Dirilis

25 Juni 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Salah satu usaha yang diproyeksikan akan naik profitnya menjelang Pemilihan Umum (pemilu) dan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) adalah percetakan. Karena partai, para calon anggota legsislatif, dan calon pasangan eksekutif, pasti membutuhkan banyak hal yang berhubungan spanduk, poster, stiker, dan materi cetak lainnya. Namun bukan berarti Anda bisa duduk manis dan menunggu profit tersebut datang.

Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat meningkatkan penjualan di bisnis percetakan Anda jelang pemilu dan pilkada.

1. Jemput Bola Itu Harus
Saat ini, yang memiliki bisnis percetakan bukan hanya Anda saja. Di dalam satu kota, apalagi kota besar biasanya terdapat lebih dari 10 titik usaha percetakan. Karena itu, Anda harus berani jemput bola alias mencari pelanggan. Bukan sekadar duduk dan menunggu ada calon pembeli masuk ke tempat percetakan Anda.

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti datang langsung ke kantor peserta yang dituju. Anda juga bisa menghubungi partai yang bersangkutan untuk memberikan brosur bisnis percetakan Anda. Semakin cepat semakin baik karena pastinya saingan-saingan Anda juga akan melakukan hal yang sama.

2. Pelayanan Harus Mudah Diakses dan Fast Response
Kunci lain agar percetakan Anda ramai jelang Pemilu dan Pilkada adalah pelayanan yang mudah diakses. Tak hanya lewat telepon, Anda juga harus memiliki banyak opsi pelayanan seperti lewat media sosial seperti Facebook atau lewat aplikasi chatting seperti WhatsApp. Selain mudah diakses, pelayanan Anda pun sebaiknya juga bisa memberi respon cepat. Perbedaan menit saja bisa menentukan jadi tidaknya seseorang menggunakan layanan Anda untuk mencetak.

Bila memang tak ingin banyak cabang pelayanan, Anda harus menulis dengan jelas nomor atau alamat yang bisa dihubungi oleh para calon pelanggan di akun-akun media sosial Anda. Dengan begitu mereka tidak akan kebingungan untuk menghubungi Anda. Namun memiliki cabang pelayanan memang disarankan agar pelanggan merasa lebih mudah.

3. Hasil Cetak Cepat Lebih Diminati
Selain pelayanan yang cepat, Anda pun harus memberikan jaminan soal kecepatan hasil jadi. Hasil jadi yang cepat umumnya lebih diminati daripada yang harus menunggu lebih lama. Beda satu hari saja sudah menjadi penentu. Terkadang, orang lebih memilih yang sedikit lebih mahal hanya demi hasil yang cepat. Jadi, Anda jangan takut untuk menaikkan sedikit dari biaya cetak Anda demi hasil cepat. Apalagi, para peserta Pemilu dan Pilkada biasanya mencetak dalam jumlah besar. Hasil yang cepat juga akan memudahkan mereka dalam berkampanye ke depannya.

4. Pastikan Kualitas Cetakan Anda Memuaskan
Selain hasil cetak yang cepat, Anda pun harus memastikan kualitas cetakan memuaskan. Atau setidaknya memiliki kualitas yang hebat ketika Anda tak bisa memberikan hasil cetak yang cepat. Ketika Anda tak memiliki keduanya, tentunya pelanggan tidak akan mau bekerja sama.

Untuk percetakan, harga yang bersaing memang diminati, tetapi hasil cetak cepat dengan kualitas yang memuaskan lebih mendatangkan untung ke depannya. Mungkin saja, untuk acara lain partai yang bersangkutan juga akan meminta bantuan lagi bila memang mereka puas dengan hasil dari percetakan Anda. Namun bukan berarti Anda boleh memberikan harga yang jauh di atas pasaran hanya karena hasil cetak Anda baik, sebab bisa mematikan usaha Anda sendiri.

Selama tetap profesional dalam menjalankan usaha dan tak lelah untuk menjemput bola, bisnis percetakan yang Anda miliki pasti akan mendapatkan profit yang lebih menjelang Pemilu dan Pilkada. Karena itu, sebaiknya Anda segera ambil langkah agar tidak keduluan oleh para pesaing lainnya. Ingat, yang punya usaha percetakan bukan hanya Anda saja ya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

14 December 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Farah Hani Itsna Nabila

08 November 2023

mantapp ilmunya daging...

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS