modal yang besar

Anda bisa memanfaatkan Facebook Ads untuk mempromosikan produk yang Anda punya dengan harga yang relatif murah. Cukup dengan modal dari Rp10.000 per hari, Anda sudah bisa mempromosikan produk Anda agar dilihat oleh banyak orang. 

Berbeda halnya jika Anda menyewa baliho atau membuat iklan di televisi. Modal yang dibutuhkan bisa lebih besar tapi Anda tidak bisa memastikan keefektifannya. 

 

2.    Dapat berinteraksi dimana saja dan kapan saja

Jika Anda melakukan promosi secara offline, Anda hanya bisa berinteraksi dengan tatap muka secara langsung. Namun dengan Facebook, Anda bahkan dapat berinteraksi dengan calon konsumen yang berada jauh dari Anda. 

Anda dapat bertukar pesan melalui fitur direct message ataupun melalui kolom komentar di setiap postingan yang Anda buat. Tidak ada halangan antara Anda dan calon konsumen yang membuat Anda dapat dapat berinteraksi dengan mereka kapan saja. 

 

3.    Cocok untuk bisnis apapun

Saat Anda memutuskan untuk melakukan pemasaran produk di Facebook, Anda dapat memasarkan produk apapun yang Anda miliki. Baik itu baju, kosmetik, peralatan rumah tangga, dan lainnya. Tentu saja bukan sesuatu yang berbahaya dan melanggar hukum ya. Asal Anda menemukan pembeli cocok, Anda dapat menjualkan banyak produk yang Anda miliki. 

 

Tips Pemasaran Produk di Facebook Untuk UMKM

Hampir sama dengan memasarkan produk di media sosial lainnya, memasarkan produk melalui Facebook juga bisa dipejalari, asal Anda tetap konsisten menjalaninya. 

Agar usaha Anda semakin berkembang, berikut adalah beberapa tips pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk di Facebook.

 

1.    Maksimalkan halaman profil facebook

Agar usaha Anda semakin terlihat profesional, tidak ada salahnya untuk membuat akun Facebook khusus bisnis Anda. Jangan lupa untuk melengkapi setiap detail informasi dari usaha Anda, seperti detail usaha, dan link pemesanan agar memudahkan calon konsumen jika tertarik dengan produk Anda. 

 

2.    Buatlah konten yang menarik 

Sama halnya dengan media sosial lainnya, konten yang harus Anda posting di Facebook juga harus beragam dan tidak mononton. Biasanya pengguna Facebook menyukai konten yang bergambar bagus dan juga caption yang unik. 

Sebagai contoh, Anda bisa membuat konten tentang produk Anda seperti apa, perjalanan bisnis Anda, konten hiburan atau meme, konten informatif serta edukasi calon konsumen, dan lainnya.

 

3.    Join grup di Facebook

Untuk meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk yang Anda punya, sebagai pelaku usaha UMKM, tidak ada salahnya Anda join ke banyak grup yang ada di sekitar daerah Anda. Setelah itu, Anda bisa mulai rutin membagikan konten yang menarik tentang produk Anda agar orang-orang di dalam grup tertarik untuk membeli produk Anda. 

Usahakan untuk masuk ke grup yang masih berhubungan dengan usaha Anda ya. Jika Anda memiliki usaha kuliner, bergabunglah dengan grup yang biasanya banyak ibu-ibu, selain itu Anda juga bisa bergabung dengan grup pencinta kuliner di daerah Anda.

 

4.    Aktif berinteraksi dengan calon konsumen

Ada kalanya ketika Anda memposting sesuatu di Facebook, Anda akan mendapati beberapa calon konsumen mulai menanyakan tentang produk Anda baik itu melalui kolom komentar maupun chat langsung ke akun Anda. Anda harus bisa menjawab seramah dan sejelas mungkin agar calon konsumen senang dengan pelayanan. 

Tips pemasaran lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan fitur customer service atau layanan pelanggan di Facebook. Arahkan calon konsumen yang ingin bertanya ke fitur layanan pelanggan ini agar memudahkan mereka menghubungi Anda kapanpun.

 

5.    Manfaatkan Facebook Ads

Setelah Anda mencoba hal di atas, namun belum terlalu memberikan dampak untuk usaha Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba Facebook ads

Facebook ads adalah layanan iklan berbayar yang bisa menjangkau seluruh jaringan Facebook. Cukup dengan modal mulai dari Rp10.000 per hari saja, Anda sudah bisa menggunakan Facebook ads untuk mempromosikan produk Anda. Anda tetap harus konsisten melakukannya agar calon konsumen sadar akan produk Anda di pasaran. 

Sekian penjelasan singkat tentang tips pemasaran di Facebook untuk pelaku usaha UMKM. Walau memiliki modal yang terbatas, Anda tetap harus semangat dan rutin melakukan promosi agar produk Anda diketahui oleh banyak orang. Facebook dapat menjadi tempat yang sangat strategis untuk melakukan pemasaran online karena dapat diakses oleh banyak orang kapan saja dan dimana saja. 

Facebook juga masih sangat efektif lho, walaupun sudah banyak sekali media sosial lainnya di internet. Jadi jangan ragu ya untuk melakukan pemasaran di media sosial Facebook. Selamat mencoba!

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan di Tanya Ahli daya.id. Jangan lupa daftar juga diri Anda ya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

09 Desember 2023

Terima Kasih informasi nya sangat bermanfaat 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS