Dirilis

20 Juli 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Ada banyak cara untuk membuat Anda makin disukai oleh para pelanggan. Misalnya dengan mengucapkan selamat hari raya. Dengan demikian, mereka tidak merasa hanya disapa saat Anda butuh.

Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang kerap dilakukan oleh orang-orang yang mudah bergaul, sehingga mereka bisa menarik bagi banyak orang. Apa saja? Nah, berikut ini cara-cara yang bisa ditiru dari orang-orang supel tersebut agar Anda makin disukai oleh pelanggan:

1. Murah Senyum
Senyuman dapat membuat orang lain merasa lebih nyaman untuk berdekatan—termasuk secara emosional. Ketika seseorang merasa dekat, ia akan mudah untuk mendengarkan perkataan orang di hadapannya, dan akan lebih mudah tertarik dengan apa yang dibicarakan.

2. Wawasan yang Luas
Wawasan luas ini bukan untuk menunjukkan bahwa Anda pintar, melainkan agar bisa terus melanjutkan percakapan dengan lawan bicara, termasuk dengan pelanggan. Ketika Anda tak mengerti apa yang diminta atau dimaksud oleh mereka, tentu saja percakapan akan berhenti di tempat itu. Transaksi bisa batal terjadi.

Karena itu, memiliki wawasan luas adalah hal yang sangat penting untuk membuat orang bisa tertarik pada Anda.  Wawasan ini tak hanya bisa didapatkan di jalur pendidikan, tetapi juga dengan cara lainnya yang lebih mudah seperti dengan kerap membaca berita yang sedang populer atau membaca buku.

3. Tahu Kapan Menunjukkan Empati dan Simpati
Banyak yang mengatakan bahwa menunjukkan simpati itu mudah, tetapi menunjukkan empati itu susah. Empati berbeda dengan simpati. Simpati adalah cara seseorang mengungkapkan belas kasihan atau sayang pada kejadian yang menimpa seseorang. Sedangkan empati lebih dari itu. Empati adalah kemampuan seseorang untuk menempatkan diri pada posisi orang yang menceritakan kesedihannya pada mereka. Sehingga mereka tak hanya bisa sekedar berbicara soal "turut berduka cita", tetapi lebih kepada turut merasakannya.

Namun, ada kalanya Anda tak sebaiknya memaksa untuk menunjukkan empati. Pasalnya, memaksakan untuk menunjukkan bahwa Anda juga bisa merasakan hal yang dirasakan oleh seseorang meski belum pernah merasakannya terkadang bisa terkesan palsu untuk beberapa orang. Sehingga, Anda tak perlu memaksakannya bila memang belum penah merasakan hal yang sama.

4. Jujur dan Transparan Terhadap Hal-Hal yang Berhubungan dengan Transaksi
Misal, Anda belum bisa mengirim barang yang diminta oleh konsumen, sebaiknya jangan menjawab sudah dikirim. Bilang saja Anda memang belum mengirim, namun hal ini harus disertai alasan yang baik dan harus dikerjakan segera mungkin. Seperti halnya juga ketika barang yang sampai rusak atau tak sesuai dengan keinginan konsumen, Anda harus berani untuk menggantinya. Kecuali memang tertulis bahwa kerusakan tak ditanggung oleh Anda.

Ada banyak hal yang membuat seseorang bisa begitu disukai oleh banyak orang. Termasuk juga dengan disukai pelanggan. Menjadi orang yang ramah dan bisa membantu adalah salah satu ciri-ciri orang yang mudah disukai. Dengan memiliki orang-orang seperti ini di dalam usaha Anda, tak hanya bisa membuat usaha Anda disukai tetapi juga keuntungan pun akan naik. Bila sudah tahu bahwa Anda mudah disukai, sebaiknya pertahankan hal tersebut.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS